Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Renovasi Ruangan Rumah untuk Menyambut Tahun Baru tanpa Perlu Menjebol Tabungan

Nggak ada tempat senyaman rumah sendiri. Ungkapan tersebut kayaknya nggak berlebihan.

 

Gimana nggak, rumah bukan cuma sekadar bangunan, tapi tempat tumbuh kembang buat penghuninya. Rumah menjadi tempat perlindungan sekaligus untuk menikmati kehidupan.

 

Tapi apa jadinya kalau rumah nggak lagi menawarkan kenyamanan dari segi dekorasi? Yang ada para penghuni malah merasa nggak betah dan bawaannya pengin kelayapan melulu.

 

Makanya sangat penting untuk selalu menata dekorasi ruangan. Apalagi sudah mendekati tahun baru 2016.

 

Nah, biar hidup jadi semakin fresh dan semangat juga jadi baru, nggak ada salahnya mendekorasi ulang ruangan rumahmu. Coba yuk intip tips-tips dekorasi ruangan berikut ini.

 

[Baca: 5 Cara Renovasi Rumah Murah Tanpa Utang]

 

 

1. Mengecat ulang daun pintu

Daun pintu kadang luput dari perhatian. Padahal, salah satu unsur keindahan rumah adalah pada daun pintu lho. Orang yang hendak bertamu ke rumahmu pasti memerhatikan dulu daun pintunya.

 

renovasi ruangan rumah

 Jangan lupakan daun pintu. Kalau sudah nggak enak dipandang, cat saja

 

 

Nah, agar tamu yang hendak bertandang untuk merayakan pesta tahun baru jadi merasa semangat juga, ada baiknya untuk memberikan sedikit sentuhan pada daun pintu. Nggak perlu merombak keseluruhan, kamu bisa mengecat ulang pintu dengan warna natural agar tampilan rumahmu lebih segar.

 

 2. Dekorasi tembok ruanganmu

Suasana ruang tamu jadi kunci agar penghuni atau pengunjung merasa betah. Salah satu yang bisa dilakukan untuk membuat atmosfer ruang tamu jadi semakin segar adalah menghias dindingnya.

 

 renovasi ruangan rumahBosan sama cat tembok gunakan saja wallpaper 

 

 

Kalau bosan dengan warna cat yang itu-itu saja, kamu bisa bereksperimen dengan wallpaper yang memiliki beragam warna dan desain. Harga wallpaper ini bervariasi mulai dari Rp 10 ribu per meter hingga Rp 40 ribu per meter. Sesuaikan saja dengan selera dan kantongmu.

 

[Baca: 7 Sumber Dana Renovasi Rumah buat yang Ga Punya Tunai Keras]

 

3. Merias furnitur

Salah satu elemen penting sebuah ruang tamu/keluarga adalah furnitur termasuk sofa. Jika bosan dengan sofa yang ada, kamu bisa mengganti kulit luarnya saja.

 

renovasi ruangan rumah

Nggak perlu ganti sofa tiap tahun dong. Cukup ganti kulitnya saja kalau bosan

 

 

 

Harga penggantian kulit sofa bervariasi mulai dari Rp 500 ribu. Itu sudah termasuk biaya penggantian busa dan kulit yang bisa disesuaikan dengan selera.

 

 4. Bermain dengan pencahayaan

Pencahayaan itu memengaruhi mood penghuni. Kalau pencahayaan terlalu muram, ya mood penghuni juga ikutan nggak bersemangat.

 

Makanya, peletakan dan pemilihan lampu juga harus tepat. Kamu bisa menggunakan lampu sorot yang dipasang pada langit-langit untuk mempercantik dinding.

 

renovasi ruangan rumah

Dengan pencahayaan yang tepat, ruangan jadi tambah  indah

 

 

Selain lampu sorot, kamu juga bisa menggunakan lampu hias yang memiliki bentuk beragam. Kamu bisa memilih lampu jenis berdiri atau lampu meja.

 

 5. Nggak perlu ganti perkakas kayu

Jika furnitur kayu seperti kabinet atau rak sudah terlihat usang, jangan buru-buru menggantinya dengan yang baru. Kamu bisa menggunakan melamin untuk mempercantik warna furnitur kayumu.

 

renovasi ruangan rumah

 

 Pengaplikasian cat melamine untuk kayu cukup mudah kok mirip mengecat tembok

 

 

Fungsi melamin ini untuk melapisi kayu agar lebih awet sekaligus mempercantik. Cara memakainya pun mudah karena mirip dengan cat.

 

Kalau terlalu repot, kamu bisa menggunakan jasa tukang untuk mengerjakannya. Harga melamin bervariasi mulai dari puluhan ribu hingga Rp 1 jutaan.

 

 

Kunci dari renovasi ruangan rumah itu nggak terletak dari seberapa tebal kantongmu. Dengan sedikit imajinasi dan modal kecil, kamu sudah bisa menciptakan ruangan yang nyaman untuk seluruh anggota keluarga.


[Baca: Lagi Cari-Cari Tahu Biaya Pembuatan Kitchen Set Ya? Begini Kira-Kira, Lengkap dengan Cara Hitungnya]

 

 

 

Image credit:

  • http://d2755oiro89yeo.cloudfront.net/users/8296578cff8111e4907122000b27ad89.jpg
  • http://hominic.com/wp-content/uploads/2015/06/wallpaper-decoration-living-room.jpg
  • http://www.aliffurniturejepara.com/wp-content/uploads/2015/02/sofa20.jpg
  • http://hgtvhome.sndimg.com/content/dam/images/hgrm/fullset/2011/8/3/0/DP_Berliner-red-modern-living-room_s4x3.jpg.rend.hgtvcom.616.462.jpeg
  • https://fabulousfinishes.files.wordpress.com/2011/01/dsc_5506.jpg

Posting Komentar untuk "Renovasi Ruangan Rumah untuk Menyambut Tahun Baru tanpa Perlu Menjebol Tabungan"