Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Memperbaiki Horizontal Tv

Seri perbaikan TV (8) : Perbaikan Kerusakan Rangkaian Horizontal TV

Rangkaian horizontal pada TV sistem CRT termasuk juga yang sering rusak. Sekilas ihwal rangkaian horizontal TV telah dijelaskan dalam : Memperbaiki TV, Pengenalan Pendahuluan .

Rangkaian horizontal mencakup : Osilator horizontal, driver horizontal, output horizontal, dan deflection-yoke cuilan horizontal.
Yang paling sering rusak ialah transistor output horizontal beserta beberapa kondensator tegangan tinggi di sekitarnya, dan deflection-yoke cuilan horizontal.
Ketika kerusakan terjadi gejalanya beragam, di antaranya :

 Perbaikan Kerusakan Rangkaian Horizontal TV  Memperbaiki Horizontal TV

1.Gambar berupa segaris cahaya dari atas ke bawah
2.Gambar mengecil, tidak terang dan tampak bergetar/tidak stabil
3.Gambar menyempit antara kiri dan kanannya
4.Gambar gelap, padahal bunyi normal.

Perbaikan kerusakan horizontal TV.
1.Kerusakan pada poin pertama sanggup disebabkan dua hal : Kondensator “passing” yang terpasang seri dengan gulungan yoke telah rusak, atau (yang paling sering) hanya solderannya saja yang “open” (tidak tersolder dengan baik lagi). Kondensator ini berkapasitas antara 220nF sampai 720nF dengan tegangan 160 atau 200V.
Kondensator perlu diperiksa dan ditest, apakah masih baik ataukah sudah rusak. Jika masalahnya hanyalah solderan open, sanggup disolder ulang lagi.

2.Kerusakan pada poin kedua biasanya disebabkan oleh gulungan yoke horizontal telah rusak/terbakar. Jika kadar kerusakannya tidak terlalu parah, gambar masih terlihat namun mengecil serta tidak stabil. Semakin parah kadar kerusakannya maka gambar akan semakin mengecil, tidak terang serta bergetar. Pada kerusakan gulungan yoke yang akut, gambar tidak tampil sama sekali (gelap).
Buka dan cabutlah yoke dari leher CRT, pastikan bahwa gulungannya memang ada yang terbakar menyerupai pada gambar berikut ini :

 Perbaikan Kerusakan Rangkaian Horizontal TV  Memperbaiki Horizontal TV

Gantilah yoke tersebut, namun perlu diperhatikan bahwa penggantian harus dengan model dan tipe yang sama. Setidaknya bentuk, ukuran dan contoh sambungannya identik.

3.Kerusakan pada poin ketiga sering terjadi kalau penggantian yoke kurang sempurna (bukan aslinya). Bisa juga terjadi lantaran penggantian fly-back yang tidak sempurna sama.
Mengatasinya ialah dengan cara menambahkan kondensator dumper, disolderkan di antara kolektor transistor output horizontal dengan emitornya atau ground. Kondensator perhiasan ini sanggup berupa kondensator mika/MKT/keramik 102, 152, 222,332 atau 472 dengan tegangan 1,6kV atau 2kV.
Coba-cobalah, berapakah nilai yang seharusnya dipasang semoga tampilan layar menjadi penuh ke samping. Semakin dibesarkan kondensatornya, akan semakin bertambah pelebaran gambarnya.

 Perbaikan Kerusakan Rangkaian Horizontal TV  Memperbaiki Horizontal TV

Kemungkinan lainnya ialah kondensator dumper yang sudah ada di rangkaian ada yang rusak. Cobalah ganti kondensator-kondensator itu dan lihat hasilnya.

4.Kerusakan pada poin keempat bantu-membantu sanggup disebabkan oleh banyak hal, namun salah satunya ialah lantaran kerusakan gulungan yoke horizontal yang akut (terbakar). Langkah investigasi dan cara mengatasinya telah dijelaskan pada kerusakan poin kedua.
Kemungkinan lainnya ialah rusaknya transistor output horizontal. Cabut dan cek transistor tersebut, apakah masih baik ataukah sudah rusak. Bocoran kolektor-emitor sedikit saja akan sanggup menjadikan transistor output horizontal tidak mau bekerja.

Happy repairing!

Tulisan sebelumnya : Memperbaiki vertikal TV .

Posting Komentar untuk "Memperbaiki Horizontal Tv"