Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tertarik Daftar Beasiswa LPDP Santri?, Ini yang Akan Kamu Dapatkan

Pemerintah melalui LPDP meluncurkan program beasiswa khusus santri. Beasiswa ini disediakan bagi santri yang ingin melanjutkan studinya hingga jenjang Magister (S2) dan Doktor (S3).

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengungkapkan, pihaknya tidak menyediakan anggaran khusus pada program beasiswa khusus santri tersebut.

Akan tetapi, alokasi dana program beasiswa LPDP santri menyatu ke dalam dana abadi yang digelontorkan pemerintah untuk LPDP sebesar Rp 55 triliun. Angka tersebut mengalami peningkatan dari Rp 35 triliun menjadi Rp 55 triliun pada 2019.

“Anggarannya ada di dalam (dana abadi LPDP), seperti diketahui LPDP 2019 kita sudah mendapatkan tambahan Rp 20 triliun untuk masuk di dalam dana abadi,” ungkap Sri Mulyani.

Nantinya dana itu akan digunakan mahasiswa yang lolos program LPDP dan untuk keperluan selama menempuh pendidikan baik jenjang S2 maupun S3.

“Kalau dia nanti di luar negeri adalah sama seperti yang lain. Jadi mereka mendapatkan untuk membayar SPP, membayar biaya hidup, dan lain lain. Jadi tidak ada satu cost terpisah (dari anggaran beasiswanya),” jelasnya.

Komponen Beasiswa

Shutterstock
Ilustrasi Beasiswa (Shutterstock)

Adapun beasiswa yang diberikan pemerintah melalui program ini antara lain jaminan seperti kebutuhan santri, living allowance, biaya hidup, transportasi keberangkatan dan kepulangan domisili asal ke perguruan tinggi tujuan.

Selain itu, biaya pendidikan, meliputi persiapan studi, pendaftaran, SPP, non SPP seperti buku, tesis, seminar, publikasi, dan jurnal internasional.

Tak hanya itu, beasiswa juga termasuk biaya pendukung, mulai dari visa, paspor, settlement allowance, tunjangan keluarga untuk doktoral, asuransi kesehatan dasar, dan lain lain.

Jadi tunggu apalagi?, bagi kamu yang lulusan pesantren kini tidak perlu bermimpi lagi untuk melanjutkan kuliah Mater ataupun Doktor ke luar negeri. Segera persiapkan diri kamu dan wujudkan impianmu.

Editor: Ayyi Achmad Hidayah

Posting Komentar untuk "Tertarik Daftar Beasiswa LPDP Santri?, Ini yang Akan Kamu Dapatkan"