Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mau Usaha tapi Kepentok Modal, Yuk Coba Pakai 4 Situs Crowdfunding di Indonesia Ini

Indonesia terkenal atas semangat gotong royongnya. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, gotong royong berarti bekerja bersama-sama, tolong-menolong, bantu-membantu.

 

Tapi di jaman yang semakin modern dan egois ini, semangat gotong royong nampaknya semakin luntur. Benarkah seperti itu? Hm, gak gitu juga sih.

 

Luntur bukan berarti menghilang. Bisa saja semangat tersebut berubah bentuk tanpa kehilangan maknanya.

 

Kurang lebih itulah makna crowdfunding (penggalangan dana bersama). Sistem crowdfunding berbasis internet yang pertama kali nongol di Amerika pada 2009 ini menitikberatkan pada partisipasi masyarakat untuk menyumbang sejumlah dana untuk mewujudkan suatu ide atau proyek.

 

Nah, sistem yang sangat gotong royong bukan? Di sisi lain, pemberi dana/donatur bisa mendapat keuntungan yang ditawarkan oleh pembuat proyek.

 

[Baca: Susah Cari Modal? Begini Nih Caranya Mencari Modal Bikin Startup]

 

Cara kerja crowdfunding

Punya ide atau inovasi gak bakal bisa diwujudkan tanpa modal. Tapi gak semua orang punya modal atau akses untuk meminjam modal.

 

situs crowdfunding di indonesia

Ide jangan cuma disimpan sendiri, share ke orang lain dong. Siapa tahu mereka mau membantu

 

 

Dengan crowdfunding kamu bisa mengumpulkan modal sekaligus memperkenalkan idemu ke khalayak ramai. Crowdfunding memang gak melulu soal bisnis/usaha. Sistem ini juga bisa digunakan untuk menggalang dana untuk kegiatan sosial, bantuan bencana alam, bantuan individu, pembuatan video dokumenter, musik, film dan sebagainya.

 

Bagaimana caranya agar berhasil menggalang dana?

 

1. Buat proposal semenarik mungkin

Buatlah proposalmu semenarik dan seinteraktif mungkin. Bisa dengan teks, video atau slideshow. Intinya kamu harus menjelaskan apa tujuan utamamu dengan storytelling yang bersemangat tapi gak berlebihan dan gak terlalu sentimentil.

 

Jelaskan secara mendetail agar masyarakat bisa menilai manfaat dari proyekmu. Jika proposal cuma menarik dari sisi luar sementara inti proyekmu kurang mengena,  ya bisa-bisa masyarakat enggan berpartisipasi.

 

2. Unggah ke situs crowdfunding

Cari situs crowdfunding yang sekiranya bonafit untuk mengakomodir kampanyemu. Saat ini sudah banyak startup crowdfunding lokal yang bisa jadi partnermu.

 

3. Pantau kampanyemu

Kalau sudah berhasil mengunggah, pantau terus kampanyemu. Jangan lantas leha-leha dan menunggu uluran tangan. Memantau ini bisa diartikan sebagai user-engagement juga. Kalau ada pertanyaan seputar proyekmu, jelaskan dengan gamblang.

 

4. Selalu update kampanyemu

Selalu update kampanyemu kalau ada progres. Ini diperlukan agar masyarakat tahu bahwa proyek tersebut aktif dan kamu memiliki semangat membara untuk menjalankannya.

 

5. Promosi

Jangan sungkan berpromosi. Yang terpenting dari crowdfunding adalah jaringan. Mulailah berpromosi ke keluarga dan teman dulu. Gunakan juga sosial media lain untuk mengabarkan kampanyemu.

 

Nah, kalau sudah oke, berikut ini ada contekan 4 situs crowdfunding di indonesia yang siap menampung proyekmu.

 

[Baca: Kamu Punya Jiwa Pengusaha? Ini 8 Cara Menjadi Solopreneur yang Sukses]

 

1. KitaBisa

Platform crowdfunding yang berbasis di Jakarta Selatan ini sudah cukup lama beroperasi. Total dana yang terkumpul mencapai Rp 10,56 miliar per 2016.

