Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Inilah Daftar Versi Ios Lengkap Dari Awal Hingga Sekarang

Tidak bisa dipungkiri, dua sistem operasi mobile paling mendominasi pasar dikala ini yakni Android dan iOS. Android dimiliki Google dengan konsep sistem terbuka yang memungkinkan setiap vendor bebas memakainya. Sementara, iOS yakni sistem operasi langsung yang hanya dipakai khusus untuk perangkat mobile dari Apple menyerupai iPhone, iPad, dan iPod Touch.


Karena eksklusivitas ini, harga iPhone mempunyai banderol harga yang tinggi. Padahal harga biaya produksinya tidak terlalu tinggi. Seperti misalnya iPhne XS Max yang mempunyai biaya produksi 35% dari harga resminya atau iPhone 6 Plus yang mempunyai ongkos produksi 28% dari harga jual. Soal studi perbandingan harga ongkos produksi dan harga jual produk iPhone bisa disimak pada infografik hasil penelitian dari Cuponation berikut ini.


Lantas apa yang menciptakan iPhone bisa mempunyai banderol harga yang mahal? Selain alasannya yakni eksklusivitas iOS, faktor R&D dan value brand dari Apple menciptakan iPhone jadi mahal. Sistem operasi iOS sendiri tentu saja yakni hasil kerja dari Apple dari hasil R&D sehingga menciptakan iOS cenderung lebih eksklusif.


Dengan perkembangan teknologi menyerupai sekarang, iOS terus menghadirkan banyak sekali versi. Tiap tahun selalu ada versi terbaru dari iOS yang biasanya berbarengan hadir dengan perangkat iPhone terbaru atau perangkat dari Apple lainnya menyerupai iPad. Lantas, bagaimana perkembangan iOS dari kelahirannya hingga sekarang? Untuk menjawab pertanyaan tersebut, simak daftar klarifikasi iOS dari versi awal hingga terbaru.


1. iOS 1


 dua sistem operasi mobile paling mendominasi pasar dikala ini yakni Android dan iOS Inilah Daftar Versi iOS Lengkap dari Awal Sampai Sekarang

*sumber: https://www.youtube.com/watch?v=OWMbMDmG8hU


Tahun 2007, Apple memperkenalkan pertamakalinya sebuah perangkat pintar, iPhone generasi pertama atau kemudian sering dikenal sebagai iPhone 2G. Ponsel ini hadir dengan mengusung iPhone OS versi pertama atau iPhone OS 1. Sistem operasi ini merupakan sistem operasi yang dibangun dengan basis instruksi yang sama dengan OS X.


Pada versi pertamanya, tidak terdapat toko aplikasi atau App Store yang dikenal menyerupai sekarang. Saat itu, iPhone OS 1 hadir mengatakan banyak sekali aplikasi bawaan yang dibentuk oleh tim Apple. Beberapa aplikasi menyerupai peramban atau browser, kalkulator, bahkan hingga pemutar musik sudah hadir di iPhone OS 1.


Sistem operasi pertama ini tidak mempunyai nama resmi. Saat itu, hanya disebut sebagai iPhone OS 1. Adapun OS versi pertama punya pembaruan yakni iPhone OS 1.1  yang membawa pinjaman untukiPod Touch (1st generation). Versi selesai iOS ini yakni iOS 1.1.5 yang kemudian orang menyebut sebagai iPhone OS 1 saja.


2. iOS 2


 dua sistem operasi mobile paling mendominasi pasar dikala ini yakni Android dan iOS Inilah Daftar Versi iOS Lengkap dari Awal Sampai Sekarang

* sumber: www.computerworld.com


Pada 2008, iOS 2 hadir bersamaan dengan perangkat iPhone 3G. Perangkat inilah yang kemudian menciptakan nama Apple naik lewat seri iPhone-nya. Terlebih di seri ini mulai diperkenalkan toko aplikasi App Store, toko aplikasi yang masih hadir di perangkat ekosistem Apple.


