Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Wow, “Tampang” Indonesia Paling Dermawan di Dunia

Selain ramah, orang Indonesia ternyata diakui sebagai yang paling dermawan di dunia. Charities Aid Foundation yang rutin mengeluarkan survey tentang perilaku warga dunia, terbaru mengeluarkan laporan tentang 20 negara paling dermawan.

Dalam laporannya yang berjudul Top 20 Countries in the CAF World Giving Index, Indonesia menempati peringkat pertama sebagai negara paling dermawan di dunia. Bahkan mengalahkan negara-negara besar seperti Australia, Amerika Serikat dan Inggris, hingga negara tetangga Singapura.

Menurut hasil survei, Indonesia mendapatkan nilai 59 pada CAF World Giving Index Score 2018. Angka itu sama dengan perolehan Australia diposisi kedua, dan unggul satu poin dari Selandia Baru diposisi ketiga. Sementara Singapura yang merupakan negara tetangga ita hanya berada diposisi ketujuh dengan skor 54.

Indikator penilaian tersebut juga mencakup tiga hal, yakni persentase menolong orang asing, menyumbangkan uangnya, dan ikut program sukarela (volunteer). Ketiganya masyarakat Indonesia mendapatkan nilai masing-masing 46 persen, 78 persen dan 53 persen.

Lebih tinggi secara rata-rata dibanding Australia yang berada diperingkat kedua yang masing-masing memiliki persentase skor 65 persen, 71 persen dan 40 persen. Sementara Selandia Baru di peringkat ketiga dengan rata-rata skor 66 persen, 68 persen dan 40 persen.

Sedangkan negara serumpun Singapura jauh tertinggal di posisi ketujuh, dengan skor 67 persen, 58 persen dan 39 persen. Prestasi ini tentu sungguh sangat membanggakan kita sebagai bangsa Indonesia.

Survei Dilakukan Sejak 2010

CAF
Top 20 Countries in The CAF World Giving Index (CAF)

Survei ini telah dilakukan sejak tahun 2010, dan melibatkan sekitar 140 negara dengan mengukur seberapa dermawan warganya. Tujuan diadakannya survei ini adalah untuk memberikan gambaran secara konkret tentang sifat kedermawanan masyarakat di suatu negara di dunia.

Edisi pertama survei ini dilakukan pada September 2010. Sementara untuk edisi terakhir dilakukan pada November 2016, dengan Myanmar, Amerika Serikat dan Australia berada diposisi tiga besar. Selandia Baru, Sri Lanka, Kanada, Indonesia, Inggris, Irlandia dan Uni Emirat Arab melengkapi posisi 10 besar.

Gimana, banggakan menjadi orang Indonesia?. Jadi, pertahankan sikap ramah dan kedermawanan kamu ya.

Posting Komentar untuk "Wow, “Tampang” Indonesia Paling Dermawan di Dunia"