Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Hadapi Era Industri 4.0, IDCon18 Siap Dihelat di Jakarta Desember Mendatang

Industrial Conference Initiative bersama APSTV salah satu brand unggulan PT Infokom Elektrindo akan menggelar Indonesia Digital Innovation Conference 2018 (IDCon18). Acara tersebut rencananya akan digelar di The Ritz Carlton Hotel Pacific Place Jakarta pada tanggal 11 Desember 2018.

IDCon18 kali ini mengambil tema Conquering Unpredictable era dalam industri 4.0, salah satunya adalah bagaimana menghadapi Disruption Technology Digital yang sangat cepat.

Menanggapi hal tersebut Director Marketing OVO Johnny Widodo mengatakan Indonesia saat ini telah masuk revolusi industri ke-4 atau Industri 4.0. Industri sendiri menurut Johnny Widodo dibagi menjadi dua yaitu industri konvensional dan modern.

Industri konvensional

Menghadapi digital industri (Shutterstock).

Kalau dari industri konvensional sebetulnya dampak dari revolusi industri ke-4 ini lebih banyak dilihat dari sisi otomatisasi. Dengan adanya bantuan teknologi di proses manufaktur, sangat membantu industri untuk lebih kompetitif dan efisien.

Hal itu dikarenakan banyak proses awalnya dilakukan dengan manual dengan tenaga orang, sekarang dilakukan dengan menggunakan tenaga mesin. Sehingga dari sisi waktu lebih cepat, produk yang dihasilkan lebih dapat terprediksi dan cacat produksi dapat di minimalisir.

Namun dengan peralihan mesin tersebut, maka predictive dan preventive maintenance menjadi hal yang penting untuk dilakukan. Hal itu untuk menjaga kondisi mesin agar investasi yang telah dikeluarkan sesuai dengan pemakaian mesin tersebut.

Dengan adanya teknologi tentunya membuat industri harus lebih kreatif dalam menentukan investasi yang tepat serta memberikan added value terhadap proses manufaktur itu sendiri.

Industri modern

Industri modern (Shutterstock).

Johnny mengatakan, kalau industri modern tentunya ini sudah sangat jelas, dampak dari industri 4.0 atau digital era dapat dilihat dari banyaknya industri modern yang muncul.

Industri modern ini mungkin bisa dikatakan perusahaan-perusahaan start-up, dimana memanfaatkan teknologi untuk membuat proses lebih mudah contohnya adalah Fintech (Financial Technology) yang sudah banyak mengadaptasi konsep industri 4.0.

Sementara itu banyak sekali kesempatan yang dapat dimanfaatkan industri di era digital saat ini. Karena Indonesia banyak memiliki keindahan seperti dari sisi geografis, banyaknya kaum milenial, smartphone penetrations, hingga banyaknya orang yang menggunakan ponsel untuk transaksi perbankan.

Dari sisi pemerintah yang sebelumnya lebih bersifat meregulasi saat ini sudah melakukan akselerasi contohnya seperti signbox policy bahkan pemerintah juga membangun infrastruktur seperti palapa ring yang saat ini sedang di bangun.

Untuk bisa menghadapi unpredictable era dalam industri 4.0 yang pertama kali harus dilakukan adalah harus merubah mindset. Yang kedua kalau mindsetnya sudah benar mereka harus berani untuk investasi karena untuk masuk ke ranah digital investasinya cukup besar.

Ketiga, mendengarkan keinginan customer, membuat satu produk yang bisa menyelesaikan masalah tersebut. “Nanti kita akan bahas tuntas dalam IDCon18,” pungkas Johnny.

Indonesia memasuki era digital

Indonesia sudah memasuki era digital (shutterstock).

Hal yang sama juga disampaikan oleh Iwan Sumarwan, General Manager Partnership and Digital Media PT Infokom Elektrindo. Ditemui di tempat berbeda Iwan mengatakan bahwa Indonesia saat ini telah masuk era digital.

Hal tersebut ditandai dengan banyaknya perubahan bisnis model di berbagai sektor industri. Tidak terkecuali bisnis advertising seperti PT Infokom Elektrindo yang melakukan perubahan dalam hal organization concept dan pembuatan konsep bisnis baru di bidang ICT Solution.

Menurut Iwan, era disruptif teknologi yang berkembang begitu cepat sekarang ini harus direspon cepat oleh pemerintah melalui pembuatan kebijakan-kebijakan yang strategis. Untuk dapat mendukung industri di Indonesia agar dapat tumbuh dan berkembang mengikuti perkembangan teknologi yang sedang terjadi.

Untuk dapat melewati tantangan teknologi yang masih akan terus berkembang dan tidak dapat terprediksi ini, menurut Iwan regulator dan pemangku kebijakan lainnya perlu mempertimbangkan 3 aspek antara lain: Fasilitas penyedia platform, dukungan konektivitas serta mengantisipasi hambatan dan tantangan dalam perkembangan ekonomi digital.

“Oleh sebab itu seluruh stakeholder industri mempunyai peran yang sama untuk dapat memajukan industri di Indonesia,” tambah, Iwan.

Dampak tren digital

Tren digital sudah semakin meluas (Shutterstock).

Banyaknya peluang serta tantangan yang timbul dari trend digital yang terjadi saat ini, tidak hanya memberikan dampak bagi para pemangku kebijakan.

Tetapi juga pelaku industri, akademisi sebagai penyedia sumber daya manusia yang kompeten dan produktif, juga berpengaruh terhadap perilaku konsumen serta bisnis model.

Oleh sebab itulah IDCon18 ini diharapkan mampu menjembatani seluruh stakeholder industri. Mulai pemangku kebijakan, akademisi, pelaku dan pemilik industri serta pengamat ekonomi. Khususnya ekonomi digital untuk dapat berdiskusi dan sharing mengenai perkembangan dan bagaimana industri lebih siap dalam menghadapi berbagai tantangan yang unpredictable.

Terutama terkait perkembangan arus teknologi dan informasi yang berkembang sangat pesat saat ini. Sehingga industri Indonesia lebih mampu dalam menghadapi tantangan maupun tren yang akan terjadi di masa datang.

Saat ini Indonesia sudah  memasuki era industri 4.0, dimana akan ada proses digitalisasi di dalam semua sektor industri.

Tujuan IDCon18

“IDCon18 ini diadakan untuk  para pelaku industri agar siap menghadapi era industri 4.0.,” papar Anten Rahmith, Founder Industrial Conference Initiative dalam penjelasannya mengenai tujuan penyelenggaraan Indonesia Digital Innovation Conference 2018 atau IDCon18.

Dan kami berharap IDCon18 ini bisa bermanfaat serta memberikan kontribusi untuk perkembangan industri di Indonesia. 

“Untuk informasi terkait acara IDCon18, penjualan tiket dll, dapat dilihat pada Website www.iciindonesia.com dan www.infokom.id serta Sosial media kami @iciindonesia , @icitalks, @apstv.id @infokomelektrindoofficial,” tambah Anten.

Tentang Indonesia Digital Innovation Conference 2018 (IDC0n18)

IDCon18 edisi pertama ini merupakan acara Conference dan Talkshow yang membahas seputar Inovasi dan teknologi terkini yang sedang menjadi trend di Indonesia. Acara ini diadakan oleh Industrial conference initiative dan APSTV pada tanggal 11 Desember 2018 di The Ritz Carlton Pasifik Place Jakarta. (Editor: Winda Destiana Putri).

 

Posting Komentar untuk "Hadapi Era Industri 4.0, IDCon18 Siap Dihelat di Jakarta Desember Mendatang"