Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Brawijaya Kembali Terima Mahasiswa Disabilitas

Jakarta, Kartunet.com – Di antara banyak perguruan tinggi tinggi yang masih menolak calon mahasiswa disabilitas, Universitas Brawijaya kembali membuka Seleksi Program Khusus Penyandang Disabilitas (SPKPD) tahun pedoman 2013 – 2014. Melanjutkan jadwal serupa tahun lalu, SPKPD menjaring calon mahasiswa disabilitas untuk kuliah pada banyak sekali jurusan di perguruan tinggi tinggi yang berlokasi di kota Malang itu. Penyandang disabilitas yang lulus dari SMA/SMALB atau yang sederajat pada tahun 2011, 2012, dan 2013 sanggup mendaftar secara online mulai 20 Mei, dan berkesempatan memperoleh beasiswa.


SPKPD yakni seleksi penerimaan Mahasiswa Baru Universitas Brawijaya (UB) melalui seleksi administratif, tes wawancara, dan psikotes yang dilakukan oleh Panitia Penerimaan Mahasiswa Baru UB. Seleksi ini diperuntukkan bagi penyandang disabilitas yang mempunyai kapabilitas dalam bidang keilmuan dari Jurusan/Program Studi yang akan dipilihnya. Peserta yang lulus SPKPD mempunyai kesempatan untuk mendapat beasiswa.


Prosedur Pendaftaran



  1. Pendaftaran peserta SPKPD dilakukan secara online melalui www.selma.ub.ac.id dan www.psld.ub.ac.id

  2. Panitia akan melaksanakan seleksi administratif menurut data yang dikirimkan.

  3. Peserta yang lolos seleksi administratif membayar biaya registrasi sebesar Rp.200.000,- pada Bank BNI seluruh Indonesia.

  4. Peserta yang lolos seleksi administratif akan dipanggil (bersama orangtua) untuk mengikuti tes wawancara dan psikotes.

  5. Pemanggilan calon mahasiswa untuk mengikuti tes wawancara dan psikotes dilakukan oleh tim SPKPD.

  6. Peserta yang mengikuti tes wawancara dan psikotes harus membawa berkas-berkas orisinil dan fotocopy, sesuai dengan rincian yang sanggup dilihat di www.selma.ub.ac.id dan www.psld.ub.ac.id.

  7. Keputusan yang dibentuk oleh tim SPKPD tidak sanggup diganggu gugat.

  8. Kelas Program Studi yang ditawarkan untuk SPKPD sanggup dilihat di sini


Persyaratan Umum



  1. Calon Mahasiswa yakni Warga Negara Indonesia (WNI).

  2. Peserta SPKPD yakni penyandang disabilitas.

  3. Calon Mahasiswa bisa melaksanakan imbulasi atau mobilitas dengan alat bantu atau tanpa alat bantu.

  4. Lulus dari Satuan Pendidikan dan Ujian Nasional SMA/MA/SMK/SMALB atau yang setara tahun 2011, 2012, dan 2013.

  5. Lulusan tahun 2011 dan 2012 mempunyai ijazah SMA/MA/SMK/SMALB atau yang setara, dan lulusan tahun 2013 sekurang-kurangnya telah mempunyai Surat Keterangan Hasil Ujian Nasional (SKHUN) dari Kepala Sekolah, yang dilengkapi dengan pasfoto terbaru yang bersangkutan dan dibubuhi cap sekolah.


Berkas yang Dibawa pada ketika Tes Wawancara dan Psikotes



  1. Membawa bukti registrasi online

  2. Membawa kartu identitas orisinil (KTP/SIM/Kartu Pelajar/Paspor) dan menyerahkan foto copy kartu identitas sebanyak 3 lembar.

  3. Membawa sertifikat kelahiran orisinil dan menyerahkan fotokopi sertifikat kelahiran yang sudah dilegalisir RT/RW sebanyak 3 lembar.

  4. Membawa kartu keluarga orisinil dan menyerahkan fotokopi kartu keluarga yang sudah dilegalisir RT/RW sebanyak 3 lembar.

  5. Membawa surat keterangan wacana disabilitas dari dokter/terapis/psikiater/kepala sekolah.

  6. Membawa Ijazah orisinil dan menyerahkan fotokopu ijazah SMU/SMK/SMULB/MA yang sudah dilegalisir, sebanyak 3 lembar.

  7. Membawa raport orisinil dan menyerahkan fotokopi raport dari kelas 1 s.d. kelas 3 yang sudah dilegalisir sebanyak 2 berkas.

  8. Membawa surat penghargaan (sertifikat) prestasi tertentu bagi yang memiliki, dan menyerahkan fotokopi sertifikat sebanyak 3 lembar.

  9. Membawa slip honor terakhir orang tua/wali, dan menyerahkan fotokopi slip honor sebanyak 2 lembar.

  10. Membawa rekening tagihan/bukti pembayaran air, listrik, dan telepon 3 bulan terakhir, dan menyerahkan fotokopi rekening tersebut sebanyak 2 lembar.

  11. Membawa rekening tagihan/bukti pembayaran PBB 1 tahun terakhir, dan menyerahkan fotokopi rekening tersebut sebanyak 2 lembar.

  12. Jika tidak mempunyai rkening air, listrik, telepon, dan slip honor maka diganti dengan surat keterangan RT/RW dan kelurahan.

  13. Membawa bukti pembayaran tanggungan lainnya, dan menyerahkan fotokopi bukti tersebut sebanyak 2 lembar.

  14. Membawa materai Rp.6.000,00.

  15. Membawa map merah (1 lembar) dan map biru (1 lembar).


 


Jadwal Pendaftaran








































No.KegiatanWaktu
1.Pendaftaran Online20 Mei-20 Juni 2013
2.Seleksi Administratif21-26 Juni 2013
3.Pengumuman Hasil Seleksi Administratif27 Juni 2013
4.Pembayaran Biaya Pendaftaran28 Juni-3 Juli 2013
5.Tes Psikotes dan Wawancara4-12 Juli 2013
6.Pengumuman Akhir23 Juli 2013

Pertanyaan dan isu lebih lanjut sanggup mengunjungi situs resmi Pusat Studi dan Layanan Disabilitas UB di http://psld.ub.ac.id atau telepon ke 03417290046 dan email psldbrawijaya@ub.ac.id. Semoga makin banyak penyandang disabilitas yang menjangkau pendidikan tinggi dan lebih banyak lagi institusi pendidikan yang terbuka karenanya.(DPM)


Editor: Muhammad Yesa Aravena



Sumber gamepelajar.xyz

Posting Komentar untuk "Brawijaya Kembali Terima Mahasiswa Disabilitas"