 

situs crowdfunding di indonesia

Situs KitaBisa ini sudah cukup berhasil membantu beragam proyek tercipta

 

 

Untuk setiap donasi yang terkumpul KitaBisa mengutip biaya operasional 5%. Untuk kampanye bantuan bencana alam bakal dibebaskan dari biaya apapun. Para partisipan di KitaBisa rata-rata adalah Yayasan/NGO, komunitas, seniman, penggagas dan individu yang ingin membantu sesama.

 

Setiap kampanye yang masuk ke situs, pihak KitaBisa akan memverifikasinya terlebih dulu. Para penggagas kampanye pun dituntut untuk terus melaporkan perkembangan kampanyenya.

 

2. Wujudkan

Bisa dikatakan platform yang berdiri pada 2012 ini adalah wadah para penggagas suatu ide atau kreator. Di situ terdapat proyek-proyek menarik karya anak bangsa berupa film pendek, animasi, buku, makanan unik, proyek sosial dan sebagainya. Sudah beragam proyek yang berhasil terwujudkan dengan nilai donasi puluhan juta rupiah.

 

situs crowdfunding di indonesia

Kalau punya ide unik seputar dunia kreatif, ini tempat yang cocok untuk mewujudkannya

 

3. GandengTangan

GandengTangan lebih menitikberatkan pada entrepreneur yang ingin mengembangkan usahanya. Sebelum bisa berkampanye, ada beberapa syarat yang harus dipenuhi seperti:

 

  • Usaha harus berjalan minimal 6 bulan
  • Gak sedang dalam keadaan bangkrut/macet
  • Memiliki alur keuangan yang jelas

 

Sedikit berbeda dengan dua platform di atas, GandengTangan menekankan pada sistem crowdlending (peminjaman dana dari masyarakat). Jadi setiap modal yang terkumpul dari masyarakat, wajib dikembalikan lagi oleh sang penggagas.

 

situs crowdfunding di indonesia

Berbeda dengan sistem kredit rakyat, crowdlending ini lebih fleksibel dengan bunga rendah

 

4. Crowdtivate

Platform asal Singapura yang mulai ekspansi ke Indonesia pada akhir 2014 ini fokus kepada dunia kreatif dan teknologi seperti film, animasi, komik, game, barang-barang unik dan sebagainya. Setiap dana yang terkumpul akan dipotong 4%.

 

situs crowdfunding di indonesia

Walaupun situs ini besutan negeri Singa, tapi tetap ampuh menjaring donatur lokal

 

 

Nah, seperti filosofi gotong royong yang sudah ada sejak dulu: semua akan lebih mudah jika dikerjakan bersama-sama. So, jangan pesimis dulu. Coba wujudkan gagasanmu dengan crowdfunding.

 

[Baca: Gak Punya Modal Bukan Alasan Buat Gak Membuka Usaha Sendiri, Lakukan Cara Ini Deh!]

 

 

 

Image credit:

  • http://www.edisonawards.com/news/wp-content/uploads/2016/01/chi-carol-sente-crowdfunding-1871-20150302.jpg
  • https://d26bwjyd9l0e3m.cloudfront.net/wp-content/uploads/2015/12/KitaBisa-Fitur.jpg
  • https://media.licdn.com/media/p/6/005/07d/0d7/38b7dc0.png
  • https://www.maxmanroe.com/wp-content/uploads/2015/03/GandengTangan-Startup-Untuk-Membantu-Para-Pengusaha-Sosial-1024×588.jpg
  • https://d1h69ey09xg1xv.cloudfront.net/wp-content/uploads/2014/04/crowdtivate2.jpg

Posting Komentar untuk "Mau Usaha tapi Kepentok Modal, Yuk Coba Pakai 4 Situs Crowdfunding di Indonesia Ini"