Hadirnya toko aplikasi terperinci menciptakan pengguna iPhone 3G sanggup menambah koleksi aplikasinya dengan mengunduh langsung dari toko aplikasi, iPhone App Store. Selain itu, di versi ini banyak fitur yang sudah disematkan menyerupai pinjaman iPod Touch generasi kedua, security note, perbaikan bug, dan lainnya.


Sistem operasi iOS 2 ini hadir dengan pembaruan 2.1 dan 2.2. Pada versi iOS 2.2 atau versi final dari iPhone OS 2 ini diperkenalkan beberapa fitur menarik. Beberapa diantaranya yakni perbaikan untuk fitur “Mail” dan hadirnya fitur Google Street View di aplikasi “Map”.


3. iOS 3


 dua sistem operasi mobile paling mendominasi pasar dikala ini yakni Android dan iOS Inilah Daftar Versi iOS Lengkap dari Awal Sampai Sekarang

* sumber: www.computerworld.com


Tahun 2009, Apple menghadirkan penerus dari iPhone 3G yakni iPhone 3GS. Perangkat ini hadir dengan pembaruan sistem operasi iOS  yang kemudian menciptakan perangkat ini disebut juga iPhone OS 3.0. Pada perangkat inilah iOS mengalami banyak peningkatan fitur.


Fitur yang hadir di iPhone OS 3.0 sangat diperlukan kala itu. Sebut saja fitur menyerupai push notification, keyboard landscpae, voice note, IMAP, shake to shuffle. MMS, dan kompas. Fitur yang jadi perhatian dan mempunyai kegunaan hingga kini yakni hadirnya fitur in-app purchase (IAP) atau pembayaran dalam aplikasi dan fitur copy paste. Fitur salin-tempel inilah awalnya diperkenalkan di perangkat iPhone OS 3.0.


Sistem operasi iOS 3.0 ini sendiri mendukung perangkaT Apple iPhone generasi sebelumnya, termasuk iPhone original alias generasi pertama. Meskipun tentu ada beberapa fitur yang dibatasi. Selai itu, versi ini juga mempunyai pembaruan yakni 3.1 yang menghadirkan fitur Anti-Phising dan banyak perbaikan. Ada juga pembaruan terakhir yakni versi 3.2 yang menghadirkan dukungan  untuk perangkat iPad generasi pertama.


4. iOS 4


 dua sistem operasi mobile paling mendominasi pasar dikala ini yakni Android dan iOS Inilah Daftar Versi iOS Lengkap dari Awal Sampai Sekarang

* sumber: www.computerworld.com


Perubahan besar dilakukan Apple pada sistem operasi miliknya. Tidak ada lagi sebuta iPhone OS. Mulai dari versi 4, Apple secara resmi mengganti iPhone OS dengan iOS saja. Karena itu, versi 4 disebut sebagai iOS 4 saja. Sistem operasi ini dihadirkan berbarengan dengan perangkat iPhone 4 di tahun 2010.


Kehadiran iPhone 4 dan iOS 4 ini jadi langkah selanjutnya yang menciptakan nama Apple kian melambung. Betapa tidak, fitur-fitur keren mulai dihadirkan di versi keempat ini. Beberapa fitur tersebut diantaranya yakni kemampuan multitasking yang lebih efisien terhadap pemakaian baterai, fitur menghidupkan dan menyalakan data seluler, playlist pada iTunes yang lebih kreatif, dan juga pinjaman fitur pada foto.


Beberapa fitur lainnya yang hadir di iOS 4 yakni FaceTime yang kini mempunyai kemampuan untuk video calling menggunakan wifi. Fitur lainnya yaitu sinkronisasi iBooks dengan iTunes, peningkatan kemampuan kamera menyerupai hadirnya  landscape mode dan kemampuan 5x digital zoom. Fitur autofocus dengan cara tap dikala rekaman video juga sudah hadir di iOS 4.


