Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Inilah Jenis-Jenis Pelindung Layar Hp Zaman Sekarang!

Layar di smartphone ialah bab yang vital. Fungsinya tidak sekadar menampilkan tampilan sistem tetapi layar di HP zaman kini berfungsi sebagai navigasi dan pemberi info banyak sekali hal. Layar inilah yang jadi penentu apakah info yang ditampilkan terlihat terang atau tidak.


Selain itu, layar juga jadi bab smartphone yang cukup rentan. Pasalnya, layar ialah bab ponsel yang simpel retak. Sering kan, melihat ponsel yang rusak umumnya ada bab layar yang retak alasannya ialah jatuh atau alasannya ialah hal lainnya.


Meskipun ketika bab layar retak, ada ponsel yang masih berjalan dengan baik ada yang tidak. Hal ini juga tergantung dari tipe layar HP ibarat apa yang digunakan. Ada ponsel yang memisahkan bab layar sentuh dengan beling layar, ada yang menyatukan layar dengan navigasi layar sentuhnya.


Tentu saja juga ada produsen yang memanjakan pengguna dengan menerapkan pelindung di bab layar. Pelindung di bab layar ini tujuannya untuk mengurangi munculnya retak atau gesekan karena human error.


Pelindung layar sendiri ada banyak sekali macam jenisnya. Ada tipe pelindung yang baik terhadap gesekan ada yang benar-benar bisa tahan terhadap goresan. Perlu dicatat juga tidak semua ponsel mempunyai pelindung layar. Hal ini dilakukan supaya produsen bisa lebih menghemat biayar produksi ponsel.


Lantas, apa saja jenis-jenis pelindung layar HP? Ada banyak sekali macam jenis pelindung layar HP yang dipasang di pasaran dan daftarnya bisa disimak berikut ini.


1. Oleophobic Coating


Layar di smartphone ialah bab yang vital Inilah Jenis-jenis Pelindung Layar HP Zaman Sekarang!

* sumber: www.ifixit.com


Oleophobic Coating ialah tipe pelindung layar yang bisa melindungi layar dari banyak sekali gesekan kecil. Ponsel yang mempunyai pelindung layar ini umumnya sanggup melindungi layar ponsel dari kotoran atau bekas sidik jari.


Oleophobic Coating tidak hanya melindungi layar tetapi juga menciptakan tampilan layar menjadi lebih mengkilap. Yang harus diingat, ponsel yang mempunyai pelindung Oleophobic Coating dihentikan dibersihkan dengan zat kimia. Hal ini alasannya ialah lapisan pelindung ini tidak akan bertahan selamanya. Seiring waktu, lapisan ini akan memudar. Karena itu, ponsel dengan pelindung perlu perawatan dengan cara membersihkan menggunakan air.


2. Scratch-Resistant Glass


Layar di smartphone ialah bab yang vital Inilah Jenis-jenis Pelindung Layar HP Zaman Sekarang!

* sumber: b2bnewz.com


Pelindung layar ponsel lainnya ialah Scratch Resistant Glass. Pelindung ini ialah tipe pelindung layar ringan. Pasalnya, HP dengan pelindung ini hanya bisa bertahan dari gesekan kecil saja. Terlebih alasannya ialah pelindung layar ini hanya melindungi bab permukaan saja. Karena itu, ponsel dengan pelindung layar ini perlu menggunakan pelindung layar embel-embel ibarat tempered glass. 


3. Corning Concore Glass


Layar di smartphone ialah bab yang vital Inilah Jenis-jenis Pelindung Layar HP Zaman Sekarang!


Concore Glass ialah pelindung layar dari perusahaan berjulukan Corning. Pelindung layar ini mempunyai teknologi OGS (One Glass Solution). Teknologi ini menyatukan pelindung layar dan bab layar sentuh menjadi satu dan pribadi terintegrasi dengan layar utama.


Hal ini menciptakan layar tidak mempunyai banyak lapisan sehingga menciptakan bodi HP lebih tipis. Dengan teknologi ini, layar HP juga mempunyai kemampuan bertahan terhadap goresan. Selain itu, penggunaan OGS menciptakan tampilan layar HP lebih baik dan mempunyai warna yang lebih kaya. Sayangnya, jarang sekali produsen ponsel menggunakan teknologi alasannya ialah ongkos produksinya yang mahal.


4. Sapphire Glass


Layar di smartphone ialah bab yang vital Inilah Jenis-jenis Pelindung Layar HP Zaman Sekarang!

