Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Inilah Jenis-Jenis Gps Pada Smartphone Beserta Fungsinya

Di dunia smartphone, fitur GPS jadi satu fitur penting. Mengapa? Karena GPS jadi sebuah navigasi penting bagi orang-orang dalam melaksanakan perjalanan atau melacak posisi tertentu. Karena itu, penting bagi sebuah ponsel mempunyai sensor kompas yang baik biar GPS yang ada di dalamnya bisa berjalan dengan optimal.


Namun, GPS sendiri bukan hanya ada di sebuah ponsel. Ternyata ada banyak jenis GPS yang ada di dunia, bahkan GPS sudah hadir jauh sebelum ponsel cendekia merajelela ibarat sekarang. Lantas, apa bahwasanya GPS?


Pengertian dan Fungsi GPS


 Karena GPS jadi sebuah navigasi penting bagi orang Inilah Jenis-jenis GPS pada Smartphone Beserta Fungsinya

* sumber: pixabay.com


GPS (Global Positioning System) merupakan sebuah alat atau sistem serta navigasi berbasis satelit yang melacak posisi objek tertentu atau memetakan posisi tertentu di sebuah peta digital. Cara kerja GPS ini bergantung pada tiga komponen utama, yaitu: satelit, pengontrol, dan penerima/pengguna.


Satelit berfungsi sebagai peserta dan penyimpan data yang kemudian diteruskan ke stasiun pengontrol atau pengendali. Data isu yang diterima satelit ialah isu waktu dan sinyal yang bakal ditransmisikan ke penerima.


Pengontrol mempunyai fungsi dalam mengendalikan satelit. Pengontrol mengirimkan data dan melaksanakan sinkronisasi waktu antar satelit. Sementara peserta ialah para pengguna (termasuk Anda) yang mendapatkan isu data dari satelit untuk memilih posisi arah, jarak, dan juga waktu.


Jika mengusut cara kerjanya, kita sebagai pengguna GPS terasa ibarat diawasi oleh sebuah satelit alasannya satelit bakal membaca arah perjalanan dan posisi kita. Jadi, di dunia sekarang, Anda yang sedang melangkah ke minimarket saja bisa terbaca, terlebih kalau Anda menyalakan GPS di ponsel Anda.


Jenis-jenis GPS yang Ada di HP Karena GPS jadi sebuah navigasi penting bagi orang Inilah Jenis-jenis GPS pada Smartphone Beserta Fungsinya


Smartphone  atauh HP cendekia zaman kini umumnya sudah dilengkapi dengan Google Maps-nya. Nah, Google Maps ini bakal berjalan dengan baik kalau menyalakan fitur “location” atau “GPS” (penamaan biasanya tergantung merek ponsel yang dipakai). Fitur ini terperinci penting alasannya sangat membantu banyak orang dalam aneka macam hal.


Namun, perlu diingat kalau GPS bukanlah satu-satunya sistem peserta sinyal navigasi yang ada di HP. GPS sendiri ialah bab dari sistem navigasi tetapi kini maknanya meluas menjadi sistem navigasi global yang terdiri dari aneka macam jenis-jenisnya.


Mengapa terdiri dari aneka macam jenis? Karena sistem navigasi tidak hanya GPS. Ada banyak sistem navigasi pembaca lokasi. Hal ini juga sanggup dilihat dari spesifikasi sebuah ponsel Sebuah ponsel merek A mempunyai GPS dengan satu sistem navigasi tertentu, contohnya hanya A-GPS saja. Ponsel merek B bisa saja mempunyai banyak pertolongan sistem navigasi ibarat Samsung Galaxy S10 misalnya.


Perlu diingat, bahwa sistem navigasi dalam sebuah ponsel bukanlah GPS alasannya ibarat sudah dijelaskan sebelumnya, GPS terdiri dari 3 rangkaian. Yang ada di HP ialah peserta sinyalnya sementara sistem navigasi pembacanya disebut satelit atau bisa disebut juga sebagai GNSS.


Hal ini berarti, sebuah ponsel bisa saja mempunyai sistem peserta sinyal tertentu menurut satelit pengirimnya? Lantas, apa sajakah macam-macam satelit sistem navigasi tersebut? Berikut jawabannya.