5. iOS 5


 dua sistem operasi mobile paling mendominasi pasar dikala ini yakni Android dan iOS Inilah Daftar Versi iOS Lengkap dari Awal Sampai Sekarang

* sumber: www.macstories.net


21 Juni 2011, Apple memperkenalkan iOS 5. Sistem operasi ini dihadirkan bersamaan dengan hadirnya iPhone 4S. Di versi ini, iOS menghadirkan beberapa fitur penting yang kemudian jadi identitas dari sistem operasi besutan Apple ini. Beberapa fitur yang dihadirkan di iOS 5 yakni sebagai berikut.



  • Notifications Center, hadirnya notifikasi satu sentra yang bisa muncul di dikala ponsel dalam keadaan “lock screen”. Fitur ini masih banyak dipertahankan dan diadopsi oleh UI lain di Android.

  • iMessages, fitur  pesan khusus di iOS yang memungkinkan pengguna bisa mengirimkan teks, foto, gambar GIF, video, kontak, dan lokasi. Fitur lainnya yakni pinjaman pesan ke grup, fitur pemberitahuan pesan terkirim, dan pesan terbaca. Selain itu, iMessages juga sanggup dibaca dari perangkat Apple lain dengan menggunakan satu identitas Apple ID.

  • iCloud, fitur penyimpanan awan dari Apple ini hadir pertama kali di iOS 5. Fitur ini mengatakan semua kontak, foto, aplikasi, catatan dan lainnya sanggup mempunyai cadangan data alias tersimpan di penyimpanan awan (iCloud backup data).

  • Game Center, fitur ini yakni fitur yang berfungsi untuk kebutuhan bermain gim di iOS. Selain notifcations center, iOS 5juga sudah mempunyai fitur Game Center yang di dalamnya mempunyai beberapa fitur menarik menyerupai rekomendasi gim, profil yang sanggup dimunculkan ke publik atau pribadi, pembelian gim, dan juga jumlah poin yang didapatkan dari sebuah gim.


Selain fitur-fitur utama tersebut, iOS 5 juga menghadirkan banyak sekali fitur menarik lainnya menyerupai peningkatan fitur di kamera, integrasi dengan aplikasi Twitter, penambahan banyak sekali fitur di Music, hingga fitur untuk mengaktivasi iPhone-nya tanpa menggunakan laptop/komputer. Tidak hanya itu, Apple juga memperkenalkan Siri, ajun berakal milik Apple di IOS 5.


6. iOS 6


 dua sistem operasi mobile paling mendominasi pasar dikala ini yakni Android dan iOS Inilah Daftar Versi iOS Lengkap dari Awal Sampai Sekarang

* sumber: www.pexels.com


Setahun sehabis iOS 5 rilis, tepatnya pada 11 Juni 2012, Apple memperkenalkan iOS 6. Kehadiran iOS 6 disertai dengan diperkenalkannya perangkat yang mengususng iOS  6, yakni iPhone 5, iPoud Touch generasi kelima, dan iPad 4. Selain itu, iOS 6 ini juga hadir sebagai pembaruan untuk perangkat Apple generasi sebelumnya menyerupai iPhone 4, iPhone 3S, iPod Touch, iPad 3 dan IPad Mini generasi pertama.


Pada iOS 6 ini, tidak ada fitur yang benar-benar baru. Fitur yang ada hanya berupa peningkatan dari aplikasi yang sudah ada menyerupai peningkatan pada kamera, Facetime, tampilan desain yang berbeda untuk beberapa aplikasi, dan juga perubahan sajian “setting”.


Fitur yang paling jadi sorotan dan benar-benar gres yakni Apple Maps. Kehadiran aplikasi ini sebagai pengganti Google Maps, aplikasi peta sejuta umat. Sayangnya kehadiran Apple Maps tidak disambut baik, terlebih alasannya yakni performanya tidak lebih baik dari Google Maps.