* sumber: www.engadget.com


Saphire dianggap sebagai materi yang berpengaruh untuk melindungi ponsel. Hal ini pernah dilakukan Apple ketika menerapkan sapphire sebagai pelindung lensa kamera di iPhone. Produsen pun kemudian menerapkan hal serupa dengan memakaikan pelindung Sapphire di bab layar.


Sayangnya, pelindung Sapphire ini tidak banyak digunakan. Padahal Sapphire dianggap sebagai materi yang berpengaruh sehabis berlian. Namun, pada prakteknya, pelindung layar dari Sapphire tidaklah terlalu kuat-kuat amat sehingga banyak produsen ponsel yang meninggalkan teknologi pelindung ini.


5. Dragontail Glass


Layar di smartphone ialah bab yang vital Inilah Jenis-jenis Pelindung Layar HP Zaman Sekarang!


Dragontail Glass ialah pelindung layar yang dibentuk oleh perusahaan Asahi glass. Pelindung layar ini bisa menciptakan ponsel menahan gesekan dan beban. Layar dengan Dragontrail Glass juga bisa menahan banyak sekali “serangan” pada layar HP ibarat gesekan menggunakan kunci atau beban berat sekalipun.


Kemampuan dari pelindung layar ini menciptakan banyak produsen memakaikan Dragontail Glass di bab layar HP. Ketahanan layarnya terhadap banyak sekali gesekan tentu jadi alasan tersendiri. Beberapa HP yang menggunakan pelindung layar ini ialah Polytron Prime 7, Sony Xperia series (Z1, Z2, Z3, Z5, Z5 Premium, X Performance), dan Samsung Galaxy M10 dan M210, Meizu M2 Note, dan masih banyak lagi


6. Kingkong Glass


Layar di smartphone ialah bab yang vital Inilah Jenis-jenis Pelindung Layar HP Zaman Sekarang!


Pelindung layar lainnya ialah Kingkong Glass. Pelindung layar ini mempunyai terdiri dari materi beling yang tipis berukuran 0,3 mm ibarat mirip tempered glass. Malah fungsi Kingkong Glass bekerjsama ibarat dengan tempered glass, yakni lapisan embel-embel untuk pelindung layar HP.


Hal ini berarti pelindung layar ini bisa dibeli terpisah dan jadi pelindung layar HP yang tidak mempunyai pelindung layar yang kokoh. Pelindung layar Kingkong Glass yang tipis ini ternyata bisa bertahan dari banyak sekali gesekan ibarat gesekan gunting, koin, dan lainnya.


Menariknya, ada produsen lokal yang pribadi menerapkan pelindung Kingkong Glass ke produknya langsung. Produsen tersebut ialah Evercoss.


Produsen lokal ini menerapkan Kingkong Glass pada Evercoss U50A dan Evercoss U50A Max. Kedua produk ini ternyata bisa bertahan meski dipukul-pukul atau dibenturkan dengan tembok. HP ini juga bisa jadi palu lho. Seperti yang tertulis di Jagatreview.com, pihak Evercoss mengklaim kalau pelindung Kingkong Glass pada Evercoss U50A Max berada di level yang setara dengan pelindung Corning Gorilla Glass 3.


7. Corning Gorilla Glass


Layar di smartphone ialah bab yang vital Inilah Jenis-jenis Pelindung Layar HP Zaman Sekarang!


Pelindung layar terakhir ialah Corning Gorilla Glass. Dari namanya, terang kalau pelindung ini juga dibentuk oleh Corning, perusahaan yang menciptakan pelindung Concore Glass. Namun dibandingkan Concore Glass, Corning Gorilla Glass lebih terkenal dan dipercaya banyak produsen ponsel.


Kepercayaan produsen pada Corning Gorilla Glass alasannya ialah perusahaan ini sudah terbukti bisa menghadirkan pelindung layar yang baik. Pengalaman tentu jadi salah satu modal lain terlebih alasannya ialah Corning sudah menyebarkan beling berukuran tipis yang tahan terhadap gesekan semenjak tahun 2005.


Tahun 2010, Corning menghadirkan pelindung Gorilla Glass yang berbahan beling tipis namun mempunyai ketahanan yang baik. Sejak 2010 itulah, Corning jadi pilihan banyak produsen untuk melindungi layar ponsel hasil produksi mereka. Sejak itu pula, Corning menghadirkan Gorilla Glass dengan banyak sekali versi berikut ini.



  • Corning Gorilla Glass 1


Kaca pelindung yang jadi cikal bakal kelahiran Gorilla Glass ini dihadirkan pada 2005 dan gres terkenal 2 tahun kemudian. Hal ini berkat Apple yang memakaikan pelindung pada produk iPhone generasi pertama. Saat itu, pelindung layar ini hadir dengan beling setebal 1,5 mm yang sudah dilapisi dengan oleophobic untuk menghindari noda dan sidik jari menempel.


