Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Dengan Aplikasi Ini Tunanetra Dapat ‘Melihat’

Jakarta, Kartunet.com — Apa sih yang tidak sanggup dilakukan dengan teknologi? Bahkan tunanetra pun sanggup melihat karenanya! Tidak percaya?


Adalah Net Ideas, LLC yang membuat sebuah aplikasi berjulukan TapTapSee – Blind & Visually Impaired Camera , aplikasi yang didesain khusus untuk membantu para penyandang disabilitas tunanetra mengidentifikasi segala objek di sekitarnya dalam kehidupan sehari-hari. Cukup dengan melaksanakan double tap pada jendela aplikasi, maka TapTapSee akan menyampaikan apa objek di hadapannya! Aplikasi ini sanggup digunakan pada beberapa tipe gadget Apple, ialah iPhone 3GS, iPhone 4, iPhone 4S, iPhone 5, iPod touch (3rd generation), iPod touch (4th generation), iPod touch (5th generation) dan iPad.


Untuk menggunakan TapTapSee, sebelumnya pastikan dulu voiceover (aplikasi pembaca layar Pada IOS) telah diaktifkan (enabled) dan perangkat terhubung ke internet. Adapun, cara penggunaannya sebagai berikut:


– Jika kita mengarahkan kamera pada sebuah laptop berwarna hitam yang sedang di taruh di lantai, maka TapTapSee akan mengatakan, “A black laptop on the floor.”


– Jika kita mengarahkan kamera pada seorang perempuan yang menggunakan gaun belang hitam abu-abu dan sedang menelpon, maka TapTapSee akan mengatakan, “”A woman with black and silver dress holding a phone.”


Tidak hanya itu saja, TapTapSee bahkan juga sanggup mengidentifikasi merek gadget. Saat kita mengarahkan kamera pada sebuah BlackBerry berwarna hitam, ia akan berkata, “A Black BlackBerry Qwerty.”


Aplikasi ini juga sanggup membaca goresan pena secara akurat, bahkan menerjemahkan goresan pena berbahasa apa saja sesuai dengan bahasa default perangkat. Yang  paling hebat, TapTapSee sanggup didapat secara gratis!


Tertarik mencoba? silakan kunjungi https://itunes.apple.com/id/app/taptapsee-blind-visually-impaired/id567635020 (MIT)


Editor: Muhammad Yesa Aravena



Sumber gamepelajar.xyz

Posting Komentar untuk "Dengan Aplikasi Ini Tunanetra Dapat ‘Melihat’"