Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Yuk, Ketahui Jenis-Jenis Infrared Yang Paling Umum Ini!

Jika Anda melihat perkembangan sekarang, hampir semua hal sanggup ditemukan di smartphone, baik dalam bentuk aplikasi maupun dalam bentuk hardware. Dalam bentuk aplikasi misalnya, tersedia aplikasi catatan keuangan yang lebih simpel atau isu soal lainnya.


Dari segi hardware, smartphone juga menyediakan banyak sekali fitur pendukung kehidupan ibarat NFC untuk mengecek saldo, kamera untuk foto-foto, maupun infrared atau dalam bahasa Indonesia disebut sebagai inframerah. Untuk apa infrared ini? Apakah semua HP mempunyai fitur ini?


Tidak semua smartphone atau HP memang mempunyai fitur ini tetapi tidak sedikit juga HP yang memperlihatkan fitur infrared. Pasalnya, kehadiran fitur infrared di HP sanggup jadi sangat bermanfaat. Coba Anda ingat dulu saat kala HP yang sering disebut sebagai featured phone banyak yang memperlihatkan fitur infrared alasannya memang fiturnya berguna.


Di kala HP pintar, tidak semua HP mempunyai fitur ini. Anggapannya alasannya infrared dulu dipakai untuk transfer data antar ponsel. Sekarang sudah banyak pengantar transfer yang lebih baik ibarat Bluetooth, NFC, dan lainnya. Namun, sekali lagi masih banyak orang, barangkali termasuk Anda yang masih butuh Infrared. Lantas, apa bergotong-royong Infrared?


Pengertian dan Fungsi Infrared


 hampir semua hal sanggup ditemukan di smartphone Yuk, Ketahui Jenis-jenis Infrared yang Paling Umum Ini!


Adalah William Herschell, seorang astronom Inggris yang pertama kali menemukan Infrared saat ia sedang mencari materi untuk penyaring optik. Ia menemukan sebuah radiasi warna yang tampak merah, alasannya itu namanya disebut sebagai infrared alias infra merah. Penamaan infrared sendiri berasal dari bahasa Latin, yakni Infra yang berarti bawah.


Radiasi yang ditemukan oleh William Herschell ini merupakan sebuah radiasi elektromagnetik yang mempunyai panjang gelombang yang terlihat lebih pendek dari gelombang radio dan lebih dari panjang dari cahaya yang terlihat. Panjang gelombangnya antara 700 nm dan 1 mm.


Adanya gelombang infrared ini tidak terlepas dari sumbernya. Sumber dari infrared yaitu sinar matahari langsung. Di dalam sinar matahari ini terdapat 93 lumens per watt flux radian yang mempunyai tiga gelombang cahaya. Yang pertama yaitu cahaya ultra violet sebesar 6%, kemudian ada cahaya tampak sebesar 46%, dan inframerah sebesar 47%.


Tidak hanya dari sinar matahari, sumber inframerah juga sanggup didapatkan dari cahaya lainnya ibarat cahaya api atau pantulan jalan aspal yang terkena panas. Radiator kendaraan juga ternyata sanggup menghasilkan infrared.


Di dunia teknologi, infrared berfungsi sebagai transfer data atau sebagai penghubung antar dua perangkat (remote). Namun infrared bergotong-royong mempunyai fungsi lebih dari itu. Ada banyak fungsi dari infrared ibarat contohnya berikut ini.



  • Di bidang kesehatan


Infrared sanggup berfungsi untuk memicu molekur air di dalam tubuh semoga aktif. Sifatnya yang mempunyai getaran sanggup menciptakan molekur air pecah dan menghasilkan cairan untuk tubuh. Infrared juga sanggup dipakai untuk meningkatkan metabolisme dan meningkatkan Ph di dalam tubuh.


Alat-alat kesehatan umumnya memanfaatkan infrared untuk menyelidiki kondisi tubuh seseorang. Paling sederhana yaitu menyelidiki kondisi tubuh. Misalnya, jikalau Anda demam atau meriang, Anda sanggup menggunakan alat temperature scanner yang kemudian arahkan ke tubuh Anda untuk menyelidiki panas di tubuh Anda.



  • Di bidang industri


Di bidang industri, ada lampu yang memanfaatkan infrared. Lampu ini yaitu lampu yang kawat pijarnya mempunyai suhu di atas ±2500°K. Karena suhu yang tinggi tersebut, besar lengan berkuasa pada sinar inframerah yang lebih banyak dipancarkan daripada lampu pijar biasa. Umumnya, lampu merah ini dipakai untuk kebutuhan pemanasan di banyak sekali bidang industri.



  • Di bidang kedokteran


Infrared sanggup dimanfaatkan sebagai alat untuk mendiagnosis medis dengan teknologi Near-infrared spectroscopy atau NIRS.  Teknologi ini memungkinkan infrared mengukur kadar oksigen dan gula darah dalam tubuh. 



