Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Progam Mencari Hasil Bagi dengan if else C/C++

Mari kita lanjutkan belajar Pemrogaman C/C++ sob. Melanjutkan Bab Pengambilan Keputusan dengan If else nih sobat, setelah kemarin kita telah membuat Progam Kasir Sederhana dengan if else C/C++. Dan kali ini kita akan membuat progam Mencari Hasil Bagi dengan If Else C/C++
Dalam aturan soal seperti berikut:
Gunakan pernyataan if…else untuk membuat program yang menerima 2 buah bilangan bulat masukan. Tampilkan hasil dari pembagian bilangan pertama dengan bilangan kedua, dengan ketelitian 3 desimal.
Input : bil1 dan bil2
Output : hasil bagi bil1 dengan bil2
Jika bil2 yang dimasukkan adalah 0, maka diberikan pesan : bil 2 tidak boleh bernilai 0.

Gimana sobat, kira-kira udah tahu logikanya belum ??. Dipikir-dipikir dulu dong. Kalho ngomong logika inget progam mencari bilangan prima yang bisa dilihat pada contoh  yang sebelumnya yaitu  Progam Mencari Bilangan Prima dengan C/C++.
Hm.. intinya kita akan membuat progam hasil bagi dengan if else. Tetunya outputnya berupa inputan sob. Jadi saat progam dicompile/dijalankan ndak langsung muncul hasilnya, misal kaya gini :
bilangan pertama= 9
bilangan kedua = 3
hasil baginya adalah 3
Ndak gitu sob progam kalho namanya ndak progam inputan. Yang akan kita buat berupa inputan sesuai dengan soalnya. Tapi sobat ndak usah bingung dah, kalho sobat menyimak ketikan saya sebelumnya tentang bab inputan  yaitu Progam Inputan Konversi Jam c/c++ pasti sobat paham deh. Pokoknya intinya saat progam dicompile akan tampil kaya gini :
  • Inputkan bilangan pertama= _ (lah disitu ada tanda kursor berupa underscore, ndak tahu deh tulisanya underscore kaya gini atau gimana. :-P Pokoknya ada garis bawah yg berkedip-kedip itu loh). Lah disitu sobat inputkan angka terserah angka berapapun 1,2,3,4, dst.. pokoknya angka. Kemudian
  • Inputkan bilangan kedua = _ (sama seperti bilangan yang pertama, sobat tinggal masukkan angka berapa untuk dijadikan pembaginya).
Setelah itu baru di enter dan akan terlihat hasilnya, misal hasilnya kaya gini :
  • Bilangan satu dibagi dengan bilangan kedua = 3 (saya asumsikan yang sobat masukkan dibilangan pertama 9 dan bilangan kedua 3).

Yuhu... sudah mulai ngerti kan sob dengan alur progam yang kan kita buat. Okeh langsung saja deh ini aku kasih script progamnya, gratis dah buat sobat :-D

Script Progam Mencari Hasil Bagi dengan If Else C/C++
#include <stdio.h>
main()
{
double bilangan1,bilangan2,hasil=0;
printf("* Masukkan bilangan pertama = ");
scanf("%lf",&bilangan1);
printf("* Masukkan bilangan kedua = ");
scanf("%lf",&bilangan2);

if(bilangan2==0){
printf("\n- Maaf bilangan kedua tidak boleh sama dengan 0");}
else{
hasil=bilangan1/bilangan2;
printf("\n- Hasilnya Pembagian Bilangan Pertama dan kedua adalah %.3lf",hasil); }
}
Outputnya kaya gini sob:
 Mari kita lanjutkan belajar Pemrogaman C Progam Mencari Hasil Bagi dengan if else C/C++


Saya rasa cukup sekian pembahasan Progam Mencari Hasil Bagi dengan If Else C/C++. Kalho ada pertanyaan silahkan tinggalkan komentar pada kolom yang telah tersedia.
Terimakasih atas perhatianya. Semoga bermanfaat dan dapat dipahami.

Posting Komentar untuk "Progam Mencari Hasil Bagi dengan if else C/C++"