Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Seri Berbisnis dengan Rp 5 Juta: Menambah Penghasilan dengan Usaha Menjahit

Zaman sekarang yang namanya punya bisnis sendiri udah jadi kayak impian hampir setiap orang. Kerja kantoran di perusahaan sekaliber apapun rasanya kalau belum punya bisnis sendiri kok rasanya ada yang kurang gitu ya.

 

Salah satu alasan kenapa makin banyak orang pengin dan bisa mewujudkan impian punya usaha sendiri antara lain, karena banyaknya fasilitas pinjaman dana dan peluang yang makin besar.

 

Mungkin dulu mau punya usaha sendiri terbentur sama satu masalah utama, modal. Yup, usaha emang gak cukup dengan mimpi dan nekat.

 

Kenapa mikirnya muluk-muluk? Kenapa gak coba menambah penghasilan dengan usaha yang modalnya terjangkau.

 

Emangnya bisa gitu? Loh, why not! Coba deh mulai usaha kamu dengan modal Rp 5 juta dulu. Jangan khawatir dengan anggapan modal kecil keuntungan juga seupil.

 

menambah penghasilan dengan usaha

Kalau udah lihat yang merah dan biru bertumpuk gini siapa yang gak ngiler hayooo

 

 

[Baca: Seri Berbisnis dengan Rp 5 Juta Usaha Makanan Olahan Tempe dengan Omset Menggiurkan]

 

 

Punya keahlian jahit-menjahit kenapa cuma sekedar hobi? Optimalkan dengan membuka jasa menjahit dong bu, pak. Yuk kita ulas bareng-bareng.

 

Simulasi modal dan keuntungan usaha menjahit dengan modal awal Rp 5 juta:

Modal awal yang harus dikeluarkan antara lain:

– Mesin jahit = Rp 3 juta

– Benang dan jarum = Rp 100 ribu

– Perlengkapan pendukung lain seperti ritsleting, kancing, meteran baju, payet, kapur jahit dan penggaris jahit = Rp 200 ribu

– Total = Rp 3,3 juta

 

Simulasi pemasukan yang bisa diperoleh:

Kita asumsikan saja jasa menjahit standar adalah sekitar Rp 250 ribu per jahitan. Nah, jika dalam seminggu mampu menerima dan menyelesaikan 10 jahitan, perhitungannya menjadi:

Rp 250 ribu x 10 = Rp 2,5 juta / minggu

Rp 2.5 juta x 4 minggu = Rp 10 juta

 

Itu baru simulasi jika kamu terima order menjahit baju loh. Kalau ada yang ingin memperbaiki jahitan baju yang sudah jadi, pasang payet, ritsleting atau kancing, kamu bisa memperoleh pemasukan tambahan kan.

 

Jangan remehkan order kecil-kecil seperti itu, kalau langganan sudah banyak pasti jadi bukit juga dong. Ditambah lagi jika ada yang bersedia membayar keahlian kamu untuk memberi kursus atau training menjahit.

 

Bisa dibayangkan berapa total penghasilan kamu setiap bulannya kan. Tentu saja keuntungan besar gak instan ya, harus dipromosikan juga.

 

menambah penghasilan dengan usaha

Anteng-anteng bener sih ibu-ibu menjahitnya, hati-hati tertusuk jarum jahit ya hehehe

 

 

[Baca: Seri Berbisnis dengan Rp 5 Juta Usaha Katering Rumahan Bisa Raup Ratusan Ribu Per Order]

 

 

Simulasi di atas hanya untuk memberi gambaran saja ya, bukan sebuah kebenaran mutlak. Pada praktiknya akan bisa sangat berbeda, tergantung dari bagaimana kamu menjalankannya.

 

Perhitungkan juga alokasi untuk transportasi dan seandainya menggunakan tenaga pegawai. Ya tapi kalau baru merintis sih lebih baik menekan biaya operasional deh.

 

Untuk tempat sebaiknya di rumah saja, apalagi kalau punya space lebih di halaman depan. Tinggal buat papan jasa kamu lengkap dengan nomor telepon yang bisa dihubungi.

 

Kecuali tiba-tiba kamu mendapat kepercayaan order besar, nah kamu bisa tuh mengajak kerjasama penjahit lain yang kamu kenal dan bisa diandalkan. Jangan lupa untuk aktif mempromosikan jasa dan karya-karya baju yang sudah kamu hasilkan lewat kecanggihan teknologi seperti media sosial.

 

[Baca: Mau Buka Usaha Kecil-kecilan dengan Modal Gak Lebih dari Rp 10 Juta Tapi Tabungan Gaji Jadi Karyawan Gak Cukup Gimana Dong]

 

 

Kalau memang perlu, terapkan juga sistem ‘jemput bola’, artinya kamu mau mendatangi calon klien selama jaraknya gak terlalu jauh dan sesuai dengan pemasukan yang akan diperoleh.

 

menambah penghasilan dengan usaha

Jangan buat promosi cari gebetan ya nomer hape-nya hehehe

 

 

Intinya jangan pernah ragu dan takut untuk mewujudkan mimpi buka usaha sendiri. Fasilitas dan keahlian sudah ada, tinggal keseriusan dan komitmen. Sukses itu kamu yang tentukan, bukan orang lain.

 

Tertarik mencoba usaha menjahit rumahan yang dijabarkan di atas? Klik di sini untuk mencari pinjaman modal usaha yang cocok.

 

 

 

Image Credit:

  • https://1.bp.blogspot.com/-8Ubg5mw_d38/VfeHXeVHfTI/AAAAAAAAAmc/–RqW3L3XVA/w800-h800/Bisnis-Modal-Kecil-Dapat-Untung-Besar.jpg
  • http://www.suhedribusli.com/wp-content/uploads/2015/03/33.-Penghasilan-Menguntungkan-Geluti-Usaha-Sampingan.jpg
  • http://im2.olx.biz.id/images_olxid/185727391_3_644x461_penjahit-kebaya-palembang-jasa-jahit.jpg

Posting Komentar untuk "Seri Berbisnis dengan Rp 5 Juta: Menambah Penghasilan dengan Usaha Menjahit"