7. iOS 7


 dua sistem operasi mobile paling mendominasi pasar dikala ini yakni Android dan iOS Inilah Daftar Versi iOS Lengkap dari Awal Sampai Sekarang

* sumber: pixabay.com


10 Juni 2013, Apple mengumumkan kehadiran iOS 7. Sistem operasi ini dihadirkan bersamaan dengan perangkat iPhone 5C dan iPhone 5S. Beberapa perangkat generasi sebelumnya juga mendapat pembaruan iOS 7. Sayangnya, iPhone 3GS ke bawah sudah tidak mendapat pinjaman pembaruan iOS lagi.


Pembaruan dari iOS 6 ke iOS 7 cukup besar dari sisi desain tetapi tidak dari sisi fitur. Bisa dibilang, iOS 7 ini yakni pembaruan iOS yang menitikberatkan pada tampilan desain. Hal ini terlihat dari tampilan antarmuka iOS 7 yang hadir dengan flat design dan menggunakan font System Helvetica Neue Regular.


Selain desain, hal mencolok dari iOS 7 hadirnya Touch ID yang diperkenalkan di perangkat iPhone 5S. Sementara untuk fitur embel-embel atau perbaikan terjadi pada aplikasi semacam AirDrop, Control Center, Safari, Siri, Facetime, Apple Maps, App Store, dan beberapa pembaruan di aplikasi lain. Karena hadir dengan desain yang berbeda, Home Screen di ponsel ini juga tampak berbeda alias mempunyai tampilan serupa flat design. 


8. iOS 8


 dua sistem operasi mobile paling mendominasi pasar dikala ini yakni Android dan iOS Inilah Daftar Versi iOS Lengkap dari Awal Sampai Sekarang

* sumber: www.maxpixel.net


Pada 2 Juni 2014, Apple mengumumkan kehadiran iOS 8. Sistem operasi ini gres bisa dinikmati pada 17 September 2014 dikala iPhone 6 dan iPhone 6 Plus diperkenalkan. Artinya, kedua ponsel ini sudah hadir dengan iOS 8. Selain itu, iOS 8 juga hadir ke perangkat iPhone generasi sebelumnya dan juga perangkat iPad Touch generasi keenam, iPad 3, iPad Air 2 dan iPad Mini. Sayangnya, iPhone 4 sduah tidak mendapat pembaruan ini.


Desain iOS 8 masih mempertahankan konsep flat design iOS 7. Hanya saja kali ini desain antarmukanya terlihat lebih flat dibandingkan antarmuka yang ada di iOS 7. Selain tampilan desain yang lebih flat, iOS 8 hadir dengan beberapa fitur menarik menyerupai iCloud Drive dan hadirnya aplikasi untuk banyak sekali konten dengan keluarga alias family sharing. 


Selain itu, iOS 8 juga hadir dengan sistem pengetikan yang lebih cepat lewat fitur Quicktype, aktivasi Siri dengan hanya menggunakan bunyi saja, dan juga kemampuan pesan yang lebih ditingkatkan fiturnya. Yang menarik, iOS 8 menghadirkan aplikasi kesehatan berjulukan Health. Fitur Health ini membantu membaca kesehatan badan mencakup detak jantung, kalori, gula darah, kolesterol, dan lainnya.


9. iOS 9


 dua sistem operasi mobile paling mendominasi pasar dikala ini yakni Android dan iOS Inilah Daftar Versi iOS Lengkap dari Awal Sampai Sekarang


Juni 2015, Apple mengumumkan kehadiran iOS 9. Sistem operasi ini kemudian dirilis pada 16 September 2015 bersamaan dengan perangkat iPhone 6S, iPhone 6S Plus dan iPad Mini 4. Sistem operasi ini juga mendukung perangkat iPhone usang hingga generasi iPhone 4S.