  • Di bidang keruangan


Infrared sanggup dimanfaatkan untuk memancarkan sinar infrared dari suatu kawasan atau objek. Tujuannya semoga sanggup mendapat foto infrared yang sanggup dijadikan patokan dalam mengukur pancanaran panas di suatu kawasan dalam objek tersebut.

Ada banyak bidang lain juga yang terbantu dengan infrared. Namun, yang paling memberi imbas besar yaitu dunia teknologi dan komunikasi. Selain untuk mentransfer data, infrared juga sanggup dimanfaatkan untuk kamera tembus pandang. Kamera di ponsel pun banyak yang memanfaatkan fitur ini.


Selain itu, infrared juga sanggup dimanfaatkan sebagai pembaca wajah atau IR scanner ibarat halnya yang dilakukan Asus di Asus Zenbook UX333FA.


Jenis-jenis Infrared


 hampir semua hal sanggup ditemukan di smartphone Yuk, Ketahui Jenis-jenis Infrared yang Paling Umum Ini!


Infrared tidak mempunyai jenis atau kategori menurut alat alasannya banyak alat yang memang memanfaatkan Infrared. Namun, Infrared sanggup dikategorikan jenisnya menurut jarak cahayanya. Apa sajakah jenis-jenis infrared tersebut? Berikut penjelasannya.


1. Infrared Jarak Dekat


Jenis pertama yaitu infrared jarak dekat. Disebut jarak akrab alasannya infrared ini mempunyai panjang gelombang 0.75 µm hingga 1.5 µm. Contoh alat yang memanfaatkan infrared jarak akrab yaitu Nightscoop yakni alat untuk mencitrakan pandangan pada malam hari.


2. Infrared Jarak Menengah


Jenis kedua yaitu infrared jarak menengah. Jenis infrared ini mempunyai panjang gelombang lebih dari 1.5 µm. Kisaran angka panjang gelombangnya yaitu 1.5 µm hingga 10 µm. Contoh alat yang memanfaatkan infrared jarak menengah yaitu sensor alarm.


3. Infrared Jarak Jauh


Jenis infrared ketiga yaitu infrared jarak jauh. Jenis infrared ini mempunyai panjang gelombang 10 µm hingga 100 µm. Jenis alat yang memanfaatkan infrared jarak jauh yaitu beberapa alat kesehatan.


Karakteristik Infrared


 hampir semua hal sanggup ditemukan di smartphone Yuk, Ketahui Jenis-jenis Infrared yang Paling Umum Ini!


 


Berdasarkan klarifikasi soal pengertian, fungsi, dan jenis-jenis infrared, sanggup disimpulkan kalau infrared ini mempunyai karakteristik khusus. Karakteristik pertama yaitu cahayanya yang tidak sanggup dilihat oleh mata manusia. Karakteristik kedua, sinar infrared ternyata tidak sanggup menembus objek yang tidak tembus pandang.


Karakteristik lainnya dari infrared yaitu sumber cahayanya yang sanggup didapatkan dari panas. Dan yang paling penting, infrared mempunyai panjang gelombang yang terbalik dengan suhu. Ketika suhu turun, maka panjang gelombang infrared akan naik dan saat suhu naik, panjang gelombang infrared. Satu karakteristik lainnya dari inframerah yaitu berpotensi diinterfensi oleh cahaya matahari.


Infrared di HP, Penting atau Tidak?


 hampir semua hal sanggup ditemukan di smartphone Yuk, Ketahui Jenis-jenis Infrared yang Paling Umum Ini!

* sumber: www.flickr.com


Setelah mendapat klarifikasi soal infrared, pertanyaan selanjutnya yaitu apakah infrared ini yaitu fitur yang harus ada atau penting sekali untuk ada di sebuah HP? Pertanyaan ini mengemuka alasannya kini sudah banyak produsen HP yang tidak mengatakan fitur infrared. Hanya Xiaomi, yang cukup konsisten menghadirkan fitur infrared di HP buatan mereka, meskipun ada juga produknya yang tidak mempunyai fitur ini.


Sebenarnya fitur infrared dihilangkan tidak terlalu duduk masalah bagi penulis secara pribadi. Pasalnya, di dunia teknologi, teknologi infrared hanya sedikit fungsinya. Fungsi sebagai konektivitas antar perangkat pun sudah tidak layak alasannya sudah tergantikan dengan fitur lain. Satu-satunya fitur infrared yang berkhasiat yaitu sebagai pengganti remote saat remote TV atau AC hilang.


Nah, sesudah tahu fungsi dan banyak sekali klarifikasi soal infrared, apakah Anda masih mencari HP dengan infrared atau tidaknya infrared juga tidak masalah? Bagi sebagian orang, fitur infrared mungkin bermanfaat tetapi sekali lagi untuk penulis secara pribadi, fitur infrared di sebuah ponsel sudah kurang relevan.


Posting Komentar untuk "Yuk, Ketahui Jenis-Jenis Infrared Yang Paling Umum Ini!"