Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Inilah Jenis-Jenis Sim Card Hp Yang Perlu Kau Tahu!

Jika kau perhatikan, HP zaman kini ini lebih banyak membutuhkan perangkat yang serba kecil. Cek saja HP yang kau gunakan, niscaya kau bakal melihat kalau tren sekarang, HP itu harus ramping dengan tujuan biar lebih mudah digunakan. Hal inilah yang kemudian kuat pada banyaknya pemakaian baterai tanam.


Bukan hanya baterai yang terjadi perubahan, slot untuk SIM pun kini berubah. Kalau yang satu ini memang ada standarnya sendiri tetapi coba kau bandingkan kartu SIM zaman kini dengan dulu. Dulu kartu SIM lebih panjang dan biasanya harus masuk lewat bab baterai.


Sekarang, kartu SIM ternyata mempunyai ukuran yang lebih kecil dan untuk memasukannya harus melalui SIM tray yang harus dikeluarkan oleh alat berjulukan SIM ejector.


Kartu SIM sendiri memang mengalami banyak perubahan. Perubahannya berbanding terbalik dengan HP. Jika HP dulunya mempunyai ukuran yang kecil dan kini trennya besar dan memanjang, kartu SIM justru sebaliknya, dari bentuknya yang besar kini semakin mengecil saja. Karena perubahan ini, kartu SIM mempunyai banyak sekali jenisnya yang bakal dijelaskan berikut ini.


1. Full-Sized SIM Card


 HP zaman kini ini lebih banyak membutuhkan perangkat yang serba kecil Inilah Jenis-jenis SIM Card HP yang Perlu Kamu Tahu!


Kartu SIM pertama ialah Full-size card. kartu ini mempunyai arahan 1FF. Ini ialah kartu SIM HP pertama yang hadir di dunia. Kartu ini hadir pertama kali pada tahun 1991. Bentuk kartunya masih panjang dengan panjang dan lebar yang ibarat ukuran kartu ATM atau KTP.


Panjang kartu SIM generasi pertama ini ialah 85,60 mm dengan lebar 53,98 mm. Sementara untuk ketebalan, kartu ini mempunyai ketebalan 0,76 mm.  Nokia 2010 dan Motorola 8200 ialah dua tipe HP yang mendukung kartu SIM tipe ini.


2. Mini SIM Card


 HP zaman kini ini lebih banyak membutuhkan perangkat yang serba kecil Inilah Jenis-jenis SIM Card HP yang Perlu Kamu Tahu!

* sumber: commons.wikimedia.org


SIM Card generasi kedua ialah Mini SIM Card. Kartu SIM  dengan arahan 2FF ini ialah jenis kartu SIM yang umum digunakan di ponsel masa tahun 2000-an,  masa ketika banyak orang mulai menggunakan HP. Karena itu, orang di Indonesia lebih familiar dengan tipe kartu SIM ini. Pasalnya, pada masa tersebut, kartu SIM yang dijual ialah tipe 2FF ini.


Sampai tahun 2015-an, kartu SIM yang diperkenalkan pertama kali pada 1996 ini masih banyak dijual. Jika kau beli kartu perdana pada masa itu, maka kau akan mendapat kartu SIM jenis ini. Kartu SIM generasi kedua ini sendiri mempunyai panjang 25,00 mm dengan lebar 15,00 mm. Sementara ketebalannya mencapai 0,76 mm.


3. Micro SIM Card


 HP zaman kini ini lebih banyak membutuhkan perangkat yang serba kecil Inilah Jenis-jenis SIM Card HP yang Perlu Kamu Tahu!

* sumber: commons.wikimedia.org


SIM Card generasi ketiga ialah Micro SIM Card. Kartu SIM yang pertama kali diperkenalkan pada 2003 ini hadir dengan panjang 15,00 mm dengan lebar 12,00 mm. Sementara ketebalannya mencapai 0,76 mm. Kartu SIM dengan arahan 3FF ini sendiri mulai banyak digunakan di Indonesia, ketika Indonesia berada pada masa peralihan jaringan seluler 3G ke 4G.


Ketika itu, banyak HP yang sudah menyediakan slot micro SIM Card. Kamu yang ketika itu menggunakan kartu SIM yang diperkenalkan ke publik tahun 2003 ini, biasanya diminta melaksanakan pergantian kartu ke operator SIM yang digunakan.


4. Nano SIM Card


 HP zaman kini ini lebih banyak membutuhkan perangkat yang serba kecil Inilah Jenis-jenis SIM Card HP yang Perlu Kamu Tahu!

* sumber: pixabay.com


Nano SIM Card ialah generasi keempat kartu SIM di HP. Kode kartu SIM ini ialah 4FF dan pertama kali diperkenalkan pada tahun 2012. Namun, vendor ponsel gres menghadirkan HP dengan slot nano SIM card ini pada 2017-an, setidaknya untuk Indonesia. Jaraknya memang cukup berdekatan dengan kehadiran micro-SIM.


Nano SIM Card sendiri kini hadir dengan ukuran sedikit lebih tipis yakni 0,767 mm. Sementara untuk panjangnya, kartu SIM ini mempunyai panjang 12,30 mm dengan lebar 8,80 mm. Nano SIM Card inilah yang kini yang banyak digunakan dan banyak produsen HP yang menyediakan HP dengan tipe Nano SIM tray.


