Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Waspada Berkendara Ketika Hujan

Banjir, adalah topik utama yang menjadi momok disaat datangnya musim hujan. Kerap kali terjadinya banjir menyebabkan kerusakan infrastruktur sehingga membuat kita harus meningkatkan kewaspadaan pada saat di perjalanan. Dan sudah pasti genangan air pun seringkali kita temukan di sekitar kita. Termasuk genangan air yang cukup dalam sehingga membuat kendaraan terjebak lalu mogok. Selain itu, ketika mengendarai di saat musim hujan atau dalam kondisi jalanan yang banjir, dibutuhkan ketrampilan ekstra dalam upaya mencegah hal demikian.

Maka dari itulah, kami berikan beberapa kiat atau tips yang semoga saja dapat menjadi pedoman atau acuan anda ketika mengemudi di saat kondisi hujan atau banjir.

Periksa Kendaraan

Melakukan pemeriksaan secara teknis, termasuk alat kendali (stir), pedal rem dan gas. Khususnya dalam keadaan hujan, faktor ban menjadi sangat vital. Periksakan secara berkala kondisi ban, apakah masih layak pakai atau tidak. Tekanan udara pada ban pun harus diperhatikan, disesuaikan dengan ketentuan yang telah disarankan oleh produsen. Selain itu tingkat kedalaman tapak ban, juga mesti dicermati. Yang tentunya jika tapak yang baik, maka akan melindungi anda dari tergelincir atau aquaplaning.

Batasi Kecepatan

Di saat hujan deras, air yang menggenang akan bercampur dengan kotoran dan minyak yang tentunya akan membuat jalan raya menjadi licin dan rawan tergelincir. Langkah yang terbaik dalam menanggulanginya adalah dengan mengatur kecepatan kendaraan anda, mengemudi secara perlahan akan mempermudah ban agar dapat menyesuaikan kondisinya, berupaya agar mendapatkan daya cengkeram yang lebih baik.

Jaga Jarak Pandang

Dengan memperhatikan kendaraan di depan anda,sesuaikan jarak setidaknya ada celah aman untuk mengantisipasi jika terjadi rem mendadak.

Mengendalikan disaat tergelincir

Apabila anda mengalami hal seperti ini, sangat tidak disarankan untuk menginjak pedal rem dengan penuh tekanan, khususnya pada kendaraan yang dilengkapi sistem ABS (Anti-lock Braking System). Namun usahakan dengan tekanan yang tepat sehingga stir dan rem dapat menyesuaikan diri.

Ikuti jalur

Usahakan untuk mengurangi laju kendaraan, yaitu dengan melepas pedal gas. Dan nyalakan lampu kendaraan sehingga membuat anda dapat melihat jalur dengan nyaman dan pengendara lain pun dapat melihat anda.

Persiapan perjalanan.

Awali dengan melakukan pemeriksaan rutin, khususnya untuk kenyamanan anda dalam mengemudi, gunakan alas kaki yang nyaman dalam berkendara serta tidak licin.

Ketahanan fisik.

Jika anda kelelahan dalam mengemudi, berhentilah untuk beristirahat sejenak. Setidaknya dapat melepaskan rasa lelah anda agar kembali pulih dan bugar.

Ketika hujan turun secara tiba tiba, akan membuat jalan menjadi licin, dikarenakan kotoran yang bercampur dengan air dan minyak, membentuk lapisan licin pada jalan raya. Bagi pengemudi yang berpengalaman, tentunya akan mengurangi kecepatan dan sangat berhati hati. Termasuk apabila rem terkena air pun akan menjadi basah. Dengan menginjak secara perlahan akan membuatnya menjadi kering kembali.

Hujan yang sangat deras, dapat mengganggu penglihatan anda, meski sudah menggunakan wiper. Hal ini tentu saja jarak pandang anda akan semakin berkurang, bahu jalan atau kendaraan lain pun menjadi sulit untuk terlihat. Oleh karena itu anda dapat menepi dan menggunakan bahu jalan bila memang diperlukan. Dengan menyalakan lampu depan atau lampu hazard jika memang memungkinkan, hal ini berupaya agar mempermudah kendaraan lain untuk melihat anda.

Demikian informasi diatas yang telah kami sampaikan, semoga bermanfaat bagi anda dalam berkendara khususnya di saat musim hujan yang telah tiba saat ini. Salam!

Posting Komentar untuk "Waspada Berkendara Ketika Hujan"