Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Catatan: Fitur TabunganKu dan Pilihan Netizen

Penggemar tabungan tanpa biaya administrasi bulanan boleh berterima kasih pada presiden ke-enam Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). Tanpa ide dan pencanangan Gerakan Indonesia Menabung  oleh beliau, boleh jadi produk ini tidak pernah ada. Kalau yang sekarang ……… ( Gak usah di lanjut deh…. No comment aja…. Dari pada kebablasan bisa repot…  cos, saya bisa nulis setajam silet, silet nya Feny Rose tapi ya….)



Fitur Tambahan TabunganKu 2015

Sebelum saya ngoceh panjang lebar lebih baik saya tampilkan pembaruan fitur TabunganKu 2015 yang lebih simple. Sehingga teman-teman yang ingin membandingkan jadi lebih mudah. Silahkan lihat table dibawah. Jika sedang  online dengan perangkat mobile, gunakan mode landscape agar table terlihat utuh.

Kalau ada yang salah mohon di koreksi.


Bank
eBanking
Limit TRX di ATM (juta/hari)
Ket
ATM
INET
Mobile
Tarik tunai
transfer







BII Maybank
v
v
v
1
20

CIMB Niaga
v
v
v
10
25

BNI Syariah
v
v
v
5
?








Mandiri
v
-
-
1
-

BRI
-
-
-
-
-

BNI
-
-
-
-
-
BTN
v
-
-
?
?








BCA
v
-
-
7
15

Permata
-
-
-
-
-

Danamon
v
?
?
?
?

Sinarmas
v
-
-
5
20

Mega
v
v
v
?
?
Fitur ebanking dikenakan biaya
Bukopin
v
v
-
?
?

Panin
v
v
v
?
?

OCBC NISP
v
-
-
?
?

UOB
v
-
-
?
?
Biaya ATM 2500/bulan
Mayapada
?
?
?
?
?

Victoria
-
-
-
-
-

Mutiara
?
?
?
?
?

Arta Graha
?
?
?
?
?

Standard Chartered
-
-
-
-
-

BNP
-
-
-
-
-

Jasa Jakarta
-
-
-
-
-

BRI Agro
-
-
-
-
-

Ganesha
v
-
-
-
-

Kesejahteraan
v
-
-
?
?

Boi Idonesia
?
?
?
?
?

Index Selindo
V
-
-
?
?

Harda
-
-
-
-
-

Hana
-
-
-
-
-

SBI
-
-
-
-
-

INA Perdana
-
-
-
-
-

Mayora
-
-
-
-
-

Sinar Harapan Bali
v
-
-
?
?

Artos
v
-
-
?
?

MNC
-
-
-
-
-








Muamalat
-
-
-
-
-

BSM
v
?
?
?
?
Biaya ATM 2000/bulan














BJB
v
-
-
?
?
Biaya ATM 1000/bulan
Bank DKI
-
-
-
-
-

Bank Jateng
v
-
-
?
?

Bank Jatim
v
-
-
?
?

BPD DIY
-
-
-
-
-








BPD Aceh
-
-
-
-
-

Bank  Nagari (BPD sumbar)
-
-
-
-
-

Bank Riau Kepri
-
-
-
-
-

Bank Sumsel Babel
-
-
-
-
-

Bank Sumut
-
-
-
-
-

Bank Lampung













Bank Kaltim
-
-
-
-
-

Bank Kalbar
-
-
-
-
-

Bank Kalsel
-
-
-
-
-

Bank Kalteng
-
-
-
-
-

Bank Bengkulu
-
-
-
-
-

Bank Jambi
-
-
-
-
-








Bank Papua
v
-
-
?
?

Bank NTT
-
-
-
-
-

Bank NTB
-
-
-
-
-

BPD Bali
-
-
-
-


Bank Sulsebar
?
?
?
?
?

Bank Sultra
?
?
?
?
?

Bank Sulut
?
?
?
?
?

Bank Maluku
-
-
-
-
-
















TabunganKu dan Netizen

Sejak di luncurkan 2010 silam, TabunganKu cukup banyak mendapat perhatian netizen. Saya membaca cukup banyak posting di blog personal mengenai produk ini. Saya ingin berterima kasih pada teman-teman blogger tersebut. Dari data dan pengalaman  mereka,  sehingga saya punya bahan menulis dalam bentuk rangkuman yang berjudul : TabunganKu yang paling bagus

Terima kasih juga pada teman-teman yang sempat mampir dan memberi informasi tambahan pada kotak komentar sehingga informasi yang ada tetap update. Tanpa info tambahan dari teman-teman itu, bisa dipastikan saya tidak bisa menjawab pertanyaan dari netizen lain. Pasti.  Jujur deh, saya tidak paham dunia ini. Kalaupun seolah saya bisa menjawab pertanyaan yang masuk, itu tak lebih karena dalam diri saya masih  tersisa  jiwa customer service wkwkwk…. Dosa besar jika mengatakan tidak tahu.  Meskipun beberapa kali juga bahasa itu terpaksa  keluar ketika mood tidak  mendukung untuk mencari tahu  hehe…. #maafkan daku.