Sistem operasi yang hadir dengan instruksi nama Monarch” ini sendiri hadir dengan tampilan desain yang tidak terlalu jauh berbeda dengan iOS 8. Tampilan desainnya memang tidak berubah drastis alasannya yakni yang ditonjolkan dari iOS 9 yakni penambahan fitur dan hadirnya aplikasi baru.


Fitur-fitur yang ditambahkan di iOS 9 diantaranya yakni Siri yang kini hadir dengan antarmuka yang lebih berwarna menyerupai dengan Apple Watch. Siri juga kini bisa bicara menggunakan aksen bahasa Inggris dari tempat tertentu. Selain itu, Touch ID kini lebih kondusif dengan sistem instruksi sandi 6 digit. Sebelumnya Touch ID mempunyai sistem instruksi sandi 4 digit saja. Tidak hanya itu, iOS 9 juga memperkenalkan sistem 3D Touch.


Fitur lainnya dari iOS 9 yakni hadirnya aplikasi Carplay serta mode slide-over serta split-screen untuk perangkat iPad. Beberapa pembaruan juga dihadirkan menyerupai aplikasi Note yang mempunyai beberapa pembaruan dan Maps yang mempunyai petunjuk arah untuk transit.


Tidak ketinggalan, iOS 9 hadir dengan aplikasi gres berjulukan News yang merupakan aplikasi berita. Aplikasi Passbook yang sudah hadir semenjak usang kini berganti nama menjadi Wallet. Selain itu, Apple juga menghadirkan pembaruan untuk beberapa aplikasi yang bertujuan untuk meningkatkan performa.


10. iOS 10


 dua sistem operasi mobile paling mendominasi pasar dikala ini yakni Android dan iOS Inilah Daftar Versi iOS Lengkap dari Awal Sampai Sekarang


Pada 13 September 2016, Apple menghadirkan iOS 10 ke publik bersamaan dengan iPhone 7 dan iPhone 7 Plus. Kehadiran iOS 10 sudah diumumkan sebelumnya pada gelaran Apple Worldwide Developers Conference (WWDC) yang berlangsung pada 13 Juni 2016.


Sistem operasi penerus iOS 9 ini juga mendukung beberapa perangkat Apple sebelumnya. Hanya saja tidak semua perangkat didukung penuh, ada yang dukungannya terbatas menyerupai iPhone 5, iPhone 5C, dan iPad 4. Keterbatasan ini alasannya yakni perangkat tersebut masih menggunakan prosesor dengan arsitektur 32-bit. Sementara iOS 10 ini fiturnya hanya didukung penuh oleh ponsel dengan minimal prosesor A5 atau A5X yang berbasis 64-bit.


Lantas, apa yang ditawarkan dari iOS 10? Ada banyak fitur menarik yang ditawarkan dari iOS 10 ini. Salah satunya yakni pinjaman API Siri dan iMessage untuk para pengembang aplikasi. Seain itu, iOS 10 menghadirkan D Touch pada notifikasi. Fitur lainnya yang menarik yakni hadirnya emoji pada pesan, tampilan aplikasi peta yang mempunyai desain gres dan beberapa fungsi tambahan.


11. iOS 11


 dua sistem operasi mobile paling mendominasi pasar dikala ini yakni Android dan iOS Inilah Daftar Versi iOS Lengkap dari Awal Sampai Sekarang


Seperti biasa, Apple mengumumkan kehadiran iOS terbaru di gelaran Apple Worldwide Developers Conference (WWDC). Pada 2017, gelaran ini berlangsung pada 5 Juni dan pada gelaran tersebut iOS 11 diperkenalkan. Seperti biasa pula, iOS 11 gres diluncurkan ke publik pada 19 September 2017. Peluncuran iOS 11 ini berbarengan dengan tiga ponsel dari Apple, yakni iPhone 8, iPhone 8 Plus, dan iPhone X.


