Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Niat Buka Usaha Sendiri? Jangan Pilih 4 Bisnis Ini!

Semua orang bebas mewujudkan niat buka usaha sendiri. Bahkan pemerintah mendorong semua orang menjadi pengusaha ketimbang karyawan demi penciptaan lapangan kerja.

Tapi gak sembarang orang bisa buka usaha. Jenis bisnis yang dipilih pun mesti diperhatikan biar gak malah rugi bandar.

Sudah dengar kan beberapa bisnis yang ambruk belakangan ini? Sebagian besar adalah bisnis retail.

Konon, pemicunya adalah mereka kalah bersaing melawan industri e-commerce atau perdagangan online. Namun ada juga yang bilang daya beli orang Indonesia menurun.

Tapi untuk alasan kedua, kok rasanya janggal. Sebab, tren tutupnya bisnis retail offline gak hanya terjadi di Indonesia. Di Amerika saja, ada 19 retailer besar yang menyatakan bangkrut pada 2017. Itu belum termasuk retailer yang menutup sebagian outlet-nya.

buka usaha sendiri
Raksasa toko mainan anak ini di ambang jurang kebangkrutan, gak ada yang nyangka sebelumnya (greateasternmall)

Makanya, bila punya niat buka usaha sendiri, harus tepat memilih lini bisnis yang hendak dirintis. Berikut ini rekomendasi bisnis yang sebaiknya dihindari kalau ogah mengalami kerugian:

1. Media cetak

Era keemasan media cetak sudah berakhir. Gantinya adalah media online, juga media sosial meski dipenuhi hoax.

Sederet media cetak telah tutup lapak pada 2017 ini. Sebagian mengurangi jumlah halaman atau membatasi peredaran demi efisiensi.

So, sepertinya bukan ide bagus kalau mau buka usaha media cetak sekarang. Biaya operasionalnya lebih tinggi ketimbang media online.

Selain itu, kebanyakan generasi milenial zaman sekarang ogah baca media cetak karena gak mau ribet dan keluar duit buat langganan. Mungkin bila Facebook bikin media online, bakal laku kali ya.

2. Gerai toko fashion (offline)

buka usaha sendiri
Lotus tutup, semua barang didiskon. Tapi ada yang bilang harganya tetap tinggi meski udah diskon (okezone)

Seperti disebutkan di atas, sejumlah merek retail mengembuskan napas terakhir pada tahun ini. Jangan sampai kita mengikuti jejak mereka. Mending cari bisnis selain ini deh kalau mau buka usaha sendiri.

Di sejumlah pusat belanja Ibu Kota pun gerai toko fashion kecil mulai kehilangan pelanggan. Di ITC Kuningan dan Mal Ambasador, misalnya, sejumlah pemilik toko mengeluh sepi pembeli.

[Baca: Banyak Toko Ritel Tutup, Ini 6 Cara Belanja Online Paling Efektif]

Bisa jadi kemunculan marketplace mematahkan dominasi mereka. Padahal, kalau dipikir-pikir, lebih enak beli baju bila mencobanya dulu untuk melihat pas atau tidak.

Tapi harga barang yang miring jika dijual secara online menjadi daya tarik sendiri. Toh, ada fasilitas pengembalian dana jika barang yang dibeli online gak sesuai dengan pesanan.

3. Sabun batangan

Coba bikin survei kecil-kecilan di lingkungan keluarga dan teman. Apakah ada yang masih pakai sabun batangan?

Pasti sebagian besar memilih sabun cair ketimbang batangan. Selain lebih praktis, sabun cair bisa bikin keuangan lebih hemat. Ada pula anggapan bahwa sabun batangan lebih rentan dihuni kuman.

Meski gak dipakai, sabun batangan pun bisa mencair karena terkena air di kamar mandi. Beda dengan sabun cair yang berada dalam wadah.

buka usaha sendiri
Usaha apa pun boleh dibuka mengikuti zaman, tapi jangan bikin bisnis ternak hoax ya. Capek tahu… (poskotanews)

Mungkin, bila niat buka usaha sabun batangan, bikinlah yang berbeda. Misalnya tahan lebih lama dan menggunakan bahan alami tanpa kimia. Daya jualnya pasti meningkat, meski prospeknya tetap harus dihitung dengan matang.

[Baca: Kalau Udah Paham Sama 4 Hal Ini, Pasti Udah Siap Berbisnis]

4. Transportasi konvensional

Lihat betapa industri transportasi umum mulai gerah beberapa tahun ini karena munculnya transportasi online? Saham operator taksi anjlok. Metromini pun berkurang.

Jangan salah ya. Penyebabnya bukan hanya kemunculan transportasi online. Sistem angkutan publik modern yang makin berkembang juga membuat angkot dan kawan-kawan gugur di medan laga.

Kalau mau buka usaha transportasi, misalnya jadi juragan angkot, mungkin ceruk pasarnya lebih menggiurkan di daerah pedalaman yang kurang sarana. Bila buka di ibu kota atau kota besar lainnya, itu namanya harakiri.

Buka usaha apa pun sah-sah saja. Tapi mempelajari pasar terlebih dahulu wajib hukumnya, kecuali rela usahanya hanya berlangsung singkat.

Mengikuti seminar usaha bisa jadi ide bagus sebelum mewujudkan niat buka usaha sendiri. Siapa tahu ketemu rekan bisnis yang mau diajak kerja sama, atau investor yang mau menanamkan modal di sana.

[Baca: Cari Partner Bisnis yang Punya 10 Kriteria Ini Supaya Bisnismu Berkembang]

Posting Komentar untuk "Niat Buka Usaha Sendiri? Jangan Pilih 4 Bisnis Ini!"