Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Minta Naik Gaji Boleh Aja Kok, Tapi Cari Waktu yang Pas Dulu Deh!

Artikel Ini dipersembahkan oleh Content Partner Kami, theAsianparent.com

 

Bagi karyawan, naik gaji adalah salah satu hal yang menjadi idaman pastinya. Apalagi jika kita sudah bekerja membanting tulang selama bertahun-tahun. Minta naik gaji bukan hal yang remeh, apalagi bagi perusahaan.

 

[Baca: Percuma Naik Gaji Jika Masih Mempertahankan 5 Cara Mengatur Keuangan Ini]

 

 

Bolehkah Kita Meminta Naik Gaji?

Boleh gak sih kita minta naik gaji? Boleh-boleh aja kok. Apalagi jika kita termasuk dalam kategori pekerja yang cukup loyal bekerja di sebuah perusahaan hingga waktu yang lama. Pasti sudah banyak kontribusi dong bagi kemajuan perusahaan.

 

Desakan tingginya biaya hidup dan kebutuhan keluarga bikin kita berpikir untuk mengajukan permohonan naik gaji pada atasan. Alasan ini masuk diakal untuk ngajuin naik gaji. Dengan disetujuinya permohonan naik gaji, bakal ada sisa uang yang dapat ditabung untuk masa mendatang.

 

Gaji adalah salah satu bentuk penghargaan atas apa yang telah kita lakukan bagi tempat kita bekerja. Pekerja profesional punya hak untuk mengajukan permohonan naik gaji, tapi faktanya gak semua permohonan itu dapat dikabulkan.

 

Jadi, kalau saat ini kamu ngerasa inilah saat yang paling pas untuk minta naik gaji, pertimbangkan dulu beberapa hal biar atasan mengabulkan.

 

1. Hindari hari Senin dan Jumat

Ternyata pemilihan hari dan waktu yang kita pilih untuk bicara dengan atasan dan mengajukan permohonan naik gaji berpengaruh besar terhadap diterima atau tidaknya permohonan tersebut.

 

minta naik gaji

Jangan cuma pas ketemu pacar aja dibaik-baikin, ketemu atasan juga cari waktu yang pas biar bisa naik gaji dong! 

 

 

Lebih baik jika kita menghindari menemui atasan di hari Senin dan Jumat atau di akhir bulan. Kenapa? Karena, keduanya adalah hari pertama dan terakhir dalam satu pekan di mana atasan biasanya harus menyelesaikan banyak pekerjaan.

 

Bayangkan deh, bisa jadi permohonan kita mungkin akan bikin atasan makin pusing dan menolak permohonan kita.

 

[Baca: Hei Atur Gaji Karyawan Baru Kalau Gak Mau Masuk Lubang Utang]

 

 

2. Mempelajari kondisi keuangan perusahaan

Sebagai seorang pekerja yang baik, kita juga harus melihat dan mempelajari dulu kondisi keuangan perusahaan. Akan sangat janggal jika kita meminta kenaikan gaji di tengah situasi keuangan perusahaan yang kurang kondusif.

 

Sebaliknya, tunjukkan dulu performa kerja terbaik kita deh. Kurangi bermain-main atau terlalu santai dengan pekerjaan. Tingkatkan kualitas kerja agar dapat meringankan pengeluaran perusahaan.

 

3. Fleksibel dengan jumlah gaji yang disetujui

Jika kita pengin mendapat kenaikan gaji sebesar 5% dari gaji kita sekarang misalnya, mintalah gaji yang sedikit lebih tinggi dari jumlah tersebut. Hal ini supaya kita bisa lebih fleksibel dan menerima keputusan atasan yang bersedia mengabulkan permohonan kenaikan gaji dengan jumlah yang lebih sedikit daripada yang kita ajukan.

 

4. Melakukan survei dan review

Ada baiknya juga sebelum mengajukan permintaan kenaikan gaji, lakukan survei untuk mengetahui besarnya gaji yang diterima pekerja lain ketika berada di posisi kita sekarang. Jangan lupa untuk bertanya tentang tingkat pendidikan dan lamanya mereka bekerja.

 

minta naik gaji

Di kantor tuh bersosialisasi dong sama rekan-rekan, jangan kudet menyendiri trus diem aja di pojokan

 

Kita juga dapat me-review kinerja kita sendiri, sudah pantaskah mendapatkan gaji yang lebih besar atau tidak.

 

[Baca: Memilih Deposito Terbaik di Indonesia yang Cocok Buat Gaji Rp 3 Juta]

 

 

Intinya, jangan cepat putus harapan seandainya atasan belum dapat mengabulkan permintaan kita. Coba alihkan permohonan naik gaji dengan mengajukan libur atau cuti tambahan sebagai gantinya. Jangan sedih ya, mungkin kenaikan gaji kita hanya tertunda saja. Tetap semangat!

 

 

 

 

Image Credit:

  • http://img.lensaindonesia.com/thumb/350-630-1/uploads–1–2013–05–65149-kunci-kesehatan-tips-menghadapi-bos-yang-tidak-apresiasi-pekerjaan-anda.jpg
  • http://cdn-2.tstatic.net/tribunnews/foto/bank/images/20131210_081517_ilustrasi-rekan-kerja-di-kantor.jpg

Posting Komentar untuk "Minta Naik Gaji Boleh Aja Kok, Tapi Cari Waktu yang Pas Dulu Deh!"