Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

It Will Be My First Operation

Suatu hari di tahun 2012…sekelompok cewek heboh berkicau di salah satu kos deket kampus Udinus. Lalu, di tengah-tengah kehebohan mereka yang lagi asyik garap kiprah drama sebagai syarat ujian tamat mata kuliah pronounciation, salah satu dari mereka, yang notabene kulitnya paling terang plus putih alasannya ialah emang darahnya yang pribadi diimpor dari China sana, komen sesuatu tentangku.


 


“Eka, matamu kenapa? Kok warnanya asing ya?”


 


Aku yang lagi asyik ngerumpi sambil ngemil kontan ngelempar mata ke arah si cewek yang mukanya Chinese banget itu.


 


“Aneh gimana?” saya pribadi balik tanya sambil majang muka gak ngerti.


 


“Iya, warnanya tuh ada ijo-ijo plus abu-abu gimana gitu. Makara agak biru juga sih. Gpp deng, biar kayak bule. Udah gpp, keren kok, kayak pake kontak lensa!” cewek lainnya menimpali, seolah dukung banget abnormalitas di mataku.


 


“Ah, serius warnanya aneh? Kok dapat ya? Ada apa ya?”


 


Pertanyaan itu akibatnya terus-terusan ngegantung di atas kepalaku, udah kayak jemuran di daerah loundry. Meskipun penasaran, saya gak lantas uring-uringan and cari warta banyak soal perubahan di mataku. Kupikir itu pengaruh dari si Glaukoma yang emang udah ‘ngekos’ nyaris jadi penghuni tetap di kedua bola mataku. Tapi…tahu gak sih beberapa bulan kemudian?


 


“Eka, matamu kenapa? Iiihh, nyeremin banget Ekka!” lagi-lagi cewek paling putih di genk-ku angkat bicara ngomentarin mataku.


 


“Ah, asing gimana sih? Yang bener?”


 


“Iya, Ka! Matamu kayak mata kucing! Sumpah, persis banget kayak foto korban kanker mata!”


 


Deg! Denger kata “Kanker Mata”, kontan detak jantungku berderap kencang. Udah gitu, di telingaku kayak ada soundtrack “A thousand Years” punyanya “Christina Perry”. Rada gak cocok sih emang, tapi seenggaknya lirik awal dari lagu itu kan ngomongin detak jantung *ketawa*.


 


“Ah, serius? Kurasa ini bukan kanker, jeng. Ini Cuma pengaruh dari Glaukomaku aja kok!” timpalku ngeyakinin cewek yang punya nama China itu.


 


“Ih gak percaya deh kamu, Eka! Beneran deh sumpah, itu tuh seolah-olah banget sama foto orang kena kanker mata. Persis banget!” si Amoy itu terus-terusan nyoba merasuki pikiranku. Gak cukup hingga disitu, dia pun sempet-sempetin buka Google and nyari gambar orang yang kena kanker mata.


 


“Tuh kan, Ka! Mirip banget tahu matamu sama mata orang di foto ini! Lihat buruan lihat!” ucap sahabatku itu sambil celingukan dari monitor ke arahku, begitu terus beberapa kali. Aku dalam hati Cuma bilang, “Gak salah non nyuruh saya lihat gambar itu? Kan saya buta kali, non!”


 


“Ah, gak kok. Masa iya saya kena kanker?” Ucapku padanya sekaligus menentramkan hati biar gak kemakan omongan cewek yang hobi makan itu.


 


Hari demi hari pun berlanjut. Hidupku masih dipenuhi kegembiraan, meski kadang ada bingung juga. Bukan ABG jaman kini kan jikalau gak kenal ‘galau’. Iya gak? *kabur*


 


Hingga Suatu pagi di tanggal 4 Maret 2014. Cewek biasa yang punya tongkat sakti yang lagi beli nasi di warteg, tiba-tiba ditelpon seseorang. Dengan raut wajah sok penting, cewek yang notabene saya sendiri ini, pribadi ngibrit pulang. Bener-beenr kayak lagi di kejar satpol PP deh, sampe-sampe kendaraan beroda empat yang parkir di jalan gak dapat ngehindar dari tongkat saktiku. Dengan kata lain, itu kendaraan beroda empat yang parkir saya pukul pake tongkatku *kabur*.