Artikel “TabunganKu yang paling bagus” yang  saya publish pada 4 april  2014 itu ternyata  cukup banyak mendapat minat pengunjung. Dari  hasil analisis data, praktis  tulisan itu selalu dibaca lebih dari 1000 kali perhari, sampai saat ini. Tercatat juga sebagai  bagian dari lima  artikel yang selalu paling banyak dibaca setiap harinya, sampai hari ini.

Antusiasme netizen pada TabunganKu (tentu saja dalam scope blog ini. Kalau dalam skala nasional saya tidak tahu) tergambar dari keingintahuan akan produk tabungan tanpa potongan bulanan. Para junior yang baru akan bersinggungan dengan bank atau mereka yang sebelumnya sudah punya akun di bank, semua menyatu disana.

Untuk para junior saya memang memberi arahan kesana dengan  tautan dari beberapa artikel lain. Sementara para senior lebih banyak datang sendiri dari mesin pencari.

Saya tidak tahu kemana mereka akhirnya menentukan pilihan. Tidak ada data yang bisa dijadikan acuan. Namun, dari interaksi dengan pembaca, saya punya beberapa gambaran akan minat mereka pada produk tabunganku.

Bro AJ dari Jember misalnya, dia membuka dua tabunganKu sekaligus dihari yang sama, di CIMB Niaga dan BNI Syariah. Dari situ kita membaca kebutuhan beliau pada  fitur elektronik banking. TabunganKu dari CIMB Niaga dan BNI Syariah (juga BII Maybank) memang memberi fasilitas ebanking terlengkap. Bisa transaksi dengan internet banking, Mobile banking, bahkan kartu ATM nya pun bisa di fungsikan sebagai kartu debet.

Kebutuhan  Fitur eBanking pada TabunganKu tergambar dari pertanyaan, pernyataan dan  harapan teman-teman kita.  Kang JH bandung misalnya, akan  menggunakan ATM dari TabunganKu BII untuk di gunakan belanja di toko. Sebelas duabelas dengan  bro HS yang ingin menggunakan ATM TabunganKu CIMB sebagai kartu debet.

Yang lainnya ada beragam harapan. Bro AP (ingin di gunakan untuk isi pulsa dan token PLN), sis MA (untuk bayar BPJS), sis FB (untuk belanja online), ibu AA (untuk jualan online) dll.

Meski saya  menempatkan BII Maybank dan CIMB Niaga sebagai dua bank denggan fitur terbaik pada produk tabunganku, tapi  tidak serta merta netizen mengarah kesana. Karena ada juga yang lebih memilih bank lain meski fiturnya tidak selengkap dua bank tadi.  Dalam hal ini BCA dan Bank mandiri tetap jadi incaran para calon nasabah.

Alasan paling tepat hanya mereka sendiri yang tahu. Namun ada juga yang secara lugas mengatakan karena factor keberadaan kantor cabang atau jumlah mesin ATM.

Hal lain yang bisa di sampaikan adalah mengenai adanya kegagalan dalam pembuatan TabunganKu. Meski secara jelas bank tersebut mengelola tabunganku, nyatanya tidak semua kantor cabang menerima. Sis PS misalnya gagal membuka tabunganKu di BCA Rukan gading Jakarta, dengan alasan Produk tabunganku hanya untuk pelajar.  Sementara Bro SAB gagal membuka tabungaku di BNI syariah Gresik, sehingga beliau membuka produk lain.

Catatan TabunganKu

Terlepas dari bagaimana kita memandang  keperluan fitur pada TabunganKu, saya punya beberapa catatan mengenai hal ini:

BII Maybank  yang sejak awal (sepengatahuan saya)  menebar fitur ebanking  tanpa biaya tambahan, plus kartu ATM-nya  bisa digunakan untuk belanja di merchant , di tahun 2015 sekarng masih  konsisten tersedia bagi yang menginginkan (meskipun  tidak di publish pada websitenya). So, jangan ragu untuk mengajukan permohonan produk itu meski mungkin saja  Customer Service  BII tidak memperkenalkan TabunganKu diawal. Kalau tidak ada, berarti kita delete dari daftar.

CIMB Niaga yang  kemudian menyusul BII menebar fasilitas eBanking tanpa biaya tambahan pada tabunganku  tetap berada pada grade A dengan limit tarik tunai hingga 10juta perhari. Limit demikian sudah terbilang besar jika kita bandingkan dengan limit penarikan tunai dari bank lain pada ATM regular mereka. Meski CIMB Niaga kemudian memperkenalkan produk baru simpanan tanpa biaya, ON Account. Namun TabunganKu CIMB bisa tetap jadi pilihan terutama yang mengingingkan kepemilikan passbook.

BNI Yang semula terkesan mengelola tabunganku ala kadarnya, kini  mulai ada kesan ingin menyenangkan nasabah. Setidaknya sekarang ada fitur ebanking yang bisa dinikmati pemilik akun. Ada fitur ATM nya. Bisa juga menggunakan internet banking untuk transaksi non financial. Ini sudah cukup  untuk sekedar memonitor perkembangan saldo  tanpa harus pergi ke ATM atau mencetak buku.

