Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Inilah Jenis-Jenis Layar Yang Dipakai Pada Smartphone

Seringkali ketika Anda membeli HP alias ponsel pandai zaman sekarang, faktor yang paling banyak dijadikan pertimbangan ialah chipset, memori, baterai, dan kamera. Terkadang layar jadi faktor yang kesekian. Padahal layar juga jadi salah satu faktor penting untuk dijadikan pertimbangan sebelum membeli ponsel.


Mengapa sektor layar sangat penting? Karena ketika ini, ponsel pandai tidak sekadar komunikasi tetapi sebagai perangkat multimedia. Tentu Anda tidak mau membeli ponsel dengan layar yang buruk bukan? Terlebih alasannya banyak ponsel di pasaran yang menggunakan tipe panel layar yang berbeda-beda.


Atas dasar itulah, sebaiknya kini Anda juga mempertimbangkan sektor layar. Terlebih ada banyak ponsel yang menggunakan banyak sekali macam tipe layar dengan segala fiturnya. Anda bisa mengetahui perbedaan layar yang digunakan di ponsel dengan mengetahui banyak sekali jenis layar ponsel berikut ini.


1. LCD


Seringkali ketika Anda membeli HP alias ponsel pandai zaman kini Inilah Jenis-jenis Layar yang Digunakan pada Smartphone


Bicara soal layar di smartphone, intinya bakal berbicara soal layar berjulukan LCD. LCD yang merupakan abreviasi untuk liquid crystal display, merupakan tipe layar dasar yang banyak digunakan di banyak sekali ponsel pintar.


Sesuai namanya, LCD ini ialah layar yang terdiri dari susunan kristal cair yang disinari dari belakang. Penggunaan LCD dipilih alasannya materi produksinya yang tidak malah sehingga, banyak vendor ponsel menghadirkan ponsel dengan layar LCD.


Kelebihan utama dari LCD ialah layarnya yang mempunyai backlight atau cahaya dari blekanag sehingga cukup tidak mengecewakan terang ketika layar terkena sinar matahari. Sayangnya, akurasi warna LCD masih kurang begitu baik jikalau dibandingkan tipe layar lainnya.


2. TFT LCD


Seringkali ketika Anda membeli HP alias ponsel pandai zaman kini Inilah Jenis-jenis Layar yang Digunakan pada Smartphone


TFT LCD ialah layar LCD yang menggunakan teknologi TFT (Thin Film Transistor atau Transistor Film Tipis). Layar TFT ini banyak digunakan di ponsel pandai murah, terutama ketika ponsel pandai mulai ramai di pasaran.


Dengan teknologi ini, layar ponsel bisa menampilkan layar dengan gambar yang mempunyai kontras yang baik dan resolusi yang lebih tinggi. Sayangnya, ponsel dengan layar TFT mempunyai dua kelemahan. Pertama, sudut pandang layarnya yang sempit dan. Kedua, tampilan layarnya kurang terang ketika terkena sinar matahari langsung.


TFT juga mengonsumsi daya baterai yang lebih boros. Karena alasan ini pula orang malas membeli ponsel dengan teknologi layar TFT LCD. Hal ini kuat pada industri ponsel zaman sekarang, ketika para vendor sudah jarang menghadirkan ponsel dengan TFT LCD.


3. IPS LCD


Seringkali ketika Anda membeli HP alias ponsel pandai zaman kini Inilah Jenis-jenis Layar yang Digunakan pada Smartphone

Asus Zenfone Max Pro M2 (kiri) dan  Xiaomi Mi 8 Lite (kanan) menggunakan panel IPS LCD


Hampir seluruh ponsel pandai keluaran terbaru, baik dari kelas terjangkau dan menengah, banyak yang menghadirkan layar dengan IPS LCD. Beberapa tipe ponsel kelas atas juga ada yang masih menggunakan IPS LCD.


IPS sendiri merupakan abreviasi dari In-Plane Switching, sebuah teknologi panel layar pada LCD. IPS LCD ini hadir sebagai solusi atas terbatasnya kemampuan dari layar TFT LCD. Karena itu, ponsel dengan layar IPS LCD tidak akan mengalami dilema tampilan layar yang buram.


Selain itu, IPS LCD juga mempunyai sudut pandang yang baik. Jadi, mata melihat layar ponsel IPS LCD dari samping, tampilan layarnya tetap jelas. Kelebihan lain dari IPS LCD ialah pengaruhnya pada konsumsi daya baterai yang lebih ekonomis jikalau dibandingkan dengan TFT LCD.


