Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Gangguan Pada Koordinasi Perkembangan Anak

Gangguan ini termasuk ke dalam DSM III-R dan DSM IV, biasanya dialami oleh anak-anak.


b.Ciri


Gangguan ditandai dengan kinerja dalam kegiatan yang memerlukan koordinasi motorik yang lambat, anak dengan gangguan ini canggung dalam belajar, usang dalam melaksanakan kegiatan menyerupai : duduk, membaca, merangkak, berjalan, dll., biasanya disertai juga dengan gangguan belajar, gangguan komunikasi, gangguan sikap mengganggu, dan hiperaktif.


c.Kriteria diagnostik :


1.kinerja dalam kegiatan sehari-hari yang memerlukan koordinasi motorik yang lambat menciptakan anak canggung, menjatuhkan barang, kurang berprestasi,


2.kriteria 1 mengganggu pencapaian akademik dan kegiatan dalam kehidupan,


3.gangguan bukan alasannya kondisi medis umum dan tidak memenuhi kriteria untuk gangguan perkembangan pervasif,


4.jika terdapat MR, akan menciptakan anak lebih terganggu lagi dalam koordinasi perkembangannya


d.Faktor penyebab gangguan


Ada beberapa faktor yang menjadikan gangguan tidak diketahui, hipotesisnya yaitu alasannya adanya prematuritas, hipoksia, malnutrisi prenatal, berat tubuh lahir rendah, kelainan neurokimiawi.


e.Terapi


Dengan memakai teknik latihan neurofisiologis, teknik montessori, konseling.


f.Daftar Pustaka :


Kaplan, Harold I., Sadock, Benjamin J, Grebb, Jack A. (2002). Sinopsis psikiatri ilmu pengetahuan psiatri klinis. Jakarta : Binarupa Aksara.


sumber: http://tyaset4.blog.com/2010/02/gangguan-koordinasi-perkembangan-anak/



Sumber gamepelajar.xyz

Posting Komentar untuk "Gangguan Pada Koordinasi Perkembangan Anak"