Pertama kali saya mengetahui  tabunganku BNI ada fitur ATM dari bro YCK pada tanggal 25 februari 2015. Dan ini penampakan ATM TabunganKu BNI miliknya mas AMS


atm tabunganku BNI.  Credit: Bank BNI #albert maharso
Update:
Ada tambahan info dari mas Albert, untuk mengaktifkan fasilitas e-Chanel TabunganKu BNI bisa dilakukan sendiri di ATM. Kalo request aktivasi di Customer Service kantor cabang kemungkinan dijawab tidak bisa.

- Per 1 Oktober 2015 tabunganku BNI sudah tidak ada fasilitas ATM dan ebanking lain.
-----------------

Sementara itu Bank Mandiri tetap konsisten pada pendiriannya. Produk tabunganku hanya untuk simpanan. Setoran dan penarikan melalui teller hanya bisa dilakukan pada cabang tempat membuka rekening.  Penarikan kedua dan seterusnya dalam satu bulan dikenakan biaya Rp 5000. Penarikan dibawah 5 juta dikenakan biaya Rp 5000. Tidak bisa melaukan transfer melalui ATM.

TabunganKu BTN bisa jadi pilihan lain bagi penggemar bank plat merah. Bisa melalukan setoran di semua kantor cabang BTN. Sementara untuk setoran dari kantor pos ada biaya Rp 10.000,-

TabunganKu BRI? Tidak banyak yang bisa diungkap….. Anda rakyat daerah….. Rakyat kecil yang ingin mengakses perbankan pada produk simpaman tanpa potongan silahkan menabung dan menarik uang di teller.  Jangan minta lebih…!! (Afgan gak sih bahasa gue…atau Rosa… atau setajam silet....?)

TabunganKu di Bank lain tidak banyak jadi pembicaraan oleh netizen. Sementara Bank Pembangunan Daerah terlihat lebih senang menggarap Simpeda dan produk mereka sendiri.

Tentang TabunganKu

TabunganKu adalah produk simpanan harian untuk perorangan dengan persyaratan ringan yang diterbitkan bersama-sama oleh bank-bank di Indonesia untuk menumbuhkan budaya menabung.

TabunganKu disemua bank memiliki kesamaan dalam hal fitur standar, diantaranya
  • Bebas biaya administrasi bulanan
  • Setoran awal pembukaan rekening minimum Rp 20.000,-
  • Setoran selanjutnya minimum Rp 10.000,-
  • Saldo minimum setelah penarikan Rp 20.000,-
  • Biaya dormant (tidak ada transaksi selama 6 bulan berturut-turut) Rp 2000,-
  • Biaya penutupan rekening Rp 20.000,-
  • Minimum penarikan di counter Rp 10.000,-
  • Gratis penggantian buku karena hilang/rusak
  • Bunga / bonus wadiah berdasar saldo harian dan tidak progresif

**
Terakhir saya ingin mengatakan: TabunganKu tetap bisa jadikan untuk menyimpan uang di bank. Dengan hanya mengendapkan saldo Rp 20.000 saja,  kita tak perlu khawatir duit berkurang.  Bapak, ibu, anak muda,  pelajar,  mahasiswa, pekerja, wirausahawan atau siapapun anda Warga Negara Indonesia dapat membuka jenis simpanan ini di bank. Terserah di bank mana. Saya tidak punya kepentingan untuk itu.  Khusus adek-adek pelajar atau yang belum punya KTP,  datang ke bank nya sama salah satu orang tua ya.

Demikian… terima kasih telah membaca.

***
Galery ATM TabunganKu kiriman teman2

ATM Tabunganku Bank Panin. credit: Bank Panin #sar midi

ATM TabunganKu BCA. Credit: BCA #Sulistyono

ATM TabunganKu BII Maybank. Credit: BII Maybank #Sar Midi

ATM TabunganKu OCBC Nisp. Credit: OCBC Nisp #sar midi

ATM TabunganKu BNI Syariah credit: BNI Syariah #Mahendra Sanjaya

ATM TabunganKu UOB.. Credit Bank UOB #sar midi
ATM TabunganKu CIMB Niaga. Credit: CIMB Niaga #jovi jovovich


ATM TabunganKu Bank Jatim. Credit: bank jatim #jovi jovovich


ATM Tabunganku Danamon. credit: bank Danamon #albert maharso
ATM Tabunganku bank BNP. credit: Bank BNP #albert maharso
ATM TabunganKu bank Sinarmas. Credit:Bank Sinarmas #albert maharso


**
P/s: Bagi teman-teman yang punya ATM TabunganKu dari bank mana saja boleh share dong fotonya. Milik sendiri ya. Buat dipasang di halaman ini. Di blur aja nomor kartunya untuk menjaga keamanan

Kirim ke email ya : blog.andreadee@gmail.com
 

Posting Komentar untuk "Catatan: Fitur TabunganKu dan Pilihan Netizen"