4. PLS TFT


Seringkali ketika Anda membeli HP alias ponsel pandai zaman kini Inilah Jenis-jenis Layar yang Digunakan pada Smartphone

Samsung Galaxy M20 menggunakan panel layar PLS TFT


Penamaan TFT di tipe layar ini menciptakan orang ragu akan kualitas produk ini. Padahal PLS TFT berbeda dengan TFT LCD. PLS TFT ini merupakan tipe layar yang menyerupai dengan teknologi layar IPS LCD.


Adalah Samsung, vendor ponsel ternama yang berbagi teknologi layar PLS TFT ini pada September 2011. Teknologi layar ini berasal dari teknologi Super PLS yang dikembangkan Samsung. Teknologi ini mempunyai kemiripan dengan panel IPS. Dari mulai sudut pandang layar dan kualitas tampilan layar, PLS TFT memang cenderung menyerupai dengan IPS LCD.


Untuk melihat kualitas layar PLS TFT, silakan simak artikel ulasan Samsung Galaxy M20, ponsel Samsung murah yang menggunakan panel PLS TFT. Anda juga bisa simak perbandingan kualitas layar PLS TFT dengan IPS LCD pada artikel perbandingan Samsung Galaxy M20 dan Asus Zenfone Max Pro M2.


5. OLED


Seringkali ketika Anda membeli HP alias ponsel pandai zaman kini Inilah Jenis-jenis Layar yang Digunakan pada Smartphone


Beberapa tipe ponsel hadir menggunakan panel OLED, menyerupai LG V30 yang menggunakan OLED tipe P-OLED. OLED sendiri merupakan kepanjangan dari Organic Light-emitting Diode.Tipe layar ini berbeda dengan teknologi LCD. Layar OLED terdiri dari lapisan-lapisan tipis electroluminescent yang berarti lapisan tersebut sanggup menyala ketika dialiri listrik. Karena hal ini, OLED sanggup menghasilkan cahayanya sendiri.


Kemampuan dalam menampilkan cahaya layar sendiri menciptakan OLED tidak membutuhkan backlight menyerupai halnya LCD. Hal ini juga yang menciptakan ponsel dengan layar OLED lebih ekonomis daya dibandingkan ponsel dengan LCD.


Selain alasannya faktor tersebut, layar OLED mempunyai pixel hitam yang lebih pekat yang selalu dalam keadaan “mati” kecuali pixel di dalamnya yang terkena arus. Ketika menyala dan menampilkan layar dengan warna hitam, arus yang dibutuhkan jadi lebih sedikit. Selain itu, layar OLED mempunyai refresh rate yang tinggi.


Namun, OLED punya satu kekurangan yakni membutuhkan konsumsi daya yang lebih besar ketika menampilkan warna yang cerah. Selain itu, tampilan layar OLED kurang begitu baik dibandingkan tampilan LCD jikalau ada pada kondisi terkena sinar matahari langsung. OLED juga punya potensi layarnya yang bisa gosong.


6. AMOLED


Seringkali ketika Anda membeli HP alias ponsel pandai zaman kini Inilah Jenis-jenis Layar yang Digunakan pada Smartphone


AMOLED atau Active Matrix Organic Light Emitting Diode ialah teknologi layar yang diembangkan oleh Samsung. Teknologi layar ini mulai banyak digunakan pada 2008 di banyak sekali perangkat, termasuk ponsel pintar. Meski dikembangkan Samsung, layar AMOLED pertama kali digunakan oleh ponsel Nokia C6-01 dan Nokia 85


Kini, ponsel pandai dengan layar AMOLED umumnya digunakan di ponsel kelas atas atau yang harganya cukup tinggi. Penggunaan panel AMOLED di ponsel kelas atas ini cukup masuk akal mengingat biaya produksi AMOLED lebih tinggi dibandingkan IPS LCD. Namun, Samsung mempunyai beberapa tipe ponsel murah yang hadir dengan panel AMOLED.


AMOLED sendiri merupakan penemuan dari Samsung dengan cara menggabungkan teknologi OLED dengan TFT. Penggabungan teknologi ini menciptakan AMOLED mempunyai tampilan warna yang jelas, konsumsi daya baterai yang lebih irit, dan mempunyai kecerahan yang lebih tinggi.


7. Super AMOLED


Seringkali ketika Anda membeli HP alias ponsel pandai zaman kini Inilah Jenis-jenis Layar yang Digunakan pada Smartphone


Super AMOLED teknologi pengembangan dari AMOLED. Istilah ini digunakan Samsung sebagai istilah pemasaran yang mengacu pada panel layar yang lebih baik dari AMOLED. Padahal secara teknologi, Super AMOLED tidak mempunyai peningkatan teknologi yang terlalu signifikan.


