Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Traveling Pesawat Untuk Disabilitas

Jakarta, Kartunet.com – Bepergian dengan maskapai pesawat terbang terkadang menjadi problem bagi penyandang disabilitas. Masih kurangnya sosialisasi di kalangan petugas lapangan dan sistem yang belum berjalan sinergis pada penerbangan domestik menjadikan masih banyaknya perlakuan diskriminatif masih harus diterima. Namun di luar semua itu, ada beberapa tips yang dibutuhkan sanggup mengurangi risiko perlakuan diskriminatif, sekaligus meningkatkan keamanan bagi pelancong dengan disabilitas.


Seperti dilansir dari disable-world.com, beberapa tips berikut sanggup menciptakan perjalanan lebih aman, nyaman, dan biaya yang dikeluarkan jadi lebih murah.


Pertama, ada baiknya jikalau Anda memakai jasa biro perjalanan yang sudah dipercaya anggun dalam melayani pelancong dengan disabilitas. Referensi sanggup diperoleh dari rekanan yang sudah berpengalaman dalam memakai jasanya.


Jika Anda eksklusif memesan tiket pada maskapai tertentu, pesanlah tiket dari jauh hari serta jelaskan kondisi disabilitas dan banyak sekali hal yang Anda perlukan. Tak perlu sungkan jikalau Anda memerlukan alat bantu menyerupai tandu, dingklik roda, atau alat bantu transportasi lainnya. Pemesanan tiket di jauh hari juga memungkinkan Anda menerima pecahan harga sebab biasanya maskapai mempunyai agenda promo untuk pemesanan tiket beberapa hari sebelum keberangkatan.


Tanyakan pula kepada biro perjalanan atau maskapai Anda isu mengenai kondisi kamar kecil di dalam pesawat. Apakah model kamar kecil yang tersedia terusan bagi penyandang disabilitas, khususnya pengguna dingklik roda. Selain itu, cari juga isu mengenai kamar kecil dan kemudahan lapangan parkir  aksesibel yang tersedia di bandara.


Cari tahu juga bagaimana Anda akan boarding ke dalam pesawat; contohnya apakah maskapai atau pihak bandara menyediakan eskalator atau lift untuk Anda memasuki pesawat. Pastikan apabila Anda memakai dingklik roda mengenai penggunaan tangga untuk boarding. Jika tak tersedia, Anda sanggup mempertimbangkan untuk mengganti maskapai atau jalur perjalanan. Namun apabila memang tak memungkinkan, komunikasikan dengan pihak maskapai mengenai kebutuhan aksesibilitas Anda.


Satu hal sebelum terbang yang cukup penting untuk diperhatikan yakni kehadiran Anda sebelum waktu boarding. Ada baiknya jikalau Anda sudah check-in dan bersiap di akrab boarding gate sesaat sebelum waktu yang ditentukan, sehingga Anda menerima prioritas lebih dulu untuk boarding ke pesawat. Sebab sebagai penumpang dengan disabilitas, Anda mempunyai hak untuk masuk lebih dulu ke dalam pesawat sebelum penumpang yang lain.


Selain beberapa hal penting di atas, ada tips kecil supaya Anda lebih nyaman dikala bepergian dengan pesawat terbang.



  1. Pastikan untuk menentukan posisi kawasan duduk sesuai dengan kebutuhan Anda. Dapat dipertimbangkan untuk duduk akrab dengan gang kabin untuk memudahkan Anda dikala ingin ke toilet pesawat. Sebaiknya hindari dingklik pada jalur  emergency/darurat sebab biasanya penumpang yang duduk akrab jalur tersebut akan dimintai pertolongan oleh yang lain.

  2. Pastikan bahwa petugas pesawat mengetahui mengenai alat bantu yang Anda bawa menyerupai dingklik roda atau tongkat putih. Komunikasikan mengenai kawasan terbaik dan kondusif kepada mereka untuk menyimpan milik Anda tersebut selama perjalanan.

  3. Identifikasi hal-hal apa saja yang sanggup Anda lakukan secara berdikari dan yang sekiranya memerlukan sumbangan dari petugas pesawat. Apakah Anda sanggup berpindah secara berdikari atau memerlukan alat bantu bergerak atau penanganan dari petugas pesawat?

  4. Pertimbangkan untuk menyewa jasa perawat jikalau kondisi kesehatan Anda tidak memungkinkan untuk bepergian sendiri.

  5. Isi penuh energi baterai pada alat-alat bantu Anda yang memakai baterai atau persiapkan power bank portable.

  6. Jika bepergian melintasi zona waktu yang berbeda, apakah jet lag mempengaruhi kondisi kesehatan Anda?

  7. Komunikasikan hal-hal yang pribadi kepada maskapai Anda menyerupai kekuatan badan untuk selalu duduk tegak, kemampuan berkomunikasi, problem pendengaran, penglihatan, kesehatan, makanan yang perlu dipantang, dll.

  8. Ketika pesawat telah mendarat, jangan keluar dari pintu sebelum mendapati semua alat bantu Anda. Petugas pesawat akan tetap berada di dalam sampai semua penumpang turun, jadi tak perlu terburu-buru apabila keperluan Anda belum dikembalikan.

  9. Cukup penting jikalau selalu membawa obat-obatan pribadi, beserta data dokter dan nomor kontaknya selalu bersama Anda. Langkah ini sanggup membantu petugas pesawat apabila mengalami gangguan kesehatan di tengah perjalanan.

  10. Ada baiknya juga selalu membawa fotokopi paspor, kartu identitas, kartu kredit, dll di tas bawaan Anda.


Semoga tips di atas sanggup mengurangi rasa khawatir Anda pada perlakuan diskriminatif oleh maskapai penerbangan. Dengan persiapan yang matang dan komunikasi yang baik, dibutuhkan perlakuan yang tidak menyenangkan itu tidak dialami oleh Anda. Selamat melancong. (DPM)


Editor: Muhammad Yesa Aravena



Sumber gamepelajar.xyz

Posting Komentar untuk "Tips Traveling Pesawat Untuk Disabilitas"