Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jetpack, Plugin All In Untuk Blogmu

Siapa tak kenal WordPress atau WP? Para blogger yang sudah malang melintang di dunia maya tentu kenal CMS ini. Selain memperlihatkan akomodasi blog gratis di wordpress.com, WP juga menyediakan free engine yang sanggup di-install pada hosting pribadi. Mungkin itu yang menciptakan WP menjadi blog engine nomor wahid di atas Blogspot atau multiply yang sudah almarhum dikala ini.


Antara wordpress.com gratis dengan WP dengan hosting langsung yang kemudian disebut WP self-host, ada beberapa kelebihan dan kekurangan. Pada wordpress.com, Anda sanggup menggunakannya cuma-cuma. Tak perlu membangun apapun, cukup sign up, maka sudah siap blog untuk diisi dengan konten. Meski mudah, WordPress.com membatasi Anda untuk berbuat “semaunya” pada blog menyerupai memasang iklan, menambah plugin, mengedit themes, dll. Sedangkan pada WordPress self-host, kebebasan ada di tangan. Meski memerlukan skill khusus untuk set up hosting, upload file engine WP, dan konfigurasi plugin dan themes, tipe kedua ini memberi izin para user untuk memasang iklan hingga menambahkan plugin serta themes tanpa batas.


Namun sekarang Anda sanggup membawa kemudahan-kemudahan yang ada di WordPress.com ke dalam fleksibilitas wordpress self-host dengan satu plugin sakti. PluginJetpack akan menerbangkan blog Anda dalam satu paket lengkap yang dimiliki oleh WordPress.com. Dengan plugin ini, banyak fitur yang sebelumnya hanya ada di WordPress.com, sekarang sanggup dipakai di blog self-host. Kelebihan dari memakai Jetpack yaitu bisa menghemat resources hosting alasannya hanya perlu install satu plugin untuk banyak fitur. Adapun beberapa gitur yang menjadi favorit saya sebagai berikut.



  • Publicize

    Fitur ini memungkinkan untuk menghubungkan blog dengan beberapa situsjejaring sosial terkenal menyerupai Twitter, Facebook, Linkedin, dan Tumbler. Tiap ada update post baru, maka otomatis tautan ke post tersebut akan dikirim ke empat jejaring sosial tersebut. Hal ini sangat membantu untuk mengajak sebanyak mungkin followers dan teman di jejaring sosial supaya membaca blog post terbaru.

  • Notification

    Fiturini akan menjagamu selalu update dengan kegiatan di dalam blog. Setiap ada post gres atau komentar, akan dikirim email yang memberitahunya.

  • WordPress.com Stats

    Memberi statistik ringkas mengenai angka kunjungan pada situs. Tidak menambah loading blog alasannya meminjam server dari wordpress.com

  • Jetpack Comments

    Ini fitur yang menciptakan berkomentar di blog post kau jadi menyenangkan. Alih-alih meminta visitor yang ingin berkomentar untuk memasukkan alamat email dan web, Jetpack Comments mengizinkan untuk memakai akun-akun jejaring sosial menyerupai Twitter atau Facebook sebagai profile komentator. Kaprikornus komentator merasa lebih terjamin privacy-nya sekaligus sanggup promosi akun Twitter atau Facebook miliknya. Namun perlu dicatat, bagi yang mempunyai server tak terlalu manis loadingnya, fitur ini sanggup menjadikan loading lebih lama.

  • Subscriptions

    Membuat visitor blog kau lebih gampang untuk mengikuti post terbaru dari blog. Akan dibentuk widget sederhana untuk visitor memasukkan alamat email mereka, dan tiap ada post gres maka akan dikirim pemberitahuannya ke email mereka.

  • Post by Email

    Fitur ini memungkinkan kau untuk menciptakan post gres via email. Akan diberikan alamat email unik yang kalau dikirim email ke alamat tersebut, maka akan menciptakan post gres pada kategori default. Format pembuatan postnya yaitu judul post akan diambil dari subjek email, dan isi blog dari body mail. Adanya fitur ini juga menjadi solusi pada tidak berfungsinya akomodasi post by email yang sanggup ditemui pada setting >> writing.

  • Sharing

    fitur ini menciptakan Anda tidak perlu lagi install plugin untuk facebook share, retwit, google plus, dan widget untuk share ke social media populerlainnya. Dengan sjatu fitur ini, sudah sanggup dipilih untuk menampilkan widget yang diinginkan pada tiap post.

  • Mobile Themes

    Fitur ini menjadi langkah instant untuk menciptakan blog lebih gampang diakses via mobile. Ketika ada yang mengakses via mobile atau smart phone, maka themes blog akan otomatis berubah ke tampilan mobile yang lebih simple. Kaprikornus blog anda tidak akan terasa berat loading bagi user mobile.


Di atas ialah beberapa fitur yang kerap saya pakai. Masih banyak fitur-fitur lain menyerupai correct spell and grammar, likes, photo gallary, dll yang tak kalah menariknya. Singkat kata, plugin ini memberi berbagai kemudahan wordpress.com denganhanya satu plugin. Akan banyak plugin-plugin yang berdisi sendiri tak diharapkan lagi sehabis adanya satu plugin lengkap ini. Jangan hingga tidak mencoba plugin ini dengan mengunduhnya di sini.



Oia, ketika sudah install plugin ini, Anda akan diminta terlebih dahulu untuk menghubungkan blog dengan account wordpress.com. Silakan buat free account di WordPress.com. Dapat menentukan “create user only”, alasannya Anda tak memerlukan akomodasi free blog di wordpress.com.



Sumber gamepelajar.xyz

Posting Komentar untuk "Jetpack, Plugin All In Untuk Blogmu"