Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengenal Agenda Pembaca Layar Jaws

Jakarta – Satu hal yang membedakan komputer/laptop yang digunakan oleh tunanetra ialah dilengkapinya dengan software pembaca layar atau Screen Reader. Selain itu, semua perangkat hardware dan software yang digunakan ialah sama dengan masyarakat pada umumnya. Misal keyboard dan CPU, atau operating system yang umum digunakan yakni Windows dan Micorsoft Office pun sama. Satu hal yang membedakan hanya keberadaan software pembaca layar yang diinstall pada operating system Windows dengan merk yang biasa digunakan JAWS (Jaws Access with Speech).


JAWS ialah merk yang lazim digunakan di Indonesia lantaran dominan pengguna komputer menggunakan operating system Windows. Software besutan perusahaan asal Amerika Serikat, Freedom Scientific ini memang hanya berjalan pada operating system Windows, dan cukup compatible untuk banyak software-software major di Windows. Di kalangan tunanetra Indonesia, penggunaan JAWS dan OS Windows pun jadi sesuatu yang lazim. Selain untuk mengikuti mainstream penggunaan Windows di masyarakat, forum yang pertama kali menyelenggarakan pembinaan komputer bicara di Indonesia, Mitra Netra, pun menggunakan komputer berbasis Windows sebagai sarana pelatihan.


Cara kerja dari JAWS punc ukup sederhana. Program ini memang didesain untuk memudahkan tunanetra biar sanggup mengoperasikan komputer tanpa pinjaman visual. Setiap perintah yang dimasukkan melalui keyboard akan dibacakan oleh software menjadi bentuk audio. Misal kau menekan aksara A, maka komputer akan menyebutkan aksara A dalam Bahasa Inggris. Segala perintah yang dilakukan juga menggunakan keyboard, jadi alat bantu Mouse total tidak digunakan oleh user tunanetra. Akan tetapi, hal tersebut tak mengurangi fungsionalitas komputer. Sebab, secara mendasar segala perintah itu dimasukkan via keyboard, sebagaimana namanya Keyboard yang secara harfiah berarti “papan kunci”. Sedangkan Mouse hanya alat bantu untuk mempercepat memasukkan perintah via visual.


Lebih lanjut, disebabkan semua output perintah berupa audio, jadi keharusan komputer/laptop yang digunakan sudah dilengkapi dengan fitur multimedia dan juga loude speaker. Tapi untuk notebook atau netbook keluaran dikala ini, fitur multimedia audio sudah umum dan kau hanya perlu install JAWS. Biasanya, biar tidak mengganggu orang di sekitar, panambahan headset diharapkan selain juga untuk menambah konsentrasi pengguna ketika mendengarkan output perintah yang dihasilkan JAWS.


Navigasi utama yang digunakan menggunakan jadwal pembaca layar biasanya dengan tombol panah dan kombinasi short-cut. Sebagai pola ialah ketika membaca dokumen di jendela kerja Microsoft Word. Saat menekan panah atas, maka JAWS akan membacakan satu baris kalimat yang terdapat di atas kursor. Sebaliknya panah bawah akan membacakan satu baris di bawah kursor. Sedangkan panah kanan/kiri, akan membacakan satu karakter di sebelah kanan/kiri kursor. Ada pula kombinasi tombol panah dengan tombol Control akan menghasilkan perintah berbeda. Contoh tombol Control ditambah panah atas/bawah akan membacakan satu paragraf di atas atau di bawah kursor. Sedangkan control dan panah kanan/kiri, maka satu kata di sehabis dan sebelum kursor yang akan dibacakan.


Short-cut pun sanggup digunakan untuk melaksanakan beberapa perintah umum. Contoh untuk menyimpan hasil ketikan ke dokumen, maka sanggup menggunakan short-cut control dan aksara S (save). Ada pula perintah control dan aksara O (open) untuk membuka dokumen lama. Apabila kau teliti, banyak sekali short cut ini tolong-menolong tertera di samping sajian yang tersedia di layar. Misal dikala klik sajian file, maka di opsi untuk membuka dokumen usang atau Open, ada keterangan “ctrl + O). Itu ialah short-cut yang sanggup menggantikan perintah klik pada Mouse. Jadi, sesungguhnya segala pernitah di komputer sanggup dilakukan dengan keyboard meski tidak menggunakan Mouse. Hal ini yang mengjadikan hampir seluruh fitur yang ada di komputer sanggup diakses user tunanetra dibantu software pembaca layar, kecuali deskripsi gambar-gambar atau grafik.


Sekian dulu klarifikasi mengenai jadwal pembaca layar atau Screen Reader JAWS for Windows. Apabila ada pertanyaan, silakan tulis di kolom komentar. Insya Allah akan pribadi dijawab atau dibuatkan klarifikasi lebih lanjut pada posting berikutnya. Oia, apabila ingin lebih terang mengetahui cara kerja jadwal pembaca layar, atau perlu pinjaman untuk install jadwal tersebut di komputer/laptop kamu, silakan berkunjung ke sekretariat Kartunet.com yang alamatnya sanggup dilihat di halaman kontak.(DPM)



Sumber gamepelajar.xyz

Posting Komentar untuk "Mengenal Agenda Pembaca Layar Jaws"