Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ini 8 Pekerjaan Aneh yang Gak Masuk Akal tapi Beneran Ada di Dunia

Dokter, insinyur, content creator, wartawan, pilot, adalah sederet pekerjaan yang lazim kita kenal. Namun di luar itu, ada beberapa kegiatan yang juga diupah yang tergolong dalam pekerjaan unik. Mungkin kamu gak pernah berpikir yang seperti ini ada di dunia.

Walau aneh, pekerjaan unik ini bisa dibilang cukup menyenangkan. Beban kerjanya gak berat, dan yang bekerja di bidang ini udah pasti orang yang emang ahli di bidangnya.

Meski demikian, sayangnya delapan pekerjaan unik ini gak ada di Indonesia. Gak ada bukan berarti gak bakalan ada lho ya. Tapi lebih kepada belum ada.

Bisa jadi sewaktu-waktu profesi atau pekerjaan unik ini bakal muncul. Dan bisa jadi kamulah yang bakal kerja di sektor ini.

Penasaran dengan delapan pekerjaan yang dimaksud? Ini dia:

1. Tukang tidur profesional

pekerjaan unik
Tidur (Liputan 6)

Buat kamu yang emang pelor alias tempel molor (gampang ketiduran), pekerjaan unik yang satu ini bakal cocok banget buat kamu. Ya bayangin aja, dengan tidur kamu udah bisa dapat uang. Ngapain mesti capek-capek kerja di depan laptop?

Pekerjaan ini udah ada di London, Inggris. Tugas tukang tidur profesional ini adalah menguji coba kasur dengan bahan yang berbeda-beda. Uji coba tidur itu juga dilakukan buat mengetahui kasur seperti apa yang pas buat konsumen.

Tester kasus harus bisa tidur delapan jam dan memberi komentar setelahnya.

Salah seorang tester kasur mengaku bahwa ia cukup bahagia sama profesinya ini. Yaiyalah, wong cuma tidur terus dibayar ya siapa yang gak mau.

2. Penguji sofa atau kursi

pekerjaan unik
Penguji sofa (IDN Times)

Pekerjaan unik ini gak jauh beda sama tukang tidur profesional. Yang membedakan, mereka bakal diminta duduk, tidur-tiduran, atau tidur beneran di sebuah sofa maupun kursi.

Selama di tempat duduknya gak ada jarumnya ya jabanin aja deh. Toh juga enak cuma duduk-duduk doang terus dibayar.

Gak ada ketentuan kamu mesti berapa lama duduk di sofa. Asal udah menemukan apa yang bagus dan yang kurang, ya selesai deh pekerjaanya.

3. Penonton film Netflix

pekerjaan unik
Nonton Netflix (Liputan6)

Tahu gak sih kalau Netflix sempat merekrut banyak orang, membayar mereka, cuma buat nonton film? Mereka yang direkrut buat pekerjaan ini disebut Taggers.

Taggers sejatinya merupakan pekerjaan sampingan, tapi dikontrak satu tahun dan bisa kerja dari rumah. Jam kerjanya kurang lebih 15 jam per minggu.

Jadi apa yang harus mereka lakukan? Orang-orang ini bakal diminta nonton film anak-anak sampai habis. Setelah itu tugas selanjutnya adalah mengkategorikannya berdasarkan usia.

4. Cuidacarro

pekerjaan unik
Cuidacarro (Pinteres)

Profesi ini ada di Costa Rica dan Brazil. Mereka yang bekerja sebagai Cuidacarro tugasnya cuma mengawasi mobil orang. Tapi bukan jadi tukang parkir lho ya.

Tugas Cuidacarro cuma melihat mobil agar gak dicuri. Ketika ada maling, maka si Cuidacarro bakal turun tangan menghadang mereka.

Menurut kamu, asik gak sih pekerjaan unik yang satu ini? Tentunya selain modal mata, kamu juga perlu punya nyali buat menghadapi maling.

5. Peminta maaf profesional

pekerjaan unik
Peminta maaf (CNN)

Bila kamu ada di Jepang, kamu bisa meminta bantuan ke agensi buat minta maaf. Serius tuh?

Serius dong, para peminta maaf profesional ini dibayar per jam. Mereka bakal beraksi lewat telepon, e-mail, atau ketemu langsung. Mereka bakal meminta maaf atas nama kliennya.

Kelihatannya sih enak ya kerja cuma minta maaf doang. Tapi mungkin yang gak enaknya harus terima malu aja, terus juga mungkin bakal dimarahin pas minta maaf.

Tapi siapa peduli? Wong bukan salah kita terus kita dibayar. Enak-enak aja toh.

6. Pengguna kaos profesional

pekerjaan unik
Pakai T-Shirt (DailyMail)

Setelah tukang tidur dan peminta maaf, maka ada juga yang gak kalah absurd: pengguna kaos profesional. Apa sih yang dikerjakan orang ini?

Pekerjaan unik ini dimulai pada tahun 2008 oleh Jason Sadler, pendiri I Wear Your Shirt. Konon kabarnya Jason udah bisa menghasilkan dana US$ 1 juta dari profesinya tersebut.

Ini sebetulnya gak beda jauh sama jasa iklan. Jadi kamu bakal menggunakan kaos dan dibayar buat itu. Kamu harus jalan-jalan membuat perhatian di tempat ramai.

Ah, ada-ada aja.

7. Manekin hidup

pekerjaan unik
Manekin hidup (Youtube)

Kekurangan dari pekerjaan unik yang ada di Orlando, Florida ini mungkin cuma satu: capek. Tapi gimana kalau dibayar US$ 100 per jam? Pengin gak kamu jadi manekin hidup?

Sama seperti patung-patung di department store, manekin hidup tentu harus mengenakan pakaian yang dijual di toko. Lalu dia bakal mejeng di depan toko tersebut dan jadi perhatian para pengunjung toko tanpa bergerak sedikit pun.

8. Pengguna tato profesional

pekerjaan unik
Pengguna tato (DailyMail)

Setelah pengguna kaos, maka ada lagi pengguna tato. Pekerjaan unik ini sebenarnya gak jauh beda sama pemakai kaos profesional tadi.

Tujuan mereka menato badannya adalah buat membantu sebuah brand beriklan. Cuma aja merek ini bakal beriklan di tubuh manusia.

Tato yang mereka pasang tentunya bukan tato permanen.

Itulah delapan pekerjaan unik di dunia yang belum ada di Indonesia.

Walau kelihatannya enak, belum tentu pekerjaan atau profesi di atas bertahan lama lho. Coba deh kamu perhatikan. Dulu di Jakarta banyak banget yang jadi joki 3 in 1. Tapi sekarang kan udah gak ada karena kebijakan ganjil-genap.

Intinya, semua kembali sama permintaan pasar. Selama emang ada peminatnya, jangan heran kalau nanti bakal ada pekerjaan unik lain. Ya termasuk di Indonesia.

Posting Komentar untuk "Ini 8 Pekerjaan Aneh yang Gak Masuk Akal tapi Beneran Ada di Dunia"