Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengin Kaya dari Bisnis seperti Wapres Jusuf Kalla? Begini Caranya

Siapa sih yang gak pengin tahu cara menjadi orang kaya? Apalagi, kayak Wakil Presiden RI (Wapres) Jusuf Kalla alias JK. Kesuksesan berbisnis pria asal Makassar itu udah gak diragukan lagi, yang membuatnya kaya raya.

Berdasarkan Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) tahun 2014, total kekayaan JK aja sampai mencapai Rp 465 miliar. Gimana sekarang ya?

Gak heran mengapa JK bisa sekaya itu. Pasalnya, bisnis pria kelahiran 1942 itu emang udah menggurita di mana-mana. Karena itu pula, gak ada salahnya belajar dari JK, yang udah terbukti sukses.

JK pada suatu kesempatan sempat memberikan beberapa wejangan mengenai bisnis, dan gimana cara menjadi orang kaya dari berbisnis.

Berikut, beberapa tips bisnis yang bisa kamu petik dari sosok yang udah dua kali menjabat sebagai wakil presiden itu:

1. Punya keinginan dulu buat berbisnis

Jusuf Kalla (IG jusufkalla)
Jusuf Kalla (IG jusufkalla)

Jusuf Kalla mengungkapkan, semua bisnis hampir sama. Yang terpenting, kamu punya keinginan terlebih dahulu buat berbisnis.

Pernyataan tersebut emang benar banget ya. Sebab, kalau ogah-ogahan berbisnis, tentu aja usaha yang kamu lakukan bisa kurang maksimal. Namun, kalau emang pengin banget dan punya passion di bisnis, kamu pun lebih bersemangat melakukan apa aja.

2. Baca dan praktikkan

Jusuf Kalla (IG jusufkalla)
Jusuf Kalla (IG jusufkalla)

JK mengibaratkan belajar bisnis mirip dengan belajar renang. Kamu gak bakal bisa berenang kalau gak terjun ke sungai atau pantai. Namun, ada baiknya gak langsung terjun ke tempat yang dalam, melainkan ke bagian yang dangkal terlebih dahulu.

Tips bisnis satu ini bisa kamu terapkan. Jadi, saat baru mulai berbisnis, ada baiknya gak langsung terjun ke bisnis yang sulit dulu. Namun, kamu bisa pilih bisnis yang cukup sederhana.

Yang penting, kamu harus praktikkan apa yang udah kamu baca. Jangan stuck cuma pada rencana aja tanpa aksi.

3. Punya nilai tambah yang jadi pembeda

Jusuf Kalla (IG jusufkalla)
Jusuf Kalla (IG jusufkalla)

Jenis usaha boleh jadi sama, namun yang bikin bisnis kamu berbeda adalah nilai tambah. JK mencontohkan, banyak yang berbisnis e-commerce. Banyak yang sukses, tapi gak sedikit pula yang gagal.

Untuk itu, penting buat punya nilai tambah buat bisnis kamu yang jadi pembeda dengan kompetitor. Dengan begitu, pelanggan bakal lebih memilih kamu, padahal model bisnisnya sama dengan kompetitor.

4. Terapkan prinsip BMW

Jusuf Kalla (IG jusufkalla)
Jusuf Kalla (IG jusufkalla)

Ini prinsip cukup unik yang diutarakan putra Athirah Kalla itu. BMW yang dimaksudkan di sini bukan merek mobil, melainkan singkatan dari biaya, mutu harus dijaga, dan waktu jangan lambat.

Prinsip di atas masih berkaitan dengan poin ketiga yang menganjurkan kamu punya nilai tambah buat bisnis. Suami Mufidah Mi’ad Saad tersebut memegang banget prinsip BMW ini. Gak heran kalau bisnisnya makin menggurita ke mana-mana, dan beragam pula.

Gimana bisa berkembang gitu kalau JK leyeh-leyeh dan gak mementingkan kepuasan kliennya? Karena itu, kamu perlu memikirkan biaya buat bisnis kamu, pentingkan mutu, dan yang pasti deliver-nya cepat.

5. Diversifikasi bisnis

Jusuf Kalla (IG jusufkalla)
Jusuf Kalla (IG jusufkalla)

Tahukah kamu, cara menjadi orang kaya seperti Jusuf Kalla sering kali disebabkan banyaknya orang kayak JK melakoni beragam bisnis. Dengan punya beragam jenis usaha, sumber penghasilan pun semakin bertambah.

Kalau menggantungkan sumber penghasilan kamu dari satu bisnis aja, bakal susah ke depannya. Emang sih gak ada yang mau kalau bisnisnya bangkrut, namun peluang tersebut bisa aja terjadi, kan? Karena itu, diperlukan punya sumber uang dari bisnis lain.

Selain itu, dengan diversifikasi jenis bisnis, kamu bisa memutar uang kamu. Jadi, setelah kamu memperoleh keuntungan dari bisnis yang satu, kamu bisa gunakan keuntungan tersebut buat bisnis lain. Dengan gitu, keuntungan kamu berkembang berkali-kali lipat.

JK punya beragam sektor bisnis. Mulai dari konstruksi, transportasi, sampai properti dan logistik pula. Semua disabet sama ayah lima anak tersebut!

Udah siap menerapkan tips dan cara menjadi orang kaya seperti Wapres JK? Yuk, coba tips-tips yang udah disebutkan di atas. (Editor: Chaerunnisa)

Posting Komentar untuk "Pengin Kaya dari Bisnis seperti Wapres Jusuf Kalla? Begini Caranya"