Untuk generasi awal, beling setebal 1,5 mm ini tentu masih masuk kategori tipis. Dan kesuksesan penggunaan di iPhone menciptakan banyak produsen pun memesan pelindung layar ke Corning.



  • Corning Gorilla Glass 2


Tahun 2012, Corning menghadirkan pelindung generasi kedua. Karena nama Gorilla Glass sudah lahir, maka Corning menamai produk ini dengan Gorilla Glass 2. Pelindung layar ini mempunyai tampilan bentuk yang 20% lebih tipis ketimbang generasi pertama. Meskipun lebih tipis, Gorilla Glass 2 ini sanggup menahan beban hingga 50 kilogram tanpa meninggalkan retak dan pecah di bab beling pelindung.


Kehadiran Gorilla Glass 2 ini disambut baik oleh produsen ponsel kala itu. Tercatat ada 600 juta perangkat yang memakaikan Gorilla Glass 2 sebagai pelindung layar. Samsung Galaxy S3 ialah salah satu tumpuan ponsel terkenal yang menggunakan pelindung Corning Gorilla Glass 2.



  • Corning Gorilla Glass 3


Samsung Galaxy S4, Moto G, dan Moto X yang pada masanya merupakan HP yang terkenal menggunakan pelindung layar Gorilla Glass generasi ketiga atau Corning Gorilla Glass 3. Pelindung layar ini mempunyai teknologi yang disebut NDR atau Native Damage Resistance yang menciptakan beling pelindung bisa tahan gesekan hingga 35%.



  • Corning Gorilla Glass 4


Corning Gorilla Glass 4 diluncurkan pada 2014 dan menjadi pelindung layar paling populer. Pasalnya, Corning Gorilla Glass 4  ini mempunyai kemampuan untuk melindungi layar supaya tidak rusak ketika jatuh pada permukaan kasar. ASUS ZenFone 2 Laser ialah tumpuan produk yang menggunakan pelindung layar ini. Corning Gorilla Glass 4 sendiri masih banyak digunakan produsen untuk melindungi layar di kurun sekarang.



  • Corning Gorilla Glass 5


Corning Gorilla Glass 5 ialah pelindung layar yang baik dari segi ketahanan. Corning sendiri mengklaim kalau beling pelindung ini 4x kali lebih baik dari Corning Gorilla Glass  4 ketika melindungi layar ketika terjatuh. Corning juga menjanjikan bahwa pelindung layar ini sanggup mencegah layar retak hingga 80% ketika jatuh dari ketinggian 1 meter.


Corning Gorilla Glass 5 sendiri banyak digunakan di banyak sekali ponsel kelas atas hingga bawah. Tidak hanya sebagai pelindung layar, Corning Gorilla Glass 5 juga digunakan sebagai pelindung bodi secara keseluruhan. Contoh ponsel yang menggunakan Corning Gorilla Glass 5 ialah Redmi Note 7. Bukti Redmi Note 7 menggunakan Corning Gorilla Glass 5 dan bisa tahan terhadap gesekan bisa cek videonya berikut ini.




  • Corning Gorilla Glass 6


Corning Gorilla Glass 6 ialah pelindung layar generasi terbaru. Pelindung layar ini diklaim Corning mempunyai kemampuan dua kali lipat lebih tangguh dari Corning Gorilla Glass 5. Hal tersebut dibuktikan dengan tes menjatuhkan ponsel dengan Corning Gorilla Glass 6 yang dijatuhkan dari ketinggian 1 meter sebanyak 15 kali berturut-turut.


Contoh ponsel yang menggunakan pelindung Corning Gorilla Glass 6 ada banyak. Umumnya ponsel kelas atas menggunakan pelindung layar ini. Namun ada juga ponsel kelas menengah ibarat Asus Zenfone Max Pro M2 yang juga menggunakan pelindung layar Corning Gorilla Glass 6.


Fakta di lapangan bekerjsama mengambarkan kalau banyak produsen ponsel yang menggunakan Corning Gorilla Glass sebagai pelindung layar ponsel. Memang ada juga produsen yang memakaikan pelindung layar lain tapi jumlahnya tergolong sedikit. Namun, apapun pelindung ponsel yang digunakan, diusahkan tetap menggunakan pelindung embel-embel juga, ya.


Posting Komentar untuk "Inilah Jenis-Jenis Pelindung Layar Hp Zaman Sekarang!"