1. A-GPS


 Karena GPS jadi sebuah navigasi penting bagi orang Inilah Jenis-jenis GPS pada Smartphone Beserta Fungsinya

* sumber: id.wikipedia.org


A-GPS merupakan kependekan dari Assisted-Global Positioning System. Sistem navigasi ini dikembangkan oleh Amerika. Dari namanya, sudah terperinci kalau A-GPS ini bekerjasama dengan GPS. Jika sebuah HP mempunyai GPS dengan sistem A-GPS hal ini berarti, sistem GPS HP tersebut sudah sangat baik. Karena intinya A-GPS ialah penyempurnaan dari GPS untuk memilih suatu posisi di bumi.


A-GPS sendiri merupakan sebuah metode yang berbasis pada waktu. Metode ini tergolong mempunyai akurasi dalam memilih suatu posisi. Metode ini dibantu oleh sebuah server penyedia informasi  yang dibantu oleh jaringan operator melalui menara BTS. Di menara BTS ini umumnya ada unit peserta GPS yang tentu bisa memproses prosesor isu data dalam membaca lokasi.


2. GLONASS


 Karena GPS jadi sebuah navigasi penting bagi orang Inilah Jenis-jenis GPS pada Smartphone Beserta Fungsinya

* sumber: www.glonass-iac.ru


GLONASS ialah sistem navigasi yang jadi pesaing A-GPS. Jika A-GPS dikembangkan oleh Amerika, GLONASS ialah sistem navigasi yang dikembangkan oleh Rusia. Sistem navigasi ini ialah satelit yang berbasis ruang angkasa. GLONASS ialah sistem navigasi yang mempunyai pembacaan posisi yang akurat dan jumlah satelit GLONASS sudah cukup banyak melayang di angkasa.


Jika GLONASS dan A-GPS terpisah, lantas, bagaimana sistem navigasi ponsel yang mempunyai pertolongan GLONASS dan A-GPS? Jika ada HP atau ponsel cendekia yang mempunyai pertolongan A-GPS dan GLONASS, hal ini berarti HP tersebut sanggup mendapatkan sinyal dari kedua satelit secara bersamaan atau terpisah.


3. BDS


 Karena GPS jadi sebuah navigasi penting bagi orang Inilah Jenis-jenis GPS pada Smartphone Beserta Fungsinya

* sumber: gbtimes.com


BDS merupakang kependekan dari BeiDou Navigation Satellite System. Dari namanya, sudah mencirikan kalau sistem navigasi satelit ini dikembangkan oleh Cina alias Tiongkok. Sistem BDS sudah dimulai semenjak tahun 2000 dan terus dikembangkan.


Tahun 2015, BDS memasuki generasi ke-2 atau disebut juga sebagai COMPASS atau BeiDou-2. Sistem navigasi satelit ini bekerja secara global dan terdiri dari 35 satelit. Di tahun yang sama, Cina sudah membangun BeiDou-2 atau BDS generasi ke-3 yang tentunya mempunyai sistem yang lebih baik dibandingkan sistem navigasi sebelumnya.


4. GALILEO


 Karena GPS jadi sebuah navigasi penting bagi orang Inilah Jenis-jenis GPS pada Smartphone Beserta Fungsinya

* sumber: en.wikipedia.org


Uni Eropa tidak mau kalah dengan Amerika, Rusia, maupun Cina. Mereka pun berbagi sistem navigasi satelit sendiri berjulukan Galileo. Sistem navigasi ini diklaim mempunyai kemampuan membaca posisi yang lebih akurat. Sistem ini juga dibangun sebagai ancang-ancang apabila, GLONASS dan GPS dimatikan secara tiba-tiba oleh  Rusia atau pun Amerika.


