Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Seharga Rp 34 Juta, Yamaha MT-15 Siap Adu Kekuatan dengan Honda CB150R Exmotion

Yamaha MT-15 telah resmi masuk ke ibu kota sejak akhir pekan kemarin. Meski belum terpajang di beberapa dealer resmi Yamaha secara merata, namun kendaraan yang satu ini kini terlihat semakin moge look. 

Tentu dengan hadirnya suspensi Upside Down berukuran besar dan balutan body agresif bercita rasa premium.

Performanya tentu jauh meningkat, karena kapasitas mesinnya berubah dari 150cc menjadi 155cc. Tak lupa teknologi canggih yang menjadi andalan Yamaha R15 dan Vixion R juga tersedia pada motor ini.

Tanpa seremonial, PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) Agen Pemegang Merek (APM) Yamaha di Indonesia mengumumkan bahwa pihaknya telah menjual MT-15 untuk konsumen di Tanah Air. Dengan masuknya Yamaha MT-15 itu artinya menambah panjang keluarga MT. Sebelumnya ada MT-10, MT-09, MT-07, MT-03 serta MT-25.

“Kehadiran MT-15 merupakan representasi atas gaya berkendara masa kini. Hal tersebut dapat dilihat melalui desain motor yang lebih agresif, penambahan fitur terbaru. Serta optimalisasi mesin yang lebih bertenaga,” ujar Yordan Satriadi selaku Deputy General Manager Marketing YIMM, dalam keterangan resminya dilansir laman Carmudi.

Dari segi penjualan secara nasional, sepeda motor bergaya sport kurang begitu bergairah. Tapi Yordan yakin munculnya Yamaha MT-15 mampu meraih pencapaian yang positif.

“Kami optimis MT-15 akan mendapat respon yang sangat positif dari masyarakat dan menjadi trendsetter di kalangan para pecinta naked sport kedepannya,” jelas Yordan.

Baca juga: Meski Murah, Masker Wajah Ini Bisa Bikin Kulitmu Tambah Cerah Loh!

Keluarga baru di MT series ini mendapat sentuhan pengembangan yang baik dari Yamaha seperti desain, fitur, maupun performa mesin. Ini sebagai upaya dalam memberikan pengalaman berkendara yang lebih menyenangkan kepada pecinta sepeda motor sport di Indonesia.

Yamaha MT-15 hadir dalam tiga pilihan warna yakni Matte Grey, Matte Blue, dan Metallic Black. Satu unit Yamaha MT-15 dipasarkan seharga Rp 34,95 juta.

Meluncur di Thailand

Yamaha MT-15 (Carmudi).

Sebelum masuk ke Indonesia, Yamaha MT-15 meluncur lebih dahulu di Thailand. Di sana Yamaha MT-15 dibanderol 98.500 Thai Baht atau sekira Rp 45,7 juta.

Dengan harga semahal itu konsumen tidak hanya memperoleh sepeda motor dengan desain menarik mata tapi juga dapat juga merasakan langsung fitur-fitur yang ditawarkan.

Mendukung penampilan Yamaha MT-15, pabrikan asal Jepang itu memasangkan mesin berkapasitas 155.1cc, silinder tunggal dengan tekologi Variable Valve Actuation (VVA). Mesin ini dikawinkan dengan transmisi manual enam percepatan.

Menggantikan Xabre

Yamaha Xabre (Carmudi).

Yamaha MT-15 meluncur di Thailand pada Oktober 2018 sebelum resmi masuk ke Indonesia. Beredar rumor bahwa kedatangan MT-15 di Thailand akan menggantikan M-Slaz atau di Indonesia dikenal juga dengan Xabre.

Bila itu benar terjadi berarti Xabre terancam disuntik mati atau dengan kata lain dihentikan penjualannya oleh PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) selaku Agen Pemegang Merek (APM) sepeda motor Yamaha di Indonesia.

Perihal Yamaha MT-15 akan menggantikan keberadaan Xabre, Antonius Widiantoro, Manager Public Relation YIMM membantah. Dirinya mengatakan Yamaha Xabre tetap akan dijual.

“Yamaha MT-15 hadir untuk melengkapi keluarga MT series yang telah ada, Xabre pun masih kami dijual,” kata Anton kepada Carmudi.

Dia menambahkan keduanya memiliki pasar masing-masing sehingga pihaknya tidak mungkin menggantikan posisi Yamaha Xabre dengan Yamaha MT-15. “Prinsipnya selama masing-masing ada permintaan kami akan terus menyediakan,” tutur Anton.

Menurutnya kehadiran Yamaha MT-15 justru untuk menambah pilihan bagi konsumen yang sedang mencari atau ingin mengganti tunggangannya ke sepeda motor sport bermesin 150 cc dengan karakter khas MT series.  

Tanpa Seremonial

Yamaha MT-15 (Instagram).

Mengawali 2019, Yamaha meluncurkan Aerox 155 VVA S dan MX King 150 versi Doxou. Beberapa hari kemudian muncul Yamaha MT-15. Kehadiran Yamaha MT-15 di Tanah Air dilakukan tanpa seremonial.

Yamaha MT-15 dibekali dengan mesin berkapasitas 155 cc 4-katup dengan enam percepatan. Mesin ini mampu menyemburkan tenaga sebesar 14,2 kW pada 10.000 rpm dan torsi puncak sebesar 14,7 Nm pada 8.500 rpm.

Tidak hanya itu, dapur pacu MT-15 juga sudah dilengkapi liquid cooled (berpendingin cairan) yang mampu menjaga suhu motor tetap stabil. Serta Variable Valve Actuation (VVA) serta menjadikan torsi merata di setiap putaran mesin.

Sebagai perbandingan, Yamaha Xabre memiliki mesin 150 cc 4 Langkah Berpendingin Cairan, Sohc. Tenaga maksimal yang dikeluarkan mencapai 12.0 Kw pada 8.500 rpm dan torsi 14.3 Nm pada 7500 rpm. Yamaha Xabre dibanderol dengan harga Rp 30,7 juta. (Editor: Winda Destiana Putri).

 

Posting Komentar untuk "Seharga Rp 34 Juta, Yamaha MT-15 Siap Adu Kekuatan dengan Honda CB150R Exmotion"