Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengin Cepat DP Rumah? Coba Jalani Dulu 6 Bisnis Ini!

Mencari ide bisnis rumahan tentu gampang-gampang susah. Pasalnya, banyak yang mengungkapkan, usaha-usaha tersebut untungnya gak gede-gede amat. Dan butuh waktu lama bagi seseorang bisa menghasilkan laba besar.

Sudah semestinya kamu memiliki usaha rumahan yang labanya besar. Kebutuhan hidup meningkat terus,  begitu pun dengan properti yang harganya terus melonjak dari tahun ke tahun.

Kalau bisnisnya cuma menghasilkan uang pas-pasan, kapan bisa nge-DP rumah? Ngandalin gaji kantor juga bakalan susah tentunya.

Pada kesempatan kali ini, MoneySmart bakal membahas sejumlah ide bisnis rumahan yang berpotensi memberikan keuntungan signifikan buat kamu. Ingin tahu lebih lanjut? Baca ulasannya di bawah ini yuk:

1.Sewain kamar di rumah orangtua

Sewain kamar (Pixabay)
Sewain kamar (Pixabay)

Mau cepat punya rumah? Coba rundingkan dulu dengan orangtuamu, apakah beliau sepakat dengan ide bisnis rumahan yang satu ini.

Tapi, dengan catatan, harus ada ruangan kosong di rumah orangtuamu yang memang tidak terpakai ya! Dan rumah tersebut, letaknya strategis.

Menyewakan kamar untuk penginapan atau kos-kosan tentu bisa menghasilkan pendapatan pasif yang besar di setiap bulannya. Tapi, berhubung yang disewakan bukan rumahmu, ya otomatis harus ada sistem bagi hasil dengan orangtuamu ya!

Ingat, biaya operasional rumah juga bakal meningkat ketika ada penghuni baru. Itu sebabnya, jangan asal pasang soal biaya.

Semakin strategis rumah orangtuamu, dan semakin lengkap fasilitas yang disediakan, maka semakin mahal biaya sewanya. Begitu pula dengan sebaliknya. Kalau lokasinya nyempil, kamar mandi di luar kamar, dan gak ada AC, otomatis biaya sewanya murah.

2. Buka kursus Bahasa Inggris

Buka kursus bahasa Inggris (Pixabay)
Buka kursus bahasa Inggris (Pixabay)

Semua orang tentu mau bisa fasih berbahasa Inggris secara lisan maupun tulisan. Namun, biaya kursus di lembaga-lembaga yang tersertifikasi tentu sangat mahal. Gimana kalau kamu saja yang buka kursusnya di rumah? Tentu bisa jadi ide bisnis rumahan yang bagus.

Buat menarik calon murid, coba bikin video di YouTube yang berisi tutorial bahasa asing. Tapi, ingat, gak perlu memberikan tutorial yang lengkap. Kalau mau lengkap, suruh mereka bayar dulu dong!

Untuk menghemat waktu dan biaya operasional, gelar saja kursus ini secara online layaknya sebuah webinar. Manfaatkan aplikasi video call seperti Skype, Google Hangout, atau Slack.

Mereka yang sudah bayar kursus akan diberikan akses ikut dalam conference call tersebut. Mudah bukan?

Agar cepat untung menjalankan usaha ini, sebisa mungkin berikan saja tarif murah. Namun, carilah murid sebanyak-banyaknya. Tanpa disadari, pemasukanmu bakal besar lho!

Selain itu, rancang juga paket biaya kursus yang sesuai. Sebut saja untuk empat pertemuan sebulan, atau berapa kali terserah kamu. Asalkan kamu siap dengan materi belajarnya, semuanya gampang deh!

3. Baking sekaligus jualan putih telur

Baking (Pixabay)
Baking (Pixabay)

Nah, baking jelas bisa banget dijadikan salah satu ide bisnis rumahan. Terutama buat para perempuan yang jago membuat kue dan kreatif.

Bisnis yang satu ini memang kerap diikuti banyak selebriti, sebut saja seperti Fiona Anthony, istri Dion Wiyoko.

Artinya, baking memang bisa menjadi usaha yang menguntungkan, bukan? Apalagi kalau pesanan cake atau kue yang kamu terima cukup banyak, makin tebal juga dompetmu.

