Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

3 Tabungan BCA, Cara Membuat dan Biaya Adminstrasi

Yuk kupas tuntas 3 produk simpanan BCA, yaitu, Tahapan ,  Xpresi dan tabungan bca tanpa biaya administrasi tabungaku. Apa saja fitur yang di berikan, berapa setoran awal, serta cara membuka / membuat rekening di Bank BCA.

**

Kalau masuk ke sebagian besar kantor cabang bank central asia ( BCA ), maka pemandangan yang sering kita jumpa adalah antri. Di teller, di customer service terjadi penumpukan nasabah yang bisa bikin kita geleng-geleng kepala,  apalagi kalau kita sudah wanti-wanti hanya punya waktu sedikit ketika berurusan dengan bank itu. Bisa berabe.

Pemandangan serupa juga bisa kita temui pada banyak tempat Anjungan Tunai Mandiri ( ATM ) BCA, paling tidak di banding bank lain yang antriannya lebih sedikit.

Karena itu tak heran banyak juragan di forum menamai bank ini sebagai bank cape antri, atau bikin cape antri.  Haha.. ada-ada saja bikin plesetan

Meski begitu, bank BCA tetap jadi primadona bagi nasabah baru untuk membuka rekening tabungan disana. Tanya kenapa?

Dalam pandangan orang awam seperti saya, keheranan seperti itu pasti muncul. Karena  kalau di perhatikan secara kasat mata, fasilitas yang di berikan pada nasabah dari bank lain nyaris sama. Bisa di katakan tidak jauh-jauh amat bedanya.

Lebih heran lagi,ketika saya pernah membaca pada beberapa artikel online tentang prosedur membuat rekening untuk nasabah baru harus memiliki NPWP ( nomor pokok wajib pajak), bahkan ada juga yang mengeluh tentang susahnya membuka rekening tabungan di BCA.

Tentu tidak semua mengalami kesulitan membuat tabungan di BCA, karena toh setiap hari banyak yang berhasil membuka rekening.

Saya sendiri tidak mengalami kesulitan ketika membuka rekening di BCA,  prosedur waktu itu masih mudah. Saya membuka rekening BCA karena faktor keharusan untuk membayar uang kuliah. Karena semua pembayaran uang kuliah harus melalui transfer di ATM BCA. Tidak bisa setor tunai. Maka ketika jadi mahasiswa baru saya pun jadi nasabah baru BCA.


Produk Tabungan BCA

 
Ada beberapa produk tabungan Bank Central Asia, masing-masing adalah;  tahapan BCA, Tahapan Xpresi, Tahapan Prestasi (tapres), Tahapan gold, BCA dollar, dan Tabunganku.

Dari beberapa produk itu saya post disini tiga saja, yaitu, Tahapan Bca, Tahapan Xpresi Dan Tabunganku. Karena tiga produk inilah yang  lebih yang sering di buru nasabah baru. Sementara yang lain lebih di tujukan untuk kalangan the have.


Tahapan BCA


Ini adalah produk tabungan untuk perorangan atau rekening bersama. Bisa dikatakan inilah produk simpanan utama dari bank central asia. Untuk yang ingin membuka rekening ini, berikut beberapa hal yang perlu di ketahui mengenai biaya administrasi dan fitur dari tahapan BCA.

  • Setoran awal minimal Rp. 500.000,-
  • Setoran selanjutnya minimal Rp.50.000,-
  • Saldo ditahan Rp.10.000,-
  • Biaya administrasi bulanan yang di kenakan sesuai kartu paspor yang di minta. Kartu silver dan gold adalah Rp.13.000,-, sementara kartu platinum sebesar Rp.20.000,-
  • ATM dalam jaringan Prima dan cirrus
  • Internet banking, phone banking, mobile banking (Android / ios / blackberry)
  • Fitur keamanan dengan Pin ATM BCA, PIN m-BCA, KeyBCA.
  • Pembayaran dan pembelian ;  kredit , asuransi,  pendidikan, pinjaman, internet, kartu, telepon, voucher isi ulang, reksadana, saham, tiket pesawat, TV berlangganan, listrik, air, gas, atau iuran lingkungan


Tahapan Xpresi



Tahapan Xpresi pada awalnya di tujukan untuk kalangan anak muda, mahasiswa atau pelajar, dengan usia maksimum 25 tahun. Tapi , belakangan tidak ada lagi batasan usia untuk menjadi nasabah produk ini. Jadi semua warga negara bisa membuat tabungan tahapan xpresi meski tidak lagi di bawah 25 tahun

Nasabah tahapan Xpresi tidak mendapat passbook (buku tabungan), Rincian traksaki dapat di lihat sendiri melalui internet banking BCA.

