Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Simak Nih 4 Etika Buat Kamu yang Kerja Sambil Usaha Sampingan

Sekarang apa-apa tuh serba mahal. Mengandalkan pemasukan cuma dari kerja aja kok kayaknya gak cukup.

Kalau udah ngerasa kayak gitu jangan langsung pasrah sama keadaan dong. Apalagi masih muda dan produktif. Kreatif dikit dong bro, sis. Tambah penghasilan dengan usaha sampingan bisa banget loh.

[Baca: 5 Usaha Sampingan Anak Muda Paling Populer di Indonesia dan Berapa Modal yang Dibutuhkan]

Kalau kamu saat ini lagi kerja sambil usaha sampingan, jangan asal hajar aja ya! Semua kudu seimbang, jangan sampai berat sebelah. Coba simak tips berikut deh.

1. Pahami peraturan perusahaan

Yang paling penting saat kamu memutuskan buat ngejalanin usaha sampingan adalah memahami peraturan perusahaan tempat kamu bekerja. Yang namanya kerja di perusahaan pasti ada peraturan yang berlaku, jadi jangan abaikan dong peraturan yang tertulis.

Ada beberapa perusahaan yang secara tertulis melarang karyawannya memiliki pekerjaan sampingan dan ada yang mengizinkan dengan syarat tertentu. Nah, kalau ternyata perusahaan kamu bekerja melarang keras kamu punya usaha sampingan, coba kamu siasati dengan menjalankan usaha sampingan di hari libur alias weekend.

kerja sambil usaha sampingan
Jam kantor ya digunain buat kerjaan kantor, kecuali pas makan siang deh kamu bisa bebas

Kalau usaha sampingan kamu ternyata gak boleh dilakukan selama berada di lingkungan kantor ya berarti mau gak mau dan suka gak suka kamu harus menahan diri untuk gak beroperasi di lingkungan dan jam kantor ya.

2. Menganiaya fasilitas kantor

Kembali ke masalah etika berbisnis sampingan, jangan semena-mena menggunakan fasilitas kantor untuk keperluan usaha sampingan kamu. Menggunakan fasilitas kantor habis-habisan demi kepentingan usaha sampingan sebaiknya sih dihindari. Duh, ini mah namanya aji mumpung, mumpung gratisan.

Dari segi usaha sih emang pastinya menguntungkan buat kamu. Gak harus keluar biaya quota, pulsa sampai cetak printer. Tapi lama-lama perusahaan bisa tekor juga kali.

[Baca: Curhat Duit: Gak Pede Resign Demi Membuka Usaha Sendiri]

3. Nyolong waktu kerja

Prioritas saat kamu sedang berada di kantor dan selama jam kerja pastinya harus fokus sama kerjaan yang jadi tanggung jawabmu dong. Bukan malah sesekali nyolong waktu kerja buat melayani customer yang sibuk tanya soal dagangan kamu di medsos.

Kalau memang perusahaan tempat kamu bekerja memperbolehkan aktivitas usaha sampingan, sebaiknya pilih waktu yang tepat. Semisal jam makan siang atau saat jam kerja berakhir.

Hindari yang namanya datang kerja terlambat karena harus ngurusi usaha sampingan kamu. Terlebih lagi jika kamu nekat sampai mengorbankan hari kerja untuk bolos, lagi-lagi demi kepentingan usaha sampingan.

kerja sambil usaha sampingan
Terlalu sibuk sama bisnis sambil ngerjain kerjaan kantor bisa-bisa malah bikin stress

Mempertahankan attitude yang kayak gini bukan gak mungkin bakal bikin karier kamu mandek. Plus ngumpulin penilaian jelek performa kerja. Ujung-ujungnya ya pemecatan lagi deh.

4. Gak profesional

Pekerjaan di kantor kan ada deadline atau target yang harus diselesaikan, gak bisa dong kamu mengesampingkan semua itu dan lebih asyik sama usaha sampingan kamu. Kecuali kalau kamu memang sudah bertekad untuk menekuni usaha sampingan dan melepas kerjaan.

Selama kamu masih terikat kontrak kerja, ada kewajiban yang harus kamu penuhi. Sebisa mungkin selesaikan deh pekerjaan yang menjadi tanggungjawab kamu. Jangan cuma mau terima gaji aja dong, tuntaskan juga apa yang sudah kamu setujui saat tanda tangan kontrak kerja.

Membangun usaha sendiri di saat masih bekerja saat ini emang sudah dijalani banyak orang. Sudah bukan hal yang baru atau aneh lagi ya. Tapi cara kamu menjalankan usaha sampingan bisa jadi salah satu indikator keberhasilan loh.

[Baca: Kalau Bikin Usaha Sampingan Tapi Mentok Mungkin Kamu Bisa Coba Cara Ini]

kerja sambil usaha sampingan
Kalau memang sudah mantap dengan bisnismu, gak masalah kalau mau ditekuni

Pastikan deh usaha tersebut kamu jalankan dengan etis, pengaturan waktu yang baik dan tepat. Usahakan kamu juga gak melanggar kewajiban utama sebagai karyawan. Ya, itu sih kalau kamu masih pengin kerja di kantor tersebut.

Image credit:

  • http://blog.tempat-usaha.com/wp-content/uploads/2015/08/ide-bisnis-sampingan-modal-kecil.jpg
  • http://mediatataruang.com/wp-content/uploads/2016/05/kantor0.jpg
  • http://www.kabarbisnis.com/images/picture/201505/2255-waktu.jpg

Posting Komentar untuk "Simak Nih 4 Etika Buat Kamu yang Kerja Sambil Usaha Sampingan"