Terkait baking, tentu beberapa dari kamu paham bahan baku utama membuat kue adalah kuning telur. Lantas, bakal kamu apain sisa putih telur yang gak terpakai? Apakah akan kamu buang?

Salah besar kalau pada akhirnya kamu membuang barang berharga itu. Kamu masih bisa menjualnya dalam keadaan beku atau fresh di toko online, karena putih telur memang sering dikonsumsi para penggila fitnes. Terutama yang mau membentuk badannya jadi atletis.

Bayangin aja, untuk 1 kilogram putih telur kamu bisa dapat untung Rp 14 ribu. Apa gak sayang tuh kalau putihnya dibuang?

4. Jasa jahit dan rias pengantin

Jasa jahit (Pixabay)
Jasa jahit (Pixabay)

Selama gak ada kompetitor yang buka usaha sama denganmu di komplek rumah, kamu bakal kebanjiran pelanggan. Selain itu, selama jahitannya rapi, bahan selalu tersedia, dan kamu sanggup memenuhi keinginan konsumen, maka pemasukan bulananmu juga makin besar.

Untuk membuka jasa jahit yang bisa menguntungkan, bukan cuma vermak jeans atau jahit biasa saja yang harus kamu sediakan. Tentu akan lebih baik kalau kamu bisa menjahit gaun, atau pakaian formal lainnya.

Di samping itu, ada baiknya juga bila kamu sekaligus membuka jasa rias atau make up pengantin. Tapi, hal ini hanya bisa dilakukan buat mereka yang paham rias merias ya!

Coba deh bayangin kalau tiba-tiba ada klien yang mau menjahit gaun pengantin, kostum pagar ayu, dan rias make-up sekaligus? Kayak apa gedenya pemasukanmu nanti.

5. Jasa servis dan upgrade perangkat elektronik

Jasa servis (Pixabay)
Jasa servis (Pixabay)

Gak perlu lulus dari jurusan teknik elektro dulu untuk memahami keterampilan yang satu ini. Kamu bisa secara otodidak belajar dari YouTube. Asal ada kemauan, pasti bisa kok, gak usah khawatir!

Bicara soal elektronik, artinya gak cuma gadget yang kamu servis. Melainkan AC, televisi, radio, laptop, hingga upgrade komputer. Kalau cuma gadget doang, tentu hal ini gak bakal bisa jadi ide bisnis rumahan yang berlaba besar.

Daripada harus pergi ke Senen atau Mangga Dua yang memang terkenal macet, ada baiknya mengirimkan barang-barang elektronik yang rusak ke rumahmu saja. Bisa dipaketkan, atau kalau memang dekat kamu jemput saja.

Tarif servisnya juga bisa kamu atur sesuai dengan biaya operasionalnya.

6. Warung sembako

Warung sembako (Pixabay)
Warung sembako (Pixabay)

Daripada keluar modal gede untuk membeli franchise Alfamart atau Indomaret, mending kamu buka saja warung sembako yang menjual barang-barang sama dengan mereka. Namun, mungkin tampilannya gak kayak mini market ya.

Selama ada beras, gula, garam, kopi, minyak goreng, tepung, rokok, dan sebagainya,  semuanya aman deh! Meski ada toko lain di dekat rumahmu, biasanya toko besutanmu tetap saja untung, karena masyarakat sekitar bakal membandingan harga.

Kalau memang para tetangga belanja di warungmu, maka untungmu jadi besar. Dalam hitungan bulan, udah bisa DP rumah baru nih!

Itulah ide bisnis rumahan dengan perputaran modal cepat yang bisa membantumu punya hunian baru dalam waktu singkat. Dari yang tanpa modal, berbasis jasa, hingga yang modal besar juga ada. Semuanya lengkap.

Intinya, semuanya memang harus dirintis dari awal. Butuh juga kedisiplinan, dan konsistensi tinggi untuk bisa sukses di bisnis ini dalam waktu singkat.

Mungkin kalau mau cepat untung ya jangan menjadikan bisnis ini jadi sambilan ya. Jadikan saja ini sebagai pekerjaan utama.

Selamat mencoba! (Editor: Chaerunnisa)

Posting Komentar untuk "Pengin Cepat DP Rumah? Coba Jalani Dulu 6 Bisnis Ini!"