Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Memahami Keterampilan Menulis Bagi Anak Low Vision

Bandung, Kartunet.com – Dalam proses pendidikan pada anak low vision disiapkan untuk sanggup berdikari dalam aktivitasnya sehari-hari dan dia sanggup memasuki lingkungannya. Diharapkan pula dia sanggup menyesuaikan diri dengan lingkungannya. Dengan demikian dia sanggup ikut andil dalam membangun bangsa. Anak low vision yang sanggup terampil salah satu nya ialah keterampilan dalam menulis.



Siswa low vision memakai peralatan yang sama dengan apa yang biasa dipakai oleh siswa awas pada umumnya, menyerupai crayon, balpoint, pen, pencil, kapur tulis, spidol banyak sekali ukuran dan jenis, dan sebagainya.



Perbedaannya terletak pada hanya ukuran dan ketebalan goresan pena yang diharapkan sehingga sanggup dibaca. Dengan demikian peralatan menulis bagi siswa low vision sanggup didapat pada toko buku dan alat tulis pada umumnya. Alat tulis berwarna gelap dan kertas dengan garis tebal. Kombinasi antara besarnya simbol dan kertas dengan garis yang kontras dan tebal akan menghasilkan kesiapan dan akomodasi bagi siswa low vision dalam menulis.



Mengetik yaitu hal yang sangat penting bagi siswa low vision, dengan keterampilan tersebut merupakan sesuatu yang tidak terpisahkan dengan acara menulis untuk tetapkan berhasilnya tes dan kenaikan kelas. Sebaiknya semenjak kelas 3 sekolah dasar sudah dimulai memakai mesin tik awas. Mengetik memang akan lebih cepat dan sanggup dibaca daripada goresan pena tangannya. Untuk mengoperasikan mesin tik dan mengajarkan pada siswa low vision tidak berbeda dengan yang diperoleh oleh siswa yang awas.



Banyak siswa yang mencar ilmu mengetik dari membaca buku yang bertuliskan besar. Pada dikala ini mengetik sanggup pribadi memakai perangkat kompiuter, ini akan memudahkan anak dalam mengikuti acara mencar ilmu mengajar di sekolah umum.



Untuk itu acara keterampilan menulis bagi siswa low vision harus mengandung dua tujuan yaitu :



1)             Siswa low vision sanggup memakai peralatan menulis sesuai dengan kebutuhan.



2)             Siswa low vision sanggup terampil memakai metode mengetik awas tradisional dan modern (komputer) dengan baik. (Danu)



Sumber gamepelajar.xyz

Posting Komentar untuk "Memahami Keterampilan Menulis Bagi Anak Low Vision"