 


Apa sih gerangan yang terjadi sama cewek yang sama sahabat-sahabat perjaka sering disapa “Gombloh” ini?? *Note : Gombloh ialah pelesetan dari Gomez* heehhehe


 


Untuk tahu jawabannya, pribadi aja menuju ke TKP!


 


Udara hambar AC bercampur aroma pengharum ruangan menyeruak di lobi sebuah Universitas swasta terkemuka di Kota Semarang. Seorang cewek yang mukanya jauh beda sama Dian Sastro itu setengah berlari di belakang seorang cowok. Mereka kelihatan tergesa-gesa, udah kayak Cinta yang ngejar Rangga di bandara. Tapi kayaknya lebih seolah-olah Cheribell yang lagi dikejar fans ketimbang Cinta yang lagi ngejar Rangga deh. Gimana gak, denger aja tuh ada suara-suara yang tereak-tereak manggil gini, “Mbak Ekaaaaaaa…”


 


Yang dipanggil Cuma ngelempar senyum sambil bilang lirih banget, “Ya…”. Udah berasa kayak putri Indonesia deh tuh. Untung aja tangan kanannya lagi pegangan perjaka di depannya, plus tangan kirinya lagi megang tongkat, jadi gak bergaya ala putri Indonesia deh dia! Usut punya usut itu yang manggil bukan fans, tapi sekedar temen kampus *kabur*.


 


Back to the story>>


 


Ya, sebenernya sih itu bukan adegan film atau FTV ya, tapi lebih ke adegan real seorang tunet cewek yang lagi dituntun relawan perjaka demi masuk ke sebuah ruangan yang super kramat sekaligus prestice banget buat anak kampusku. Gimana gak, di hari sempurna tanggal 4 Maret kemaren, saya diharuskan menghadap Pak Rektor alias pemilik dan pendiri Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) Semarang yang notabene saya kuliah di sana.


 


Dag dig dug seeeerrrrr…itulah perasaanku pas masuk ke ruangan Pak Rektor yang punya nama Edi Nur Sasongko. Masuk ke ruangan perjaka yang pada ulang tahunnya tahun 2013 kemarin ngundang band Nidji ke kampus, saya pribadi disambut beberapa orang, ya meski saya gak ngeh berapa pastinya orang yang ada di sana. Langsung aja deh saya salaman sama pak rektor. Dalam hatiku berkata, “Gak perlu jadi mahasiswa beasiswa unggulan yang IP-nya di atas 3,5 yang dikumpulin jadi satu di kelas unggulan demi ketemu pak rektor, apa lagi salaman sama pak rektor, cukup jadi cewek tunet yang gak begitu terkenal ini aja udah mampu masuk ruang rektor plus jabat tangan!”


 


Bokongku kini udah nyaman di atas sofa super empuk yang mudah-mudahan aja besok saya punya ruangan kayak gitu plus sofa kayak gitu, syukur-syukur jadi Bu Rektor sekalian *ngarep.com*. Di sebelah kriiku duduk relawan perjaka yang udah militan banget di DPD Pertuni Jateng, mulai dari masih single sampe kini udah punya istri. Sedangkan di sebelah kananku duduk Pak ketua DPD Pertuni Jawa Tengah. Tanpa basa-basi lagnsung deh pak rektor introgasi saya ini dan itu, tapi dengan bahasa yang santai dan asyik deh pokoknya sampe-sampe saya tuing tuing tujuh keliling. Gimana gak, dia rupanya gak Cuma pake bahasa Indonesia, tapi juga Inggris and Jawa. Bilingual banget kan! Kalo bahasa Inggrisnya sih no problemo ya, tapi bahasa Jawanya itu lho yang gak ngerti banget. Dari gerak-gerik pembicaraan antara Pak Rektor, Pak Ketua DPD Pertuni Jateng (Pak Suryandaru), sekaligus si nok dari Brebes saya sendiri heeheh, akibatnya saya mudeng jikalau ternyata Pak rektor mau biayain aku. Biayain apa emang? Tentu bukan biaya kawin apa lagi biaya honeymoon, tapi biaya operasi.