5. QZSS


 Karena GPS jadi sebuah navigasi penting bagi orang Inilah Jenis-jenis GPS pada Smartphone Beserta Fungsinya

* sumber: spacenews.com


QZSS ialah kependekan dari Quasi-Zenith Satellite System. Sistem navigasi ini dibangun Jepang sebagai sistem  transfer waktu regional tiga satelit. Sistem ini dibangun menurut satelit GPS. Sistem ini sendiri dihadirkan untuk menawarkan layanan pada daerah Asia-Oceania. Sistem ini juga hadir sebagai penjaga kompabilitas GPS


Jenis-jenis Perangkat GPS Lainnya


Tidak hanya di smartphone sebenarnya, GPS juga ada di perangkat lain yang fungsinya bisa membantu hajat hidup orang banyak. Apa sajakah itu, berikut penjelasannya.


1. Portable GPS 


 Karena GPS jadi sebuah navigasi penting bagi orang Inilah Jenis-jenis GPS pada Smartphone Beserta Fungsinya


GPS tipe pertama ialah portable GPS, tipe GPS yang bisa dibawa kemana-mana. Bentuknya gampang digenggam, alasannya itu tipe GPS ini sering disebut juga sebagai GPS Handheld. Tipe GPS ini bisa jadi pengganti kompas dan peta alasannya fungsinya yang bisa membaca lokasi, ketinggian, dan topografi aneka macam tempat.


Dengan GPS ini pula, Anda bisa memilih lokasi untuk memancing dan bisa jadi alat yang mempunyai kegunaan kalau Anda tersesat di hutan. Jadi, Anda yang sering keluyuran, terutama ke area yang belum terjamah Google Maps, bisa membawa GPS ini. Bentuknya yang kecil jadi kelebihan tersendiri sehingga tidak memberatkan tas Anda.


Fitur-fitur yang ada di perangkat GPS ini ialah kompas digital, waktu, alarm, kamera, peta, dan layar sentuh. Ada juga opsi jalan bagi pengguna. Selain itu, GPS ini biasanya lebih gampang tersambung ke PC.


2. Pocket GPS


 Karena GPS jadi sebuah navigasi penting bagi orang Inilah Jenis-jenis GPS pada Smartphone Beserta Fungsinya


Pocket GPS mempunyai fungsi yang sama dengan portable GPS, yakni GPS yang bisa dengan gampang dibawa ke mana-mana. Bentuknya yang lebih mini menciptakan pocket GPS lebih enteng dibawa-bawa malah bisa jadi gantungan kunci. Karena bentuknya yang kecil, pocket GPS mempunyai layar yang kecil dan fiturnya tidak selengkap pocket GPS.


3. In-Dash Receivers


 Karena GPS jadi sebuah navigasi penting bagi orang Inilah Jenis-jenis GPS pada Smartphone Beserta Fungsinya


Tipe GPS yang banyak diharapkan ialah In-dash reciever, yakni sebuah reciever yang bisa dipasangkan di mobil. Tipe GPS ini banyak dicari oleh mereka yang mempunyai kendaraan beroda empat pribadi, barangkali termasuk Anda. Hal ini alasannya tipe GPS ini bisa menawarkan data dan isu yang lebih akurat.


Selain itu, tipe GPS ini mempunyai akurasi dan fungsi yang lebih baik dalam menampilkan peta dan arah jalanan. Tipe GPS ini juga mengalami perkembangan signifikan ibarat hadirnya fitur data kemudian lintas. Fitur ini terperinci mempunyai kegunaan biar Anda tidak masuk ke area yang macet. Menariknya, In-dash reciever mempunyai kemampuan untuk tersambung dengan GPS di ponsel cendekia tanpa kabel.


Hal yang menciptakan In-dash reciever banyak dicari juga alasannya aksesorisnya gampang didapatkan. Selain itu, pemasangan perangkat ini juga tergolong mudah. Oh yah, beberapa produk In-dash reciever mempunyai fitur yang komplit ibarat pemutar MP3, navigasi ke arah rumah dari arah manapun, dan isu soal tempat-tempat penting ibarat ATM, Bioskop, atau Mall.