Kehadiran iPhone X tentu spesial. Pasalnya, iPhone X yakni ponsel khsuus sebagai perayaan kehadiran iPhone selama 10 tahun. Oh yah, kehadiran iOS 11 juga mematikan pinjaman pada ponsel dengan prosesor 32-bit menyerupai iPhone 5 and iPhone 5C, dan iPad 4. Hal ini berarti, iOS 11 hanya mendukung perangkat dengan prosesor 64-bit. Perangkat dengan tipe prosesor Apple A7 dan Apple A8 bahkan hanya didukung terbatas.


Fitur yang ditawarkan iOS 11 cukup banyak. Namun yang jadi perhatian yakni perubahan tampilan pada App Store. Selain itu, aplikasi “File” kini bisa mengakses data yang tersimpan di memori perangkat ataupun di cloud. Fitur menarik lainnya yakni penggabungkan Notification Center dan lock screen. Fitur ini menciptakan notifikasi bisa tampil scara langsung di lock-screen.


Siri juga mengalami peningkatan kemampuan. Salah satu kemampuan dari Siri di iOS 11 yakni kemampuan dalam menerjemahkan antar bahasa dan juga mencar ilmu memahami minat para pengguna serta mengatakan saran. Siri juga bisa mengatur aplikasi musik, bahkan ketika perangkat iPhone tidak terhubung ke internet.


Selain itu, iOS 11 juga menghadirkan pengisian yang lebih cepat untuk iPhone 8, iPhone 8 Plus dan iPhone X.  Fitur ini hadir pada ketiga perangkat tersebut pada pembaruan iOS 11 yakni iOS versi 11.2. Fitur lainnya yang menarik yakni terintegrasinya aplikasi pesan dengan iCloud dan juga pinjaman kemampuan augmented reality (AR).


12. iOS 12


 dua sistem operasi mobile paling mendominasi pasar dikala ini yakni Android dan iOS Inilah Daftar Versi iOS Lengkap dari Awal Sampai Sekarang

* sumber: www.macstories.net


Setelah iOS 11, Apple kemudian memperkenalkan iOS 12 pada 4 Juni 2018 di ajang WWDC 2018. Dan menyerupai biasa, sistem operasi ini rilis berbarengan dengan perangkat Apple terbaru yakni iPhone XR, iPhone XS, dan iPhone XS Max pada 17 September 2018. Masih menyerupai iOS 11, iOS 12 juga mendukung beberapa perangkat terdahulu tetapi untuk perangkat dengan prosesor Apple A7 dan A8 (termasuk iPad), fiturnya terbatas.


Lantas, apa yang ditawarkan dari iOS 12? Sistem operasi ini mengatakan kepada pengalaman iOS yang lebih baik. Contohnya yakni kinerja aplikasi yang lebih responsif menyerupai membuka aplikasi kamera 70% lebih cepat dibandingkan iOS versi sebelumnya. Selain itu, membuka aplikasi dan loading aplikasi lebih cepat dua kali lipat prosesnya dibandingkan iOS 11.


Yang menarik dari iOS 12 yakni hadirnya Animoji baru, terutama untuk perangkat Apple sebelumnya menyerupai iPhone X. Animoji ini hadir untuk aplikasi Facetime dan pesan. Yang jadi sorotan yakni fitur notifikasi. Kini, notifikasi di iOS 12 lebih rapi alasannya yakni mengelompokan notifikasi menurut tipe aplikasi atau topik khusus tertentu. Tidak ketinggalan iOS 12 menghadirkan tombol pintas khusus untuk Siri dan fitur mode jam tidur.


Demikianlah, klarifikasi soal daftar iOS dari versi pertamanya yang hadir dengan nama iPhone OS hingga pergantian nama menjadi iOS dengan perangkat ponsel yang lebih modern. Mencermati daftar tersebut, iOS sepertinya akan mempunyai versi barunya tiap tahun dengan perangkat gres juga tentunya.


Posting Komentar untuk "Inilah Daftar Versi Ios Lengkap Dari Awal Hingga Sekarang"