Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jenis-Jenis Gangguan Komunikasi

A. Gangguan komunikasi yakni salah satu bentuk dari gangguan belajar.


b. Kategori dalam gangguan komunikasi


Kategori-kategori dalam gangguan komunikasi gangguan bahasa eskpresif, gangguan bahasa adonan ekspresif, gangguan fonologis, gagap, dimana masing-masing gangguan ini mensugesti fungsi akademik pada anak termasuk dalam DSM IV Axis I(Nevid, 2002).


c.Ciri gangguan komunikasi (Kaplan, 2002) :


1.Gangguan bahasa ekspresif


Pada gangguan ekspresif belum dewasa berada di bawah kemampuan yang dibutuhkan dalam hal perbendaharaan kata, pemakaian keterangan waktu (tenses) yang tepat, produksi kalimat yang kompleks, dan daya ingat dalam mengingat kata dan kalimat.


2.Gangguan bahasa ekspresif campuran


Dalam gangguan ini, anak terganggu dalam pengertian dan ekspresi bahasa.


3.Gangguan fonologis


Anak dengan gangguan ini akan melaksanakan kesalahan dalam produksi suara, menghilangkan bunyi tertentu menyerupai konsonan.


4.Gagap dan gangguan komunikasi yang tidak ditentukan


Anak akan melaksanakan pengulangan bunyi, perpanjangan, penyiapan, berhenti dalam berkata dan mengucapkan kalimat, substitusi kata untuk menghindari kendala dalam berbicara.


d.Terapi


Terapi yang dipakai untuk individu yang mengalami gangguan komunikasi diantaranya ialah melaksanakan terapi bicara dan konseling psikologis untuk kecemasan sosial dan msalah-masalah emosional lainnya (Nevid, 2002). Kaplan (2002) ada beberapa terapi yang dilakukan untuk anak yang mengalami gangguan komunikasi yaitu dengan melaksanakan latihan pendorong sikap dan praktek dengan fonem, perbendaharaan kata, mengontruksi kalimat, anak diberikan isyarat linguistik, bicara dan bahasa yang diintegrasikan ke dalam banyak sekali lingkungan yang dilakukan secara bersama-sama, terapi bicara, pengalihan perhatian, sugesti dan relaksasi.


e.Daftar Pustaka :


Kaplan, Harold I., Sadock, Benjamin J, Grebb, Jack A. (2002). Sinopsis psikiatri ilmu pengetahuan psiatri klinis. Jakarta : Binarupa Aksara.


Nevid, Jeffrey S., Rathus, Spencer A., Greene, Beverly. (2002). Psikologi abnormal jilid dua edisi kelima. Jakarta : Erlangga.


Edit dari goresan pena saya sendiri di http://tyaset4.blog.com/2010/02/gangguan-komunikasi/



Sumber gamepelajar.xyz

Posting Komentar untuk "Jenis-Jenis Gangguan Komunikasi"