Oh yah, untuk membandingkan ukuran kartu SIM tiap generasi, kau sanggup cek gambar berikut ini.


 HP zaman kini ini lebih banyak membutuhkan perangkat yang serba kecil Inilah Jenis-jenis SIM Card HP yang Perlu Kamu Tahu!


Di gambar tersebut terlihat perbandingan ukuran kartu SIM dari yang besar (full size) hingga ke ukuran Nano SIM Card. Nah, coba sekarang coba cek saja kartu SIM milik kamu, kalau kau menggunakan HP zaman sekaang, ukurannya niscaya ialah nano SIM card.  HP tipe terbaru pun umumnya menghadirkan slot Nano SIM Card dan sudah meninggalkan SIM card generasi ketiga.


5. Combi SIM


 HP zaman kini ini lebih banyak membutuhkan perangkat yang serba kecil Inilah Jenis-jenis SIM Card HP yang Perlu Kamu Tahu!

*sumber: https://www.youtube.com/watch?v=Oh9JySER3rA


Tipe kartu SIM ini bukan masuk generasi penerus dari SIM Card. Combi SIM hanyalah modifikasi kartu SIM mikro yang terdapat pada kartu SIM ukuran standar. Combi SIM ini hanyalah salah satu cara untuk memudahkan penggunanya jikalau berganti ponsel.


Tipe kartu SIM ini cukup ramai ketika masa peralihan kartu SIM standar ke kartu SIM micro. Jadi, ketika HP yang Anda miliki ialah slot standar, kemudian Anda membeli HP gres dengan tipe slot SIM micro, Anda tidak perlu berganti kartu. Cukup lepaskan bab SIM micro dari ukuran kartu SIM standar.


6. Embedded-SIM


 HP zaman kini ini lebih banyak membutuhkan perangkat yang serba kecil Inilah Jenis-jenis SIM Card HP yang Perlu Kamu Tahu!

* sumber: www.4g.co.uk


Kartu SIM generasi kelima ialah eSIM atau Embedded-SIM. Lebih panjangnya, eSIM itu berarti embedded universal integrated circuit card (eUICC). Sederhannya, SIM ini tidak berbentuk kartu tetapi berupa sirkuit yang tertanam pribadi di dalam perangkat mobile atau perangkat apapun yang nantinya sanggup menggunakan jaringan seluler dari eSIM.


Kartu SIM ini bakal jadi solusi untuk ketergantungan pada kartu. Kelebihannya kartu SIM ini sanggup meningkatkan keamanan perangkat dan identitas nomor telepon penggunanya. Sifatnya yang tertanam di perangkat memungkinkan kau lebih gampang mengganti operator.


Yah, eSIM ini ternyata tidak serumit yang dibayangkan. Ternyata eSIM memungkinkan kau untuk berganti operator dengan gampang tanpa mencabut atau membuang eSIM yang tertanam di perangkat. Selain itu, registrasi kartu SIM ini bsia dilakukan dengan jarak jauh. Makara kedepan, tidak akan ada dongeng lagi untuk pasang kartu SIM harus ke outlet atau ke galeri operator.


Embedded-SIM (eSIM) sendiri mempunyai ukuran yang sangat kecil. Namun masih tetap sanggup diukur. Panjang eSIM ini ialah 6 mm dengan lebar 5 mm. Sementara ketebalan dari eSIm kuran dari 1 mm. Standar untuk eSIM ini sendiri berasal dari banyak acuan standar ibarat JEDEC Design Guide 4.8, SON-8 ETSI TS 103 383 V12.0.0 GSMA SGP.22 V1.0.


Saat artikel ini dibuat, belum banyak vendor yang menghadirkan ponsel dengan derma eSIM. Hanya ada beberapa perangkat yang sudah mendukung eSIM yakni Google Pixel ,  iPhone XS, dan iPhone XR.


Beberapa tahun dari tahun 2019, barangkali eSIM bakal populer. Hal ini didasari oleh pergantian kartu SIM generasi sebelumnya yang dari perkenalan produk pertama kali hingga digunakan oleh vendor membutuhkan waktu beberapa tahun.


Namun, sanggup jadi eSIM lebih cepat populer, terlebih eSIM ini bakal turut serta mendukung dunia menghadapi industri 4.0, salah satu yang bakal terjadi dan terkenal di industri ini ialah peralatan rumah yang sanggup terhubung dengan internet lewat IoT (Internet-of-Thing)


Setelah membaca artikel ini, apakah kau jadi paham perbedaan tiap kartu SIM? Semoga jadi paham dan lebih gampang mengenal yah. Hal ini penting alasannya kini kau sanggup memperhatikan tipe kartu SIM dikala akan membeli sebuah HP.


Memang kini kartu perdana umumnya menggunakan sistem Combi SIM yang bakal memudahkan kau untuk memasang kartu di banyak sekali slot SIM Card, tapi tentu tidak ada salahnya untuk mengecek gosip slot SIM yang didukung sebuah HP yang akan kau beli bukan?


Posting Komentar untuk "Inilah Jenis-Jenis Sim Card Hp Yang Perlu Kau Tahu!"