Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ini Keuntungan Membayar Cicilan Sepeda Motor Tepat Waktu

Disiplin itu banyak manfaatnya. Lihat tuh orang-orang Jepang yang terkenal dengan kedisiplinan tingkat tinggi. Negaranya maju, masyarakat makmur.

Sayang, Indonesia belum bisa sehebat Jepang. Padahal Negeri Sakura itu hancur-lebur dibom sekutu waktu Perang Dunia II. Mungkin karena kedisiplinan negara itu bisa maju pesat.

Kita sebagai orang Indonesia bisa mengikuti teladan dari Jepang itu. Mulai dari hal yang sederhana dulu, seperti masuk kerja tepat waktu.

Hal yang penting dan mendatangkan risiko apalagi. Contohnya membayar cicilan sepeda motor. Jika sekali saja telat bayar, bisa-bisa datang tukang tagih alias debt collector dari leasing.

Belum lagi jika pembayaran molor terus. Mau gitu kejebak di jurang utang yang dalam? Cicilan kan utang, jadi wajib kita bayar.

cicilan sepeda motor

Pas utang numpuk dan bingung harus gimana ngelunasinnya, baru deh mewek sambil tempel koyo sakit kepala

[Baca: Ini 5 Bukti Bahaya Memiliki Utang]

Toh, jika disiplin bayar cicilan kita bisa mereguk manfaat yang tak sedikit. Berikut ini keuntungan membayar cicilan sepeda motor tepat waktu:

1. Mudah mengajukan kredit lagi

Jaga nama baikmu di leasing. Siapa tahu besok-besok mau kredit motor lagi. Salah satu caranya, bayar cicilan tepat waktu.

Kalau rutin bayar cicilan tanpa melewati batas waktu, kita bakal dianggap sebagai konsumen yang patuh aturan. Jika mengajukan permohonan kredit lagi, prosesnya gak akan selama proses kredit yang pertama.

Beri tahukan saja nomor pelanggan saat kredit motor sebelumnya. Petugas leasing akan mengecek pembayaran kita. Kalau terbukti lancar jaya, proses kredit motor kedua ini akan lebih gampang.

2. Gak masuk blacklist leasing maupun BI

Bank Indonesia (BI) punya daftar berisi nasabah bank maupun leasing yang bermasalah dalam pembayaran kredit. Misalnya telat bayar cicilan, juga yang nunggak lama.

cicilan sepeda motor

Pilih mana, masuk daftar blacklist BI atau daftar orang yang menangin hadiah voucher belanja hehehe 

Sekali masuk blacklist ini, susah bagi kita untuk dapat pinjaman dari lembaga keuangan. Soalnya kita udah dianggap gak potensial sebagai nasabah.

Wong dulu aja nunggak cicilan, pasti sekarang gitu lagi. Begitu mungkin cara berpikir lembaga yang kita mintai pinjaman.

Selain itu, leasing juga bakal masukin kita ke daftar konsumen bermasalah mereka. Jadi, jangan harap pas mau kredit motor lagi bakal dipermudah. Mungkin malah bisa ditolak mentah-mentah.

3. Nggak kena denda yang bisa bikin boncos

Jangan sampai kena denda yang akumulasinya melebihi utang pokok. Utang Rp 10 juta, misalnya, eh, kena denda total Rp 11 juta. Rugi meeen.

Sekali bayar cicilan telat pasti kena denda dari leasing. Kalau telat terus-terusan, ya kena denda terus. Bahkan telat satu-dua hari juga kita udah kena denda, lho.

4. Nggak dikejar kolektor

Buat kita-kita yang mengkredit motor, debt collector adalah mimpi buruk. Pernah gak di jalan lihat orang-orang bawa handphone communicator sambil lihat pelat motor yang lewat.

cicilan sepeda motor

Lagi enak-enak boncengan naik motor sama yayang eh dicegat debt collector, hiy serem deh! 

Mata mereka awas mengecek satu per satu motor. Tujuannya, mencari motor kredit yang angsurannya bermasalah. Kalau udah nemu, weeerrr, langsung dikejar motor itu.

Kalau ditanya baik-baik sih gak jadi masalah. Tapi biasanya mata elang itu langsung main rebut kunci kontak. Pas dilawan, malah mereka main kekerasan. Padahal praktek debt collector itu gak sesuai dengan hukum.

[Baca: Ini Aturan Kredit Kendaraan Bermotor yang Jarang Diketahui]

Peristiwa kayak gitu gak akan kita alami kalau disiplin membayar cicilan sepeda motor tepat waktu. Tapi silakan sih kalau mau iseng “ngobrol” sama mereka di jalan dengan cara lelet bayar cicilan. Hehehehe

Empat keuntungan membayar cicilan sepeda motor tepat waktu di atas sudah cukup menjadi alasan kita buat mendisiplinkan diri. Membayar cicilan tepat waktu ini juga bisa membuat keuangan kita terjaga.

Makanya sebelum memutuskan kredit sepeda motor harus bikin rencana dulu. Lihat kemampuan keuangan, kira-kira berapa banyak cicilan yang bisa diambil.

cicilan sepeda motor

Kalau dompet isinya cuma recehan paling cukup buat beli kue cubit sama gorengan nih bro!

Jika memungkinkan, perbesar down payment alias DP. Jadi, jumlah cicilan per bulan bisa dibuat seminim mungkin.

Memang, kredit sepeda motor di zaman sekarang itu gampang bukan main. Tapi gak jadi keren kalau kita main comot motor lalu malah terbelit utang segunung.

[Baca: Yang Kamu Musti Ketahui tentang Kredit Sepeda Motor]

Image Credit:

  • https://i.ytimg.com/vi/KsjQYX5_Hng/maxresdefault.jpg
  • http://www.bukitbaruga.com/wp-content/uploads/Blacklist-BI.jpg
  • http://assets-a2.kompasiana.com/statics/files/14248859401852841826.jpg?t=o&v=760
  • https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEj3dPQagfssLM5vlTUN64baZqAYrwkaMP6yqv2NXxmmjCBVgwAj70USK6O1tD9CGsd_tRhs3C83SJVSnjhMYTJTPoSsNPttkmskHLGzO2R-GJFMcKgp6GYdboJAmlIuPQ60eMVT68C4e7Q/s1600/rupiah.jpg

Posting Komentar untuk "Ini Keuntungan Membayar Cicilan Sepeda Motor Tepat Waktu"