Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Sabtu Sore, Bersuara Tanpa Batas Di #Diskusiinklusif

Program gres Kartunet Community tiap Sabtu sore bertajuk #DiskusiInklusif. Kegiatan yang diadakan di Kartunet Spirit Home, sekretariat Kartunet Community pada hari Sabtu pekan pertama tiap bulan, pukul 13:00 WIB sampai 16:00 WIB ini terbuka bagi masyarakat umum. Kamu sanggup terlibat dalam ngobrol sore yang  mengangkat warta disabilitas dan aneka macam warta lain yang sedang hangat.


Pada edisi perdana, #DiskusiInklusif memfasilitasi rekan-rekan dari Sasana Integrasi dan Advokasi Difabel (SIGAB) Yogyakarta. Tema diskusi yang diadakan pada Jum’at, 26 April 2013 ini ialah “Perspektif Disabilitas dalam Proses Peradilan Hukum dan Media Mainstream”. Peserta yang hadir, selain dari rekan-rekan SIGAB, ada pula penerima dari LBH Jakarta, Pertuni, HWDI, PPUA Penca, Majalah Diffa, dan kawan-kawan Young Voice. Diskusi sendiri berlaku sebagai fasilitator Dimas, dari Kartunet.com


Menjadi perhatian pada diskusi bagaimana proses peradilan bagi penyandang disabilitas dominan tidak tuntas. Tindakan diskriminasi atau kekerasan terhadap wanita dan anak dengan disabilitas seakan belum menerima keadilan di mata hukum. Bahkan penyandang disabilitas lazim dianggap tak bisa untuk bersaksi dalam proses peradilan.


Begitu pula perspektif disabilitas yang ada pada media mainstream atau lebih tepatnya media komersial. Sering dijumpai program televisi yang seakan memberi stigma bahwa disabilitas atau keanehan yang didapat seseorang kerap terjadi sebab kutukan atau dosa. Contoh pada program berbau religi yang kadang diakhiri dengan tokoh yang menjadi cacat sebab dosa-dosa ia terdahulu. Mungkin pada satu sisi memang ada kejadian menyerupai itu, tapi dampaknya pada persepsi publik sangat tidak menguntungkan bagi penyandang disabilitas. Sangatlah salah jikalau terbentuk anggapan bahwa semua penyandang disabilitas niscaya menyerupai itu. Ini sangat merugikan.


Pada diskusi disimpulkan pula bagaimana diperlukannya sinergitas dalam upaya advokasi pada penyandang disabilitas. Dibutuhkan advokasi yang sanggup memperlihatkan efek sistemik yang berdampak luas tidak hanya sebatas kasus. Dari sana bagaimana antara media massa, forum hukum, dan organisasi advokasi disabilitas saling bersinergi untuk menciptakan perubahan yang sifatnya sistemik. Tentu media massa menyerupai Kartunet.com sanggup bekerja sama dengan solider.or.id dan majalah Diffa untuk menjadi ujung tombak publikasi dan fasilitator aneka macam kepentingan organisasi dan komunitas disabilitas.


Mulai bulan Mei, #DiskusiInklusif akan diadakan tiga kali dalam satu bulan yaitu pada ahad pertama, kedua, dan ketiga tiap hari Sabtu sore. Bagi penyandang disabilitas atau masyarakat umum sanggup ikut hadir untuk diskusi bersama, bertukar pendapat, dan menerima serta menyebarkan informasi baru. Selama diskusi, Anda yang tidak sempat hadir atau ada di lokasi yang jauh sanggup mengikutinya pada radio streaming di gamepelajar.xyzradio dan video streaming di tautan gamepelajar.xyztv.


Dokumentasi baik foto dan podcast #DiskusiInklusif juga akan kami bagi dalam situs ini biar semua pihak sanggup mengikuti perkembangan warta disabilitas di Indonesia dan internasional. Di tamat postingan ini, Anda sanggup mengunduh rekaman pada #DiskusiInklusif_01 tanggal 26 April 2013 lalu. Mari ikut dalam edisi #DiskusiInklusif berikutnya dengan topik dan bahasan yang tak kalah seru.



Sumber gamepelajar.xyz

Posting Komentar untuk "Sabtu Sore, Bersuara Tanpa Batas Di #Diskusiinklusif"