Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Buat Blog Lebih Eksis Dengan Twitter Feed

Akun jejaring sosial dan blog layaknya bulan dan malam. Dapat bangun masing-masing, tapi akan lebih gemilang jikalau hadir bersama. *halah*. Tapi ini serius. Ketika hanya aktif di jejaring sosial, mungkin sanggup banyak respons, akan tetapi efeknya hanya jangka pendek. Sebaliknya jikalau hanya di blog, biasanya pembaca terbatas, tapi selama layanan server daerah ngeblog masih ada, selama itu pula tulisan-tulisan kekal. Namun di kala penuh sinergi dan kerja sama ini, tak afdol rasanya jikalau jejaring sosial yang dimiliki tidak dihubungkan dengan blog, dan hal itu mungkin dengan kemudahan yang ditawarkan oleh Twitter Feed.


Bentuk dari sinergi ini biasanya ditemukan pada update Twitter atau status Facebook orang yang mencantumkan judul tulisan, beserta sedikit cuplikan isinya, kemudian dilanjutkan dengan tautan ke goresan pena tersebut di blog. Bayangkan jikalau followers atau friend ada 1000 dan 1% yang klik, berapa kali blog kau akan dikunjungi tiap harinya? Bukan untuk tujuan narsis, tapi sebuah gagasan memang perlu dibaca dan sanggup masukkan atau apresiasi bukan?


Nah, cara sharing ini ada yang manual dan otomatis. Manual biasanya dengan klik widget social sharing yang ada di blog. Namun kali ini akan coba dibahas bagaimana secara otomatis menciptakan twit atau status gres yang memberitahukan bahwa ada goresan pena gres di blog via Twitter Feed. Sebetulnya sanggup juga update twit dan status terpola untuk promosi tulisan-tulisan usang di blog, akan tetapi perlu plugin khusus dan hanya sanggup dilakukan pengguna WordPress self-host. Buat fitur yang ini sanggup baca goresan pena berjudul Tweetily, Plugin Agar Ngeblog Ga Basi.


Persiapan



  1. Kamu sudah harus mempunyai email di gmail.com. Masa sih hari gini belum punya email dari mbah Google? Dengan kapasitas yang besar dan loading jauh lebih cepat dari Yahoo. Sebab email ini akan digunakan untuk menciptakan feed dari blog.

  2. Setelah login ke account email gmail, masuk ke http://feeds.feedburner.com. Ini yaitu layanan dari google untuk menciptakan feed blog. Feed yaitu umpan digital yang fungsinya ibarat katalog dari blog. Feed memuat tautan beserta judul dan cuplikan isi tulisan.

  3. Burn new feed dengan memasukkan alamat blog kau dan lanjutkan proses hingga mendapat alamat feed blog kamu. Misal pada blog ini, alamat feednya yaitu http://feeds.feedburner.com/dimasmuharam

  4. Coba buka tautan ke alamat feed blog kau yang dibentuk oleh Feed Burner, maka akan terbuka daftar goresan pena terbaru beserta cuplikannya.

  5. Pastikan pada browser yang sedang digunakan (Firefox, Internet Explorer, dll) kau sudah login ke semua  akun jejaring sosial yang akan dipakai. Jika sudah mempunyai twitter, Facebook, dan Linkedin, silakan gunakan semua.


Saat ini kau sudah mempunyai feed blog. Tak cukup hingga di sini alasannya yaitu feed tersebut perlu untuk dikirimkan ke akun-akun jejaring sosial.


Setting Up Twitter Feed



  1. Jika belum mempunyai akun di Twitter Feed, sanggup register gratis di http://www.twitterfeed.com

  2. Setelah login, buat feed gres dan lengkapi kolom-kolom yang ada, ibarat judul feed, alamat feed, dst.

  3. Pada advance setting sanggup dikonfigurasi ibarat pilihan interval update, banyaknya feed yang dishare tiap update, pilihan untuk hanya menampilkan judul + tautan atau dilengkapi pula dengan cuplikan isi, dll. Silakan dipilih sesuai kebutuhan.

  4. Masih di advance setting, ada pula fitur untuk menambahkan preffix text dan suffix. Artinya yaitu kau sanggup menambahkan teks tertentu pada sebelum dan setelah isi twit. Misal ingin menambahkan hashtag pada tiap twit, sanggup menuliskan #BlogDPM di preffix teks ibarat yang saya lakukan.

  5. Klik continue.

  6. Pada langkah ini, ada beberapa pilihan untuk sharing ke beberapa situs jejaring sosial. Tersedia yaitu Twitter, Facebook, dan Linkedin. Tak ada salahnya jikalau digunakan semua dengan otorisasi via Twitter Feed untuk izin memakai layanannya.

  7. Klik “all done” apabila sudah simpulan menciptakan layanan pada akun-akun yang diinginkan.


Sampai di sini, mari ucapkan Hamdalah alasannya yaitu proses sudah selesai. Selanjutnya saat kau publish goresan pena gres di blog, maka dalam interval waktu yang dipilih di Twitter Feed, tautan ke goresan pena tersebut akan muncul otomatis di Twitter, Facebook, atau Linked sesuai dengan pengaturan. Tak perlu bersusah payah sharing sana sini, cukup konsisten menulis yang baik dan perbanyak kenalan di jejaring sosial.


Ada beberapa laba jikalau akun jejaring sosial dihubungkan dengan blog. Pertama, yaitu peluang mendatangkan traffic atau pengunjung ke blog via Twitter atau Facebook. Apalagi jikalau akun jejaring sosial kau sudah mempunyai banyak followers atau friend, propabilitas untuk kenalan kau masuk ke blog lebih besar. Selain itu, akun jejaring sosial juga memudahkan sobat atau pengunjung blog membuatkan goresan pena kau via akun twitter dan facebook mereka. Tentu sering melihat adanya widget untuk social sharing yang ada di blog post. Itu yaitu cara memakai orang lain sebagai marketeer kamu. Bayangkan jikalau goresan pena yang kau buat dipromosikan oleh orang lain, berarti memang ada manfaat dari apa yang ditulis.


Di sisi lain, adanya tautan blog di akun jejaring sosial akan menambah kredibilitas. Ada kesan bahwa kau bukan sekedar tukang “nyeletup”, tapi juga bisa menuangkan gagasan dalam bentuk yang lebih terstruktur. Bagi personal branding juga mendukung alasannya yaitu publik akan sanggup lebih mengenal dari tulisan-tulisan yang dibentuk di blog. Selain itu, blog juga sanggup jadi solusi untuk menawarkan ruang obrolan yang lebih luas tak hanya sekedar mention yang dibatasi oleh 140 karakter. Apabila ingin memberikan sesuatu, sanggup berikan pada dasarnya di Twitter, kemudian secara lengkap di blog.


Sekian dulu yang sanggup saya share. Semoga sanggup bermanfaat dan buat acara ngeblog kita lebih gampang dan produktif. Sebab semakin banyak pembaca dan jawaban yang masuk ke blog, secara naluriah pembuat juga akan merasa dihargai dan menambah semangat untuk berbagi. Apabila ada pertanyaan dan kebingungan saat mengikuti tutorial ini, silakan tulis di kolom komentar ya. Happy blogging!(DPM)



Sumber gamepelajar.xyz

Posting Komentar untuk "Buat Blog Lebih Eksis Dengan Twitter Feed"