Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Kebiasaan Buruk yang Harus Disetop Kalau Mau Jadi Pengusaha Sukses

Menjadi wirausahawan sukses tentu bukan angan-angan buat kamu yang punya niat dan mau kerja keras. Tapi sayangnya, kesuksesan seorang wirausahawan gak cuma ditentukan oleh keras-tidaknya mereka dalam bekerja.

Semua tentu tahu bahwa dunia wirausaha memang erat dengan hal-hal yang bikin stres. Omzet turun, karyawan resign, gak bisa jualan, atau biaya operasional yang membengkak hanyalah secuil dari banyaknya masalah yang bisa bikin wirausahawan terpuruk.

Seringkali, sebagai wirausahawan kita justru gak ngerti cara menanggulangi masalah tersebut. Kebiasaan kita sehari-hari dan gaya hidup kita yang buruk makin memperparah stres yang kita alami.

Alhasil, kinerja bisnis juga makin gak karuan. Kita jadi makin jauh dari kata sukses.

Kalau diperhatiin, ada beberapa kebiasaan gak sehat yang bisa membahayakan produktivitas kita sebagai wirausaha. Jika memang kamu ingin menjadi wirausahawan sukses di kemudian hari, mau gak mau tinggalkan saja kebiasaan ini.

Tenang aja, gak sulit kok untuk meninggalkan hal-hal berikut ini asal kamu punya komitmen.

Penasaran? Yuk simak ulasannya di bawah ini.

Wirausahawan sukses harus hindari kebiasaan gak sehat ini. (MoneySmart)
Wirausahawan sukses harus hindari kebiasaan gak sehat ini. (MoneySmart)

1. Konsumsi kafein berlebih

Gak sedikit dari kamu, entah wirausahawan atau karyawan, berpikir bahwa ngopi memang bikin segar. Oleh karena itu, sehari bisa saja seseorang minum kopi lebih dari dua gelas.

Ketika asupan kafein berlebih di dalam tubuh, maka tekanan darah pun meningkat. Akan ada gangguan yang terjadi di ginjal, dan kerja jantung juga makin tinggi.

Hal serupa juga terjadi jika kamu mengonsumsi minuman penambah energi. Minuman-minuman tersebut justru mengandung kafein yang lebih tinggi ketimbang kopi lho. Kalau kopi cuma 12 mg, maka minuman seperti itu bisa sampai 100 mg.

Minumlah air putih setidaknya delapan gelas sehari, dan jangan lupa untuk konsumsi makanan dengan protein tinggi.

Riset dari Universitas Cambridge menyebutkan bahwa protein bisa menstimulasi sel yang membuat badan kita jadi lebih fit dan segar. Di samping itu, kebutuhan protein yang cukup juga bisa membantu pembakaran kalori.

So, pilih mana, banyak ngopi atau minum air putih aja nih biar makin konsentrasi saat kerja? Katanya mau jadi wirausahawan sukses.

2. Duduk dalam waktu yang cukup lama

Meski kamu adalah seorang yang aktif atau rutin olahraga 30 menit sehari, ketika kamu duduk dalam jangka waktu lama, kamu tetap gak terhindar dari risiko obesitas.

Selain obesitas, duduk terlalu lama di meja kerjamu juga bisa memperburuk kadar gula darah. Dan tentunya, hal itu juga bisa berujung pada risiko penyakit-penyakit lain yang berbahaya seperti diabetes.

So, ada baiknya buat berdiri dan melemaskan otot atau stretching setiap 30 menit. Tujuannya, biar kamu terhindar dari risiko kesehatan akibat duduk terlalu lama.

3. Jam tidur yang gak beraturan

Memang, gak sedikit wirausahawan sukses yang punya jam tidur singkat. Demi punya jam kerja lebih panjang dari orang lain, mereka rela waktu istirahatnya kepotong.

Tapi kalau dipikir-pikir, jam tidur singkat justru gak bakal baik buat kesehatan dan produktivitas kerja.

Elon Musk adalah seorang entrepreneur top yang dulu sering mencoba gak tidur demi kerja. Tapi, ia mengaku gak ada hasil yang maksimal dari kebiasaan jeleknya itu.

Kurang tidur juga bisa berakibat fatal dalam proses pembuatan keputusan. Bahaya kan kalau risikonya saja sudah begini.

4. Kerja di lingkungan yang terisolir

Kewirausahaan itu memang erat kaitannya dengan kesendirian. Ya wajar saja, kamu memang merintis usahamu sendiri. Kalaupun ada karyawan ya, mereka adalah tim internalmu.

Bekerja di ruangan tertutup layaknya seorang bos mungkin bisa membantu untuk meningkatkan konsentrasi. Tapi hal itu justru memicu stres lho. Lambat laun, kebiasaan itu bisa membuat sulit tidur sampai yang lebih parahnya ya depresi.

Sejatinya, cara untuk mencegah kebiasaan ini sangat mudah. Kamu tinggal banyak-banyak saja melakukan networking, atau turun langsung ke lapangan membantu anak buah berinteraksi dengan pelanggan.

Kalaupun ada meeting, coba deh gunakan sistem video call. Setidaknya metode ini gak bakalan membuatmu jenuh.

Intinya, jangan sampai kamu jadi minim interaksi ke banyak orang. Bersosialisasi adalah hal yang sangat penting untuk dilakukan wirausahawan.

5. Terlalu sering cek ponsel

Ketika kerja, abaikanlah ponsel. Cuekin sebentar deh yang namanya pesan WhatsApp, LINE, BBM, atau Tinder. Kalau pun ada hal urgent, seseorang pasti akan menelponmu pada saat itu juga.

Selain pada waktu kerja, usahakan juga untuk gak sering-sering ngecek ponsel di saat mau tidur. Mengapa demikian?

Menurut penelitian dari Harvard, cahaya berwarna biru yang muncul dari sinar smartphone bisa menimbulkan efek buruk lho. Kabarnya, hal itu bisa memperburuk kualitas tidurmu selama kurang lebih tiga jam.

Efek keesokan harinya adalah penurunan daya fokus di otak. Bahaya kan?

Sejatinya efek cahaya itu gak cuma ada di ponsel. Laptop, komputer, maupun tablet pun ada. Makanya hati-hati deh sama yang satu ini.

Itulah lima kebiasaan jelek yang harus ditinggalkan jika kamu ingin tetap produktif demi menjadi wirausahawan sukses.

Meninggalkan kebiasaan buruk ini sebenarnya mudah tapi butuh komitmen kuat. Peneliti sempat mengatakan bahwa rata-rata seseorang butuh 21 hari untuk meninggalkan kebiasaan ini.

Dan rata-rata, mereka yang merupakan entrepreneur adalah pihak yang paling kuat dalam komitmen untuk menghilangkan kebiasaan ini. Apakah kamu bisa seperti itu?

Posting Komentar untuk "5 Kebiasaan Buruk yang Harus Disetop Kalau Mau Jadi Pengusaha Sukses"