Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengatasi Windows Script Host Access is Disabled on This Machine

Cara mengatasi pesan error error script host access is disabled on this machine Cara Mengatasi Windows Script Host Access is Disabled on This Machine


Windows Script Host atau WSH merupakan salah satu fitur bawaan yang dimiliki oleh Microsoft Windows. Fitur Windows Script Host memiliki fungsi untuk menjalankan script pada komputer yang anda gunakan, seperti script Java atau script VB. Fitur WSH ini harus aktif pada sebuah komputer agar administrator mampu melakukan optimisasi terhadap sejumlah proses di sistem Windows. Contoh peranan WSH yang paling umum adalah pada optimisasi jaringan drive dan koneksi printer.


Sayangnya, ada beberapa kondisi yang membuat fitur Windows Script Host menjadi disabled. Penyebab yang paling sering membuat fitur WSH di Windows menjadi disabled adalah karena menginstall dan mengaktifkan antivirus Smadav. Ketika anda menggunakan antivirus Smadav, maka Windows Script Host akan diubah statusnya menjadi disabled. Tujuannya mungkin agar virus maupun malware yang dibuat dalam bentuk script Java maupun VB tidak dapat dieksekusi di komputer yang menggunakan antivirus Smadav.


Ketika Windows Script Host dalam keadaan disable, maka ada beberapa perintah yang tidak dapat anda lakukan. Hal ini tentu saja berkaitan dengan aktivitas yang menjalankan script Java maupun VB. Ketika WSH dalam keadaan disable, maka Laptop yang anda gunakan akan menampilkan error yang berisi pesan “script host run.vbs” atau biasa juga berisi pesan “error script host access is disabled on this machine”. Masalah ini bisa terjadi pada semua versi Windows, baik itu Windows 7, Windows 8/8.1, maupun Windows 10.


Masalah yang sangat sering dikeluhkan akibat Windows Script Host disabled adalah ketika melakukan aktivasi Office menggunakan software aktivator. Pada kasus-kasus tersebut, akan muncul pesan “error script host access is disabled on this machine. contact your administrator for details” saat memulai proses aktivasi. Ketika muncul pesan error seperti ini, maka tentu saja proses aktivasi Office maupun Windows tidak dapat dilanjutkan. Oleh karena itu, anda harus mengatasi masalah error ini terlebih dahulu.


Mengatasi Pesan Error “Windows Script Host Acces is Disabled on This Machine” bagi Pengguna Smadav


Jika anda menggunakan antivirus Smadav, maka sebenarnya anda bisa mengatasi masalah munculnya pesan error “Windows Script Host Acces is Disabled on This Machine” dengan sangat mudah. Anda bisa mengatasi masalah ini dan menjalankan kembali script atau software yang diblock. Cara yang perlu dilakukan adalah dengan meng-enable Windows Script Host di Smadav. Untuk melakukan cara ini, silahkan ikuti langkah-langkah berikut.


Langkah pertama adalah silahkan klik pada ikon segitiga kecil yang terdapat di pojok kanan taskbar Windows untuk menampilkan ikon-ikon program yang berjalan di background. Setelah itu, akan muncul beberapa ikon software yang berjalan di latar belakang, termasuk ikon Smadav.


Silahkan klik kanan pada ikon Smadav yang muncul. Setelah itu, klik Allow Windows-Script & Office-Macro untuk meng-enable Windows Script Host. Anda bisa memilih opsi Permanent jika ingin Windows Script Host Enabled selamanya, atau bisa juga memilih Until Restart jika hanya ingin sampai komputer dimatikan.


Cara mengatasi pesan error error script host access is disabled on this machine Cara Mengatasi Windows Script Host Access is Disabled on This Machine


Setelah itu, akan muncul jendela pemberitahuan bahwa Windows Scripting Host akan diubah menjadi Allow. Pada jendela ini silahkan klik Ok untuk memberi izin.


Cara mengatasi pesan error error script host access is disabled on this machine Cara Mengatasi Windows Script Host Access is Disabled on This Machine


Jika sudah selesai, maka anda bisa mencoba kembali menjalankan software atau script yang sebelumnya mendapat error “Windows Script Host Acces is Disabled on This Machine”. Jika sudah berhasil, maka anda tidak akan menemukan error lagi, termasuk ketika melakukan aktivasi menggunakan KMS aktivator.


Itulah cara mengatasi pesan error “Windows Script Host Acces is Disabled on This Machine” yang diakibatkan oleh antivirus Smadav. Jadi, jika anda mengalami masalah ini dan ternyata pada komputer anda terinstall antivirus Smadav, maka solusi diatas akan mengatasinya.



Sumber gamepelajar.xyz

Posting Komentar untuk "Cara Mengatasi Windows Script Host Access is Disabled on This Machine"