Performa tampilan Super AMOLED serupa dengan AMOLED, begitu juga dengan konsumsi dayanya. Yang membedakan AMOLED dan Super AMOLED ialah penggunaan panel layar sentuhnya. Bagi yang belum tahu, umumnya layar ponsel terdiri dari panel layar dan lapisan layar sentuh yang kadang terpisah, baik itu panel LCD, TFT, OLED maupun AMOLED.


Hal ini berbeda dengan Super AMOLED yang menyatukan lapisan layar sentuhnya dengan panel layar. Hal ini menciptakan layar Super AMOLED mempunyai tingkat presisi layar sentuh yang lebih baik. Salah satu pola ponsel dengan layar Super AMOLED ialah Samsung Galaxy Note 8 dan beberapa tipe HP Samsung kelas atas lainnya.


8. Dynamic AMOLED


Seringkali ketika Anda membeli HP alias ponsel pandai zaman kini Inilah Jenis-jenis Layar yang Digunakan pada Smartphone


Ponsel Samsung dan beberapa ponsel kelas atas dari vendor lain umumnya bertahan menggunakan panel Super AMOLED. Samsung menggunakan panel ini di Samsung Galaxy S seri dan beberapa tipe ponsel lain Samsung di kelas menengah.


Samsung kemudian menghadirkan panel yang jadi evolusi dari Super AMOLED, yakni Dynamic AMOLED. Teknologi layar ini pertama kali diperkenalkan di perangkat Samsung Galaxy S10 seri.


Dynamic AMOLED in berdasarkan Android Authority tidak sekadar menghadirkan layar dengan punchole. Dynamic AMOLED mempunyai kemampuan dan fitur menyerupai Super AMOLED. Namun, ada beberapa peningkatan tampilan menyerupai kontras yang lebih tinggi dan reproduksi warna berkualitas tinggi.


Salah satu ciri Dynamic AMOLED ialah hadirnya fitur untuk mendukung HDR10+. Bagi yang belum tahu, HDR10+ merupakan fitur yang berfungsi meningkatkan kontras dan menciptakan detail gambar menjadi tetap terlihat bahkan ketika berada di latar gambar yang gelap sekalipun. Selain itu, Dynamic AMOLED mengatakan gamut warna dengan tingkatan mencapai 100% dari ruang warna DCI-P3.


9. Retina Display


Seringkali ketika Anda membeli HP alias ponsel pandai zaman kini Inilah Jenis-jenis Layar yang Digunakan pada Smartphone


Apple mempunyai teknologi layar yang disebut Retina Display. Istilah ini bukanlah teknologi layar layaknya AMOLED yang dikembangkan Samsung. Retina Display ialah bahasa pemasaran dari Apple untuk produk iPhone mereka. Umumnya, beberapa produk iPhone menggunakan layar tipe IPS dan OLED. Namun, kualitas layar IPS dan OLED di iPhone lebih baik jikalau dibandingkan dengan layar ponsel Android dengan tipe layar yang sama.


Hal yang menciptakan tampilan layar iPhone lebih baik tersebut alasannya teknologi Retina Display. Dengan teknologi ini, layar pada iPhone sanggup menghadirkan kerapatan piksel yang tergolong tinggi. Hal ini menciptakan mata Anda tidak akan melihat piksel terpisah di layar iPhone.


Retina Display juga mempunyai kualitas gambar yang tajam dan juga jernih. Hanya saja, Retina Display ini mempunyai konsumsi daya yang cukup tinggi jikalau dibandingkan teknologi layar IPS dan OLED lainnya.


10. Haptic Tactile


Seringkali ketika Anda membeli HP alias ponsel pandai zaman kini Inilah Jenis-jenis Layar yang Digunakan pada Smartphone


Teknologi layar ponsel berikutnya ialah Haptic Tactile Display. Teknologi layar ini dulu digunakan oleh BlackBerry dan Nokia, misalnya di perangkat BlackBerry Storm.


Teknologi layar ini menghadirkan fitur sentuhan pada layar yang sanggup menghasilkan umpan balik sehingga meningkatkan akurasi sentuhan layar dan kenyamanan mengetik. Sayangya, teknologi ini sudah tidak digunakan lagi seiring dengan menyerahnya BlackBerry di pasar ponsel.


Demikianlah klarifikasi soal tipe-tipe layar HP. Dengan isu ini, diperlukan Anda bisa mempertimbangkan tipe panel layar yang digunakan pada sebuah ponsel sebelum benar-benar membelinya.


Posting Komentar untuk "Inilah Jenis-Jenis Layar Yang Dipakai Pada Smartphone"