  • Setoran awal minimum Rp.50.000,-
  • Biaya administrasi bulanan Rp,5000,-
  • Saldo mengendap minimum Rp.10.000,-

  • ATM dalam jaringan Prima dan cirrus
  • Internet banking, phone banking, mobile banking (Android / ios / blackberry)
  • Fitur keamanan dengan Pin ATM BCA, PIN m-BCA, KeyBCA.
  • Pembayaran dan pembelian ke berbagai merchant



Tabunganku BCA


BCA juga mengelola Tabunganku, tabungan bebas biaya administrasi bulanan dengan setoran awal ringan. Meski kalah popular dari tabunganku dari bank lain, ini juga layak di catat untuk pertimbangan nasabah baru.

  • Setoran awal Rp.20.000,-
  • Setoran selanjutnya Rp.10,000,-

  • Dapat kartu ATM khusus Tabunganku dengan limit silver (tarik tunai maksimal Rp 7 juta, transfer ke sesama rekening BCA Rp 15 juta).
  • Transaksi pendebetan maksimum 4 kali dalam sebulan.
  • Tidak ada fitur internet banking
  • Penutupan rekening, ganti buku, ganti kartu, setoran tunai, transfer, dan semua transaksi melalui counter bisa dilakukan di semua kantor cabang BCA


Cara Membuka Rekening BCA



Untuk membuat rekening BCA setiap calon  nasabah harus datang ke kantor cabang sesuai dengan wilayah tempat tinggal yang tercantum dalam KTP.

Untuk mempermudah dan mempercepat permohonan, calon nasabah dapat melakukan pengisian formulir secara online jika akan melakukan pembukaan rekening di cabang tertentu. Untuk lokasi kantor cabang yang dimaksud serta permohonan aplikasi online bisa membuka situs www.klikbca.com.

Baca : Cara membuka rekening BCA secara online ( di lengkapi gambar ) Cara daftar dan aktivasi internet banking BCA ( dilengkapi gambar )

Kelengkapan dokumen yang harus dibawa
  • KTP
  • NPWP
  • Kartu keluarga
  • Surat keterangan domisili atau surat dari rekomendasi dari kantor  ( apabila alamat  yang tercantum dalam KTP Pemohon daerahnya berbeda dengan daerah Kantor Cabang BCA tempat membuka rekening )


Pada prakteknya, membuat rekening BCA sangat tergantung pada kebijakan kantor cabang menterjemahkan aturan, atau, mungkin setiap kantor cabang BCA telah membuat local operating procedure dalam pelaksanaannya. Bahkan kalau mau menduga-duga secara subyektif bisa juga di pengaruhi oleh  mood customer service itu sendiri.

Dengan demikian, pengalaman setiap orang bisa berbeda, ada yang berkali-kali gagal, di tolak mentah-mentah, kurang dokumen ini itu, atau malah lancar jaya.

Karena itu kepada calon nasabah BCA di sarankan untuk mencari dan membaca lebih banyak artikel online dari mereka yang telah berbagi pengalaman  berhasil atau ditolak membuat rekening di BCA.


Silahkan di cari. Atau jika ingin mencari tabungan tanpa biaya administrasi silahkan baca artikel tentang 3 tabungan bebas biaya admin dengan setoran awal ringan.

Untuk call center BCA bisa hubungi Halo BCA di 500888 atau 021-500888 dari ponsel.

Posting Komentar untuk "3 Tabungan BCA, Cara Membuat dan Biaya Adminstrasi"