Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ketulusan Dan Imbalan

Hi kartuneters! I’m coming! Gak bosen ya ketemu saya lagi? Kali ini saya pengen curhat, minta pendapat sih lebih tepatnya..


 


Tenang, kali ini bukan info soal cinta atau politik, tapi lebih ke ketulusan dan imbalan..


 


Kartuneters tentu sadar ya, sebagai disabilitas, kita tidak sanggup sepenuhnya menjalani kegiatan seorang diri, niscaya tetap ada kalanya kita butuh proteksi orang lain. Dalam hal ini, saya pengen bahas soal Tunanetra alasannya ialah saya emang Tunanetra ya. Sekedar intermezzo, saya jadi Tunanetra semenjak dewasa, tepatnya pas saya lagi ranum-ranumnya gitu LOL. Tentu saya shock, tapi untungnya saya gak manja-manja banget, dan saya cepet bangun (karena proteksi Kartunet juga).


 


Awalnya tentu saya ragu, apa bisa saya jalani hidup secara mandiri??? Tapi pertanyaan itu terjawab dari pengalaman salah seorang pengurus Kartunet berjulukan Esa Anna Mirabilia yang sempat kisah jikalau Tunanetra di Jakarta termasuk dirinya, kerap bepergian seorang diri hanya bermodalkan tongkat. Wow, amazing! Dan saya tambah amazed dikala Esa bilang jikalau dia pun kerap mudik seorang diri dari Jakarta ke Purwokerto dengan menumpang bis. Kok bisa??? Ketika itu saya bertanya-tanya begitu. Apa dia gak takut diculik ya? Kok bisa ya?


 


Ternyata, seiring berjalannya waktu, saya juga bisa berdikari kayak temen-temen lainnya. Iya lho, terhitung cepet lho saya bepergian dengan bis seorang diri (dari masa-masa awal ketunanetraanku). Lama kelamaan saya jadi terbiasa sampai sekarang. Bahkan tiap kali mudik dari Semarang ke Brebes, saya selalu seorang diri entah naik bis, kereta atau pun travel (gak naik becak lho ya LOL). Nah, jikalau ngomongin soal mobilitas dan kemandirian, terkadang bahkan sering juga dijumpai uluran tangan orang-orang yang iba dan ingin membantu Tunanetra dikala di jalanan. Aku pun ngerasain dan ngalamin hal itu.


 


Tiap kali pergi ke kampus, saya gak pernah ambnil pusing. Santai aja ke kampus pake tongkat. Rada sebel juga sih sama kendaraan yang seliweran tanpa sopan santun di jalanan menuju kampus (kebut-kebutan), tapi show must go on. Dan meskipun saya ngerasa bisa berangkat ke kampus sendiri, di tengah perjalanan saya kerap dibantu sama seorang bapak penambal ban yang membuka jasa di deket kampus. Di tengah-tengah kegiatan menambal ban, dia sempatkan nganter saya ke kampus. Sebetulnya sih saya bisa pergi sendiri, tapi berhubung ada bantuan, ya sudah diterima saja.


 


Gak sekali dua kali si bapak bantu aku, nyaris tiap hari lho. Dan uluran tangan si bapak itu kesudahannya bikin hatiku tersentuh juga. Eits, tapi tersentuh bukan alasannya ialah jatuh cinta lho ya! Maksudku, terkadang saya kasihan dengan si bapak dan rasa-rasanya ingin menawarkan sedikit rezeki yang kupunya ke si bapak penambal ban. Tentu gak banyak rezeki yang kuberikan alasannya ialah saya juga gak punya banyak uang hehehe. Tapi sesekali saya pengen ngasih sesuatu entah makanan atau uang ke beliau. Tapi ide-ku itu disanggah oleh temenku.


 


“Gak perlu dikasih, nanti dia malah tersinggung!”


 


Bener gak ya pendapat temenku itu?? Trus temenku beropini lagi…


 


“Kalo kau ngasih uang ke dia, nanti dia pikir proteksi dia itu alasannya ialah pengen dikasih uang, padahal dia kan niatnya bantu kamu. Nanti kalo dia ngerasa gak lezat dan berhenti bantu kau gimana?”


 


Bener gak ya pendapat yang kedua itu???


 


Aku jadi dilema. Padahal maksudku gak pengen bikin dia tersinggung, tapi pegnen bagi rezeki aja. Soalnya kasihan, dia dari pagi sampe malem membuka jasa penambal ban di daerah yang kurang begitu strategis menurutku. Nah, terus gimana ya enaknya? Aku tetep biarin dia bantu saya tanpa perlu menawarkan apa-apa atau saya berikan sedikit rezekiku?


 


Beneran deh, saya gak ada maksud apa-apa, gak ada maksud menodai ketulusan hatinya, tapi saya ngerasa iba sama beliau. Mohon masukannya ya! Terima kasih! Salam akselerasi!


 



Sumber gamepelajar.xyz

Posting Komentar untuk "Ketulusan Dan Imbalan"