4. GPS untuk Motor


 Karena GPS jadi sebuah navigasi penting bagi orang Inilah Jenis-jenis GPS pada Smartphone Beserta Fungsinya


Alat GPS untuk sepeda motor biasanya mempunyai bentuk dan fungsi yang sama dengan In-dash receiver yang digunakan di mobil. Yang jadi pembeda dari GPS untuk kendaraan bermotor ialah fiturnya


Karena GPS di motor tidak ada di dalam ruangan, maka tipe GPS ini biasanya mempunyai kemampuan tahan air, tahan tumpahan materi bakar, dan tahan terhadap aneka macam getaran. Selain itu, GPS untuk mtoro biasanya memilki fitur Bluetooth.


5. Sport GPS


 Karena GPS jadi sebuah navigasi penting bagi orang Inilah Jenis-jenis GPS pada Smartphone Beserta Fungsinya


Ada juga alat GPS yang mempunyai fungsi untuk mendukung aktivitas olahraga.Tipe GPS untuk aktivitas berolahraga ini biasanya berbentuk jam tangan yang mempunyai fitur anti air.  Beberapa tipe produknya contohnya ialah GPS Forerunner 210 untuk Anda yang memang sedang berencana untuk berlari. Ada juga S Garmin Edge 80 yang cocok digunakan untuk Anda yang bahagia bersepeda.


Ada juga bentuk GPS untuk olahraga yang mempunyai bentuk ibarat halnya sebuah ponsel. Bentuk GPS ini bisa dipasangkan di sepeda. Gunanya fitur GPS ini untuk mengukur langkah, memperabukan kalori, membaca detak jantung, irama ayunan pedal (untuk sepeda), stopwatch, dan juga jarak yang ditempuh. Bahkan, ada juga GPS untuk aktivitas olahraga yang mempunyai rekan olahraga berbentuk virtual.


6. Marine GPS


 Karena GPS jadi sebuah navigasi penting bagi orang Inilah Jenis-jenis GPS pada Smartphone Beserta Fungsinya


Sesuai namanya, tipe GPS ini digunakan di laut, alias digunakan untuk mereka yang bekerja di awak kapal. Tipe GPS ini banyak digunakan oleh kapal maritim komersial dan kapal maritim rekreasi. Karena kebutuhannya untuk kapal laut, terperinci tipe GPS ini bukan ditujukan untuk kebutuhan eksklusif alasannya itu harganya biasanya mahal.


Tipe GPS ini sanggup digunakan di aneka macam kondisi dan situasi yang terjadi di laut, alias cocok untuk aneka macam cuaca. GPS ini juga bisa berfungsi sebagai peta digital yang mempunyai tingkat keakuratan yang baik. Terlebih ada fitur yang memungkinkan pemakainya melihat pantai pesisir di peta di peta digital. Peta digitalnya juga bisa menampilkan kondisi perairan dan danau yang ada di dunia.


7. GPS untuk Pesawat Terbang


 Karena GPS jadi sebuah navigasi penting bagi orang Inilah Jenis-jenis GPS pada Smartphone Beserta Fungsinya


Sama ibarat GPS untuk kapal, GPS untuk pesawat terbang juga dibentuk khusus untuk kebutuhan yang bukan pribadi. Sesuai namanya, GPS ini digunakan untuk membaca situasi dan kondisi penerbangan. Karena itu, GPS ini digunakan oleh para cokpits.


Serupa dengan dengan GPS untuk kapal perairan, alat GPS ini harganya mahal. Lagi pula buat apa Anda membeli alat ini kalau tidak punya pesawat terbang. Kecuali kalau Anda mempunyai jet atau helikopter eksklusif tentu lain ceritanya.


GPS untuk penerbangan ini mempunyai beberapa fitur menarik ibarat membaca posisi pesawat atau mengetahui isu bandara. Ada juga fitur untuk membaca status dan keadaan cuaca serta fitur untuk menciptakan planning penerbangan.


Nah itulah, klarifikasi soal jenis-jenis GPS yang ada di HP,  jenis-jenis GPS secara umum, pengertian, dan fungsinya. Semoga dengan isu ini, Anda bisa lebih paham soal GPS yang ada di HP dan bagaimana cara kerjanya.


Posting Komentar untuk "Inilah Jenis-Jenis Gps Pada Smartphone Beserta Fungsinya"