 


“What’s wrong with you?” galon yang nongkrong di pojok kamarku tiba-tiba ngelempar tanya di tengah-tengah kegiatan ngetikku.


 


Yap, saya memang mau dioperasi. Bukan operasi sesar apa lagi operasi plastik. Emangnya cewek-cewek girlband di Korea sana! Biaya yang dikeluarin pak rektor itu bersama-sama biaya untuk operasi mataku. Wow, saya bakalan dapat lihat lagi dong?? Amien, tapi sayangnya bukan operasi untuk itu. Lagian secara medis sih Glaukoma di mataku gak bakalan dapat diotak-atik. Lantas operasi apa? Yup, masih inget dongeng di awal goresan pena ini? Apa udah pada lupa ya gara-gara banyak ornamen gak penting yang saya tambahin? Ok, pokooknya ceritanya itu wacana warna asing di bola mataku. Nah, usut punya usut, ketakutan sahabat-sahabatku wacana warna asing di bola mataku bukan alasannya ialah kanker, tapi alasannya ialah katarak. Pas hari Senin tanggal 3 Maret kemarin tuh ceritanya saya pergi ke RS Kariadi. Aku dapet rekomendasi dari DPD Pertuni Jateng untuk check up mata ke dokter mata di Kariadi yang tergabung dalam Persatuan Dokter Ahli Mata Indonesia (Perdami). Nah, dari hasil investigasi dokter Fifin, saya didiagnosa kena Katarak. Beliau bilang jikalau warna anehnya ingin dihilangkan, dapat saja tapi harus dioperasi. Gak lupa dia juga memberikan bahwa operasi itu gak akan kuat ke pengliahtan alasannya ialah itu operasi yang sifatnya kosmetik. Ya saya sih manggut-manggut aja pas denger klarifikasi Bu Fifin. Tapi saya mulai muter otak nih pas dia nyinggung-nyinggung soal operasi. Alhasil saya pulang dengan diagnosa gres sebagai penderita katarak sekaligus mikir gimana caranya buat operasi tanpa membebani orang tua.


 


Alhamdulillah, Pak Suryandaru selaku ketua mencari jalan sumbangan ke Udinus yang memang udah begitu baik sama tunet. Dan hasilnya ya tanggal 4 Maret di ruang rektor itu. Dari pernyataaan pak rektor, dia akan membiayai seluruh biaya operasi katarakku, bahkan pak retkor nyaranin saya untuk konsul sama dokter perihal Glaukomaku. Bila ada jalan yang dapat ditempuh, dia bakalan ngulurin tangan juga buat perceraian saya sama si Glaukoma. Alhamdulillah…Alhamdulillah…Alhamdulillah…akhirnya saya nemu jalan keluar. Akhirnya ada pihak yang bantu biayain operasiku tanpa membebani orang tuaku. Thanks God!


 


“Makasih, Pak, saya telah diijinkan kuliah di Udinus, dan kini Bapak bersedia membiayai operasi saya,” ucapku pada pak rektor, tapi dia justru menjawab, “Ojo makasih mbei aku. Alhamdulillah aja, bilang Alhamdulillah sama Gusti Allah. Seng bantu bukan aku, tapi Gusti Allah.”


 


“Ya coba kau operasi katarak dulu, sesudah itu coba tanyakan apakah Glaukomamu dapat diturunkan tidak tekanannya. Yang penting kau sehat ya…”


 


Ah, ucapan perjaka yang punya kampus berbasis IT itu bener-bener jadi angin segar buatku. Gak nyangka, beenr-benr gak nyangka. Thanks God! Alhamdulillah!


 


So, sekarng saya tinggal nunggu waktu aja. Takut sih sebetulnya, tapi Bismillah aja deh. Gini nih noraknya saya yang gak pernah kesentuh pisau operasi, jadi norak gini kan *kabur*…


 


Sekali lagi makasih buat semua yang udah bantu! Semoga ada barakah di balik operasiku itu! Dan semoga ceritaku dapat menjadi sedikit pencerahan eheheheh…


 



Sumber gamepelajar.xyz

Posting Komentar untuk "It Will Be My First Operation"