Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mitos dan Fakta Tentang Uang dalam Hidup, Kamu Percaya yang Mana Nih?

Uang menjadi komponen penting dalam kehidupan manusia. Tanpa uang, manusia tidak akan bisa bertahan hidup, pasalnya mereka membutuhkan uang sebagai alat pembayaran sehari-hari.

Kamu juga pasti merasa demikian, bukan? Dengan memiliki uang, kamu bisa memiliki apapun yang diinginkan. Kamu bisa membeli kendaraan, rumah, bahkan pergi keliling dunia jika memiliki uang.

Itu yang menjadi alasan setiap orang bekerja keras demi mendapatkan uang. Bahkan diantara mereka juga kerja keras pagi hingga malam demi mendapatkan status finansial yang baik. Banyak pula dari mereka yang sangat terobsesi pada uang sehingga membentuk target finansial yang cukup tinggi.

Kamu juga pasti pernah mendengar, pernyataan atau ungkapan yang ada di tengah masyarakat soal uang. Hal itu bisa menjadi mitos atau fakta, malah gak benar-benar terjadi lho. Nah apa aja sih mitos dan fakta tentang uang? Yuk disimak dan pelajari realita sesungguhnya tentang uang.

Mitos 1: Harus bisa matematika untuk mengelola uang

Ilmu matematika (Shutterstock).

Ilmu matematika memang perlu kamu pahami dalam mengelola keuangan. Akan tetapi untuk mengelola uang dengan baik kamu gak perlu memiliki kemampuan matematika yang tinggi.

Saat ini kamu bisa terbantu dengan adanya aplikasi yang dapat mengelola keuangan dengan mudah. Gak usah kamu susah-susah belajar matematika setinggi apapun, toh kalau bisa dipelajari lewat ponsel, kenapa enggak? Bahkan, kamu bisa memonitornya setiap saat. Cukup mudah bukan?

Mitos 2: Cari uang sebanyak-banyaknya untuk merdeka secara finansial

Merdeka secara finansial.

Faktanya, orang yang memiliki uang banyak hingga ratusan miliar tentu memiliki masalah keuangan yang gak kamu ketahui. Terlebih jika mereka memiliki kenaikan penghasilan tetapi gaya hidupnya selangit, pasti memiliki masalah dalam mengatur keuangan. Sebanyak apapun uang yang mereka miliki, pasti akan habis begitu saja jika tidak diatur dengan benar.

Itu juga berlaku di kamu. Jika gak bisa mengatur setiap penghasilan yang didapat, terlebih juga enggan menabung, sudah pasti kamu memiliki masalah finansial. Hal yang penting kamu ketahui adalah bagaimana mengatur keuangan dengan tepat.

Buat perencanaan setiap bulan, apa saja yang ingin kamu beli dan berapa yang akan ditabung. Dengan begini, kamu pasti bisa mendapatkan kemerdekaan secara finansial.

Mitos 3: Tidak bisa beli rumah dan mobil tanpa kredit

Untuk membeli rumah dan kendaraan, seseorang harus memiliki uang yang banyak.

Untuk membeli rumah dan kendaraan, seseorang harus memiliki uang yang banyak. Karena dua hal itu bukan barang murah dan bernilai rendah. Keduanya memiliki harga di atas ratusan juta lho. Oleh karenanya banyak orang mengambil kredit untuk mendapatkan dua hal tersebut.

Tetapi, kamu sebetulnya bisa kok membeli tanpa kredit. Dengan catatan, kamu memiliki tabungan sebelumnya. Kamu harus disiplin menabung setiap bulan, berhemat, gak memiliki banyak pengeluaran pasti bisa membeli kedua hal itu secara tunai.

Cara kedua bisa dilakukan dengan menginvestasikan sebagian pendapatan sehingga keuntungan dari investasi tersebut dapat memenuhi kebutuhan dana untuk membeli mobil atau rumah.

Mitos 4: Investasi hanya untuk orang kaya

Ibu rumah tangga bisa mencoba reksa dana. (Shutterstock)
Ibu rumah tangga bisa mencoba reksa dana. (Shutterstock)

Kata siapa investasi hanya dilakukan untuk orang kaya? Gak juga kok. Zaman sekarang setiap orang bisa berinvestasi dengan pelbagai pilihan. Investasi hanya untuk orang kaya hanyalah mitos belaka. Investasi saat ini juga gak harus dalam jumlah besar seperti membeli saham atau properti.

Kamu bisa memulai saham dengan reksadana dengan nominal seminimal mungkin. Sudah banyak jenis investasi dengan pelbagai pilihan bujet seperti emas, deposito dan sebagainya.

Mitos 5: Tak perlu menabung, kebutuhan terdesak aman dengan kartu kredit

Tarik tunai dari kartu kredit.

Duh, kamu salah besar kalau mengandalkan kebutuhan darurat dengan kartu kredit. Faktanya kamu tetap harus memiliki simpanan atau dana darurat untuk kemudian hari. Karena gak bakalan ada yang tahu apa yang terjadi di kemudian hari kan? Apalagi yang namanya musibah itu bisa datang kapan saja dan dimana saja.

Kebutuhan mendesak yang kamu pikir mungkin masih sebatas perbaikan rumah, berobat jika sakit, atau memperbaiki kendaraan. Tetapi bagaimana jika di kemudian hari nasib buruk menghampiri kariermu? Kamu dipecat! Disaat itu kamu pasti memerlukan dana untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari sampai mendapatkan pekerjaan baru bukan?

Mitos 6: Kalap membeli barang saat diskon untuk mendapat harga terbaik

Belanja saat diskon

Fakta yang seringkali terjadi di lapangan ketika kamu membeli barang saat diskon, adalah produk tersebut ternyata gak lagi kamu butuhkan. Sehingga banyak orang, atau termasuk kamu membeli barang diskon berdasarkan keinginan dan bukan kebutuhan.

Menahan diri untuk tidak membeli barang sale adalah cara paling baik. Dengan demikian, kamu gak perlu menghamburkan uang untuk barang-barang yang tidak penting sama sekali.

Enam hal diatas merupakan mitos yang seringkali kamu dengar dari orang-orang, atau bahkan salah satunya sedang diterapkan? Biar bagaimanapun juga, memiliki perencanaan yang baik dalam keuangan itu penting.

Kamu juga harus menyimpan uangmu dengan benar seperti ikut investasi, atau memiliki dana darurat. Jika kamu sudah memiliki keluarga, wajib kiranya untuk ikut asuransi wajib ini. (Editor: Winda Destiana Putri).

Posting Komentar untuk "Mitos dan Fakta Tentang Uang dalam Hidup, Kamu Percaya yang Mana Nih?"