Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Citilink Ikut Hapus Bagasi Gratis untuk Penerbangan Domestik, yang Internasional?

Maskapai yang beroperasi di bawah bendera Lion Air Grup, dalam hal ini Lion Air dan Wings Air telah resmi menghapus kebijakan bagasi gratis pada penumpang. Langkah tersebut nampaknya juga akan diikuti oleh Citilink, maskapai berbiaya murah yang masih satu payung dengan Garuda Indonesia.

Citilink sendiri termasuk maskapai no frills alias pelayanan dengan standar minimum. Di dalam peraturan menteri perhubungan, maskapai no frills diperbolehkan untuk menerapkan biaya pada bagasi penumpang.

Selama ini, Citilink telah memberlakukan bagasi gratis sebesar 20 kg untuk penerbangan domestik dan 10 kg untuk penerbangan internasional.

Baca juga: Lion Air dan Wings Air Hapus Ketentuan Bagasi Gratis

Untuk meningkatkan pelayanan penerbangan Citilink

Pramugari Citilink. (Instagram/@citilink)
Pramugari Citilink. (Instagram/@citilink)

Bukan tanpa sebab Citilink menghapus kebijakan gratis bagasi. Dikutip dari CNBCIndonesia, dengan penghapusan kebijakan ini diharapkan Citilink mampu menjaga dan meningkatkan kualitas pelayanan maskapai.

Berbagai persiapan pun telah dilakukan untuk melaksanakan kebijakan baru ini, di antaranya adalah menjalin koordinasi dengan stakeholders terkait termasuk pihak otoritas seperti kementerian perhubungan. Hal ini bertujuan untuk mempersiapkan seluruh infrastruktur pendukung yang diperlukan nantinya.

Baca juga: 5 Cara Menemukan Barang yang Hilang di Bagasi Pesawat

Perlunya sosialisasi ke masyarakat

Pesawat Citilink. (Instagram/@citilink)
Pesawat Citilink. (Instagram/@citilink)

Sama halnya dengan Lion Air, Citilink juga diminta untuk melakukan sosialisasi terlebih dahulu kepada masyarakat. Paling tidak, sosialisasi dilakukan selama 2 minggu sebelum penerapan diberlakukan.

Dengan sosialisasi, kebijakan baru ini diharapkan tidak mengganggu pelayanan terhadap masyarakat.

Baca juga: Kirim Logistik ke Papua Lebih Mahal Ketimbang ke Eropa

Bagasi penerbangan internasional tetap gratis

Pramugari Citilink. (Instagram/@citilink)
Pramugari Citilink. (Instagram/@citilink)

Citilink hanya akan menghapus kebijakan bagasi gratis ini untuk rute domestik. Sementara itu, untuk rute Internasional seperti Jakarta-Penang, Banyuwangi-Kuala Lumpur, dan Bali-Dili tetap mendapatkan fasilitas gratis bagasi sebesar 10 kg.

Selain itu, bagi kamu yang telah terdaftar sebagai member Supergreen dan Garudamiles member juga tetap mendapatkan gratis 10 kg bagasi.

Solusinya untuk kamu yang ogah keluar duit tambahan

Penumpang Citilink. (Instagram/@citilink)
Penumpang Citilink. (Instagram/@citilink)

Meskipun belum diketahui berapa rincian biaya bagasi yang harus dikeluarkan jika nantinya kebijakan ini resmi diterapkan, tentunya mengeluarkan biaya tambahan terasa sangat memberatkan bagi kamu yang doyan bepergian menggunakan Citilink.

Selain itu, Citilink sendiri termasuk maskapai favorit para pelancong karena harga tiketnya yang terbilang cukup murah dibanding maskapai lainnya.

Tapi tenang, kalau kamu merasa ini memberatkan, kamu bisa menyiasatinya dengan mengurangi jumlah barang bawaan. Bawa saja barang yang benar-benar diperlukan seperti pakaian secukupnya disesuaikan dengan lokasi dan durasi plesiran. Misalnya kamu pergi ke Kota Surabaya yang terkenal panas, nggak perlu deh bawa jaket tebal.

Barang-barang tersebut bisa dimasukkan ke dalam kabin pesawat dengan ketentuan berada di dalam koper dengan ukuran 56 cm x 36 cm x 23 cm dan beratnya tidak lebih dari 7 kg. (Editor: Ruben Setiawan)

Posting Komentar untuk "Citilink Ikut Hapus Bagasi Gratis untuk Penerbangan Domestik, yang Internasional?"