Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kartunet, Di Sini Semua Orang Dapat Eksis!

Delapan tahun alias sewindu bukanlah waktu yang singkat. Ibarat seorang manusia, usia delapan tahun ialah usia saat seorang anak mulai mengenal bebasnya bermain di dunia luar; usia saat seorang anak sanggup ‘lepas dari bawah ketiak orang tuanya’. Delapan tahun juga merupakan waktu saat seorang insan mulai berguru wacana hidup yang sebenarnya, ditandai dengan pergaulannya yang semakin luas.


 


Begitu pula dengan Kartunet, daerah penulis mencoret-coret goresan pena ini. Delapan tahun sudah Kartunet berkiprah di dunia, baik dunia faktual maupun dunia maya. Kebetulan penulis sudah mengenal Kartunet semenjak beliau masih ‘bayi’. Penulis tahu betul bagaimana semangat para pendiri Kartunet yang punya tujuan memajukan kaum disabilitas pada umumnya, dan tunanetra pada khususnya.


 


“Jika kamu berbicara di tengah riuhnya umat insan yang sedang menonton pertandingan sepak bola, saya tahu itu bukan hal yang mudah. Jangankan berbicara, berteriak pun belum tentu ada yang mendengarkan.”


 


Begitulah kalimat yang berdasarkan penulis sanggup menggambarkan usaha para pendiri Kartunet. Cukup sulit untuk membuat kesetaraan hak antara kaum disabilitas -yang notabene merupakan kaum minoritas di negeri tercinta ini- dengan kaum non disabilitas. Masih banyak hak-hak kaum disabilitas –khususnya kaum tunanetra- yang diabaikan bahkan sama sekali tak pernah dipikirkan, baik oleh masyarakat luas maupun oleh pemerintah yang berkuasa.


 


Namun dengan semangat yang besar, usaha kaum disabilitas mulai membuahkan hasil. Kartunet inilah salah satu pola wujud usaha itu. Di sinilah kaum disabilitas sanggup mengangkat suaranya. Di dalam wadah inilah kaum disabilitas sanggup mengeluarkan aspirasinya. Dan di sini pula semua orang -baik disabilitas maupun non disabilitas- sanggup menampilkan hasil karya dan pemikiran-pemikirannya. Satu yang terpenting, di sinilah daerah semua orang sanggup eksis, tanpa memandang siapa dia, dari mana beliau berasal, dan bagaimana kondisinya. Di sini semuanya ialah sama, sama-sama makhluk Tuhan yang istimewa.


 


Sebutir keinginan yang ingin penulis sampaikan di dalam goresan pena ini; untuk Kartunet, untuk kaum disabilitas, dan tentu saja untuk semua yang membaca goresan pena ini. Semoga kasus-kasus yang diangkat di Kartunet bukan hanya menjadi wacana belaka. Semoga kasus-kasus yang telah diracik menjadi goresan pena yang dimuat di Kartunet ini sanggup menjadi pelajaran bagi semua pembaca demi kehidupan masa depan yang lebih baik, untuk dunia yang lebih inklusif bagi semua orang. Dan agar Kartunet sanggup semakin eksis menjadi media massa yang sanggup menjadi ajang penyaluran minat, bakat, kreativitas, dan aspirasi semua kalangan, baik disabilitas maupun disabilitas.


 


Alles Gute zum Geburtstag Kartunet! Happy birthday Kartunet! Selamat ulang tahun Kartunet!



Sumber gamepelajar.xyz

Posting Komentar untuk "Kartunet, Di Sini Semua Orang Dapat Eksis!"