Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Biaya Administrasi Bank BRI Simpedes, Britama, dan TabunganKu Perbulan

Ini biaya administrasi bulanan tabungan BRI Britama, Simpedes, dan TabunganKu. Fitur apa saja yang didapat dan bagaimana cara membuatnya, silahkan di lanjut aja baca sampai akhir untuk lebih berkenalan dengan bank sejuta umat.

**
Meskipun Bank Rakyat Indonesia ( BRI) identik dengan kalangan rakyat kecil, tapi jangan di pandang sebelah mata bank satu ini. Fasilitas di bank BRI tidak kalah kelas dengan bank lain yang lebih menyasar kalangan menengah atas. Paling tidak, saya mendapatkan layanan yang tidak di dapatkan dari bank lain.

Serunya menjadi nasabah BRI adalah suasana kantor cabang yang lebih bersahabat ketika berada di kantor cabang pembantu atau di unit BRI di pelosok. Masyarakat dari berbagai lapisan ngumpul disini. Dari kaum sandal jepit sampai tuan tanah. Dari pedagang keliling sampai bandar singkong. Semua ngumpul di BRI pedesaan.

Keragaman kalangan dan suasana seperti ini yang bikin saya lebih enjoy ketika masuk dalam antrian meski dapat nomor urut di belakang. Tentu harus menyediakan waktu extra jika sedang berurusan dengan customer service atau teller. Buat saya lebih terkesan dengan mencari suasana baru. Tapi kalau rutinitas pasti membosankan.

Meski ada beberapa hal yang jadi catatan ketika berhubungan dengan bank BRI,  tapi secara keseluruhan menjadi nasabah bank BRI  buat saya tetap menyenangkan Update: sekarang saya sudah menutup rekening BRI. Ada beberapa hal yang menurut saya kurang bagus.


Yo, sekarang yang berminat membuat rekening tabungan di Bank Rakyat  Indonesia, ini dia fitur dan biaya administasi dari tiga produk tabungan harian untuk perorangan di BRI; yaitu; Simpedes, BritAma, dan TabunganKu.

O iya bapak ibu, nyimpan uang di bank BRI atau bank lain seperti BCA, Bank Mandiri atau semua bank yang ada di indonesia itu aman karena di jamin oleh pemerintah. Lewat penjamin simpanan (LPS ), pemerintah indonesia menjamin dana nasabah maksimal Rp.2 milyar per bank.


BRI Simpedes

   
Tabungan harian untuk masyarakat pedesaan yang di layani di kantor cabang tertentu hingga BRI unit, yang tersebar di seluruh Indonesia.   
  • Setoran awal minimum adalah Rp.100.000,-
  • Biaya administrasi perbulan Rp.6500,-
  • Dapat Kartu ATM yang bisa berfungsi sebagai kartu belanja khusus de mesin EDC BRI
  • Phone banking, SMS banking, Internet banking, Mobile banking
  • Pembayaran dan pembelian ke berbagai merchant

Untuk internet banking bisa langsung minta di aktifkan ketika membuka rekening. Tapi untuk transaksi finansial  internet banking BRI mensyaratkan saldo minimum harus Rp.5 juta terlebih dahulu.

BritAma


Seperti halnya simpedes, tabungan Britama juga produk tabungan harian. Perbedaan simpedes dan BritAma terletak pada limit transkasi harian dan biaya administrasi bulanan. Kalo dari buku tabungan dan kartu ATM jelas lah beda, namayanya juga produknya beda. Tapi dari segi fitur ebanking sih sama saja.

Perbedaan lain adalah progam undian berhadiah untung beliung Britama yang terkenal itu. Waduh saya tidak  tertarik membahas  lebih jauh tentang untung beliung Britama yang semakin hari makin banyak saja sms penipuan pemenang untung beliung Britama.
  • Setoran awal mimimal  sebesar Rp 250.000,-
  • Setoran awal selanjutnya minimal Rp.50.000,-
  • Biaya administrasi bulanan 12.000,-
  • Internet banking, sms banking, mobile banking
  • ATM jaringan Link, bersama, cirrus, maestro, master card
  • Setiap nasabah yang memiliki saldo minimum Rp 500.000,- berhak atas jaminan asuransi kecelakaan diri dengan nilai pertanggungan sebesar 250 % dari saldo terakhir atau maksimum sebesar Rp.150.000.000,

TabunganKu


Sepeti hal nya bank lain, Bank BRI juga melayani  TabunganKu. Produk simpanan bebas biaya administrasi yang di keluarkan bank-bank di Indonesia, termasuk BPD dan BPR / BPRKS.
  • Setoran awal minimum Rp.20.000,-
  • Setoran selanjutnya minimal Rp.10.000,-
  • Gratis biaya administrasi
  • Tidak ada fitur ebanking

Cara membuat Tabungan di BRI

  • Silahkan datang saja ke kantor cabang atau unit BRI  terdekat  yang sesuai dengan domisili dengan membawa KTP. Kalau datangnya ke BRI unit,  bawa juga foto kopi KTP barangkali disana tidak ada tersedia mesin foto kopi.
  • Ambil atau minta sama satpam nomor antrian untuk tujuan ke Customer Service (CS)
  • Tunggu panggilan
  • Ketika di panggil, sampaikan pada CS kalau ingin membuka rekening tabungan, jangan lupa perkenalkan dulu nama anda ( lebih baik toh dari pada di tanya nama duluan)
  • CS BRI akan menerangkan produk tabungan yang tersedia. Silahkan dengarkan dan beri kesempatan dia menjalankan prodesurnya sebagai CS bank.
  • Jika sudah, silahkan tanyakan jika ada yang kurang jelas, terutama soal fitur dan layanan. Kalau perlu tanyakan juga threshold saldo, di nominal  saldo berapa terjadi titik impas supaya bunga dapat menutup biaya administrasi bulanan. Baca : Daftar saldo minimal tabungan supaya bunga bank dapat menutupi potongan bulanan
  • Jika sudah, silahkan pilih produk tabungan mana yang ingin di buat, maka cs bank akan memberikan formulir aplikasi pembukaan rekening yang harus diisi. Syukur-syukur cs nya mau isi jadi kita tinggal tanda tangan saja.
  • Selanjutnya ikutin saja apa kata CS, tapi jangan lupa kalau mau mengaktifkan SMS banking, internet banking, minta tolong mengaktifkan Pin ATM bisa sekalian dilakukan sekarang supaya tidak bola-balik.
  • Sudah selesai.

Demikian pengenalan sedikit tentang biaya admin bulanan tabungan BRI Simpedes, Britama dan Tabunganku, serta cara membuat rekeningnya. Semoga dapat menjawab pertanyaan berapa potongan tabungan BRI perbulannya.

Baca juga : saldo Tabungan BRI Berkurang terus, ketahui berbagai potongan berikut

Atau bisa baca artikel berikut: Bingung pilih Britama Simpedes atau BRI Syariah baca ini dulu


update 24 mei 2014 :

Jika merasa kondisi saku masih cekak, atau tidak rela ada potongan bulanan, saya rekomendasikan untuk bikin tabungan yang bebas biaya administrasi tapi ada fitur ebanking, untuk itu silahkan baca tiga artikel berikut ;


Tabungan Faedah BRI Syariah
Perbandingan fasilitas TabunganKu di beberapa bank

Terima kasih telah membaca

Posting Komentar untuk "Biaya Administrasi Bank BRI Simpedes, Britama, dan TabunganKu Perbulan"