Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Memilih Universitas Bagi Disabilitas

Jakarta, Kartunet.com – Dewasa ini, melanjutkan pendidikan ke jenjang sekolah tinggi tinggi menjadi sangat penting, tak terkecuali bagi penyandang disabilitas. Namun terkadang kurangnya gosip menyebabkan calon mahasiswa dengan disabilitas galau untuk menentukan universitas. Belum lagi kekhawatiran kalau ada diskriminasi atau penolakan dari pihak universitas. Padahal, sudah banyak sekolah tinggi tinggi negri (PTN) yang meluluskan banyak penyandang disabilitas. Berikut ialah beberapa Perguruan Tinggi Negeri yang sanggup Anda jadikan referensi.



Universitas Indonesia (UI)



PTN yang terletak di Salemba dan Depok ini sanggup dijadikan pilihan favorit bagi calon mahasiswa dengan disabilitas. Selain alasannya ialah mutu UI berada pada posisi 273 dunia berdasarkan QS World University Ranking 2012, yaitu terbaik di Indonesia, Perguruan Tinggi Negeri yang identik dengan sebutan Kampus Rakyat ini hamper tiap tahun meluluskan sarjana dengan disabilitas. Mahasiswa tunanetra, tunarungu, atau tunadaksa pernah tercatat kuliah di fakultas Ilmu Sosial dan Politik (FISIP), Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya (FIB), Fakultas Teknik (FT), Fakultas Psikologi, dan Fakultas Hukum.



Tidak ada jalur khusus bagi penyandang disabilitas di UI. Mereka yang diterima sebagai mahasiswa, perlu bersaing mengikuti tes bersama dengan calon mahasiswa nondisabilitas lainnya, atau jalur nontes menyerupai PMDK atau SNMPTN. Dari segi pembiayaan kuliah pun tak ada pengistimewaan. Mahasiswa dengan disabilitas yang membutuhkan pinjaman biaya kuliah, sanggup mengikuti prosedur beasiswa atau BOP-Berkeadilan bersama mahasiswa lainnya. Di UI terdapat pula forum Pusat Kajian Disabilitas meski belum semua akomodasi pendukung di kampus memenuhi asas aksesibilitas.



Universitas Negeri Jakarta (UNJ)



Kampus yang terletak di tempat Rawamangun Jakarta ini, juga menjadi salah satu Perguruan Tinggi Negeri yang kerap dipilih oleh penyandang disabilitas. Adanya jurusan Pendidikan Luar Biasa (PLB) di kampus yang dahulu berjulukan IKIP Jakarta, menarik bagi sebagian penyandang disabilitas yang ingin berkontribusi bagi komunitasnya. Selain PLB, beberapa jurusan lain yang kerap dipilih antara lain Bimbingan Konseling, Bahasa Inggris, Pendidikan Sejarah, Bahasa Arab, dan Pendidikan Luar Sekolah (PLS).



Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah



PTN berbasis Islam yang terletak di tempat Ciputat ini juga sudah dikenal banyak mendidik penyandang disabilitas sebagai mahasiswanya. Berbagai jurusan di UIN Jakarta yang tercatat pernah mendapatkan penyandang disabilitas antara lain Tarbiyah (pendidikan) Agama Islam, Bahasa Indonesia, Dakwah, Filsafat, dan Kesejahteraan Sosial. Memang pernah ada kasus penolakan terhadap calon mahasiswa tunanetra pada tahun 2008, tapi hal tersebut sudah diklarifikasi dan hanya kesalahpahaman bab penerimaan mahasiswa baru.



Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung



Universitas yang dahulunya berjulukan IKIP Bandung ini juga jadi salah satu sentra pendidikan bagi mahasiswa disabilitas. Banyak penyandang disabilitas, terutama tunanetra yang melanjutkan kuliah di UPI Bandung. Mereka rata-rata mengambil jurusan Seni Musik, Bahasa Inggris, atau PLB. Sistem dan akomodasi pendukung mahasiswa disabilitas juga sudah cukup memadai, mengingat Bandung menjadi salah satu basis penyandang disabilitas yang besar di Indonesia.



Masih banyak Perguruan Tinggi Negeri lain yang tercatat mendapatkan penyandang disabilitas menyerupai Universitas Negeri Makassar (UNM), Universitas Gajah Mada (UGM), Universitas Padjajaran (Unpad), Universitas Negeri Surabaya (Unesa), atau Universitas Brawijaya yang memang menyediakan jalur khusus bagi calon mahasiswa disabilitas. Rata-rata Perguruan Tinggi Negeri tidak menolak saat ada calon mahasiswa disabilitas alasannya ialah mereka masuk melalui jalur yang sama dengan yang nondisabilitas. Nah, kini tinggal pilihan Anda ingin masuk ke Perguruan Tinggi Negeri yang sudah biasa mendapatkan penyandang disabilitas, atau cukup menentukan yang posisi paling bersahabat dengan rumah.(DPM)

f



Sumber gamepelajar.xyz

Posting Komentar untuk "Memilih Universitas Bagi Disabilitas"