Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengenal Ciri Anak Adhd

b.Ciri anak dengan Attention Deficit Hyperactivity Disorder (ADHD)


Anak memperlihatkan impulsivitas, gelisah, banyak menuntut, tidak pernah butuh untuk banyak tidur, selalu terbangun sebelum orang terbangun dari tidur, mengacaukan benda yang ada disekitarnya, bergerak terus menerus, menjelajahi seluruh ruangan tiada henti, berbiacara dengan teman-temannya yang sedang mengerjakan tugas, penyendiri, anak yag tidak penurut baik di rumah, sekolah ataupun di lingkungan sekitarnya, tidak adanya perhatian, temper tantrum, dan hiperaktivitas yang dianggap tidak sesuai dengan tingkat perkembangan mereka (Nevid, 2002).


c.Tipe-tipe ADHD


APA (dalam Nevid, 2002) menjelaskan ada beberapa tipe ADHD ialah :


1.tipe predominan tidak adanya perhatian,

2.tipe predominan hiperaktif atau impulsif,

3.tipe kombinasi yang ditandai dengan tidak adanya perhatian dan hiperaktivitas yang tinggi.


d.Penyebab ADHD


Penyebab ADHD dilihat dari (Nevid, 2002) :


Perspektif teoritis, walaupun belum diketahui penyebab munculnya ADHD, sepertinya faktor biologis, masa kehamilan dan lingkungan menghipnotis anak menjadi ADHD.


e.Penanganan


Dalam menangani anak ADHD sanggup ditangani dengan mengajak anak duduk bersama dan berbicara, memakai obat-obat simultan, memodofikasi sikap anak (contoh : melatih anak untuk berbicara dalam hati melalui tahapan pemecahan duduk kasus akademik).


f.Daftar Pustaka :


Kaplan, Harold I., Sadock, Benjamin J, Grebb, Jack A. (2002). Sinopsis psikiatri ilmu pengetahuan psikiatri klinis. Jakarta : Binarupa Aksara.


Nevid, Jeffrey S., Rathus, Spencer A., Greene, Beverly. (2002). Psikologi absurd jilid dua edisi kelima. Jakarta : Erlangga.


sumber: http://tyaset4.blog.com/2010/02/attention-deficit-hyperactivity-disorder/


edited by Dimas Prasetyo Muharam on February 23, 2014 at 5:51 pm



Sumber gamepelajar.xyz

Posting Komentar untuk "Mengenal Ciri Anak Adhd"