Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kenali 3 Kunci Penting untuk Menjadi Pebisnis Online yang Sukses

Artikel Ini dipersembahkan oleh Mitra Perencana Keuangan

Kami,Finansialku.com

 

logo finansialku

 

Terkadang bekerja sebagai staf membuat kita jenuh dan ingin mencoba sesuatu yang baru, berpikir menjadi seorang pebisnis misalnya. Tapi, kira-kira apa sih bisnis yang akan kamu pilih untuk jalankan?

 

Nah, jika kamu memang sedang berpikir untuk menjadi seorang pebisnis, gak ada salahnya mengenali 3 kunci sukses dalam berbisnis, khususnya bisnis online. Seperti quote dari seorang Diplomat Amerika bernama Colin Powell.

 

Colin mengatakan ‘Tidak ada rahasia untuk menjadi sukses. Kesuksesan adalah buah dari perencanaan, kerja keras dan pembelajaran dari kesalahan.

 

[Baca: Gagal Berbisnis Jangan Menyerah Coba Tips Bangkit dari Kegagalan Usaha Ini]

 

 

Gimana nih, kamu setuju gak dengan tiga kunci sukses tersebut, yaitu perencanaan, kerja keras dan pembelajaran dari kesalahan? Daripada galau berkepanjangan, kita bahas satu persatu ketiga kunci untuk menjadi pebisnis online yang sukses tersebut yuk.

 

1. Perencanaan

Perencanaan yang matang adalah elemen penting dari setiap pebisnis saat akan memulai bisnisnya. Perencanaan yang dimaksud tentu saja perencanaan bisnis, perencanaan pemasaran dan strategi bisnis.

 

pebisnis online yang sukses

Kalau modal nekat mah jual cilok aja bro hehehe

 

 

Pebisnis memerlukan sebuah rencana bisnis, bukan sebuah karya ilmiah. Kamu gak perlu membuat sebuah rencana yang terlalu berat atau bertele-tele. Apakah bisnis akan bergerak 100% sesuai dengan rencana bisnis?

 

Jawabannya sering kali gak sama, tapi paling gak rencana bisnis membantu seorang pebisnis bergerak ke arah yang ingin dituju. Rencana bisnis adalah petunjuk atau guidance untuk mencapai tujuan-tujuan bisnis.

 

2. Kerja Keras

Membuat rencana tanpa dibarengi action atau kerja keras, gak akan menghasilkan bisnis yang bagus. Mana ada sih pebisnis sukses yang memulai tanpa kerja keras. Kenyataannya banyak pebisnis yang gagal di awal-awal tahun.

 

Sebagian dari kegagalan tersebut karena pebisnis pemula kurang bekerja keras. Permasalahan utama bukan modal, tetapi kurangnya semangat untuk memperjuangkannya.

 

[Baca: Memulai Bisnis Online dengan Modal Nyaris Nol Jangan Kudet Dong]

 

 

Kita bisa melihat contoh salah satu pebisnis Indonesia yang mengajarkan etos kerja keras, kesabaran dan keuletan adalah Merry Riana. Kalau belum menonton filmnya, coba deh belajar dari kisah Merry Rriana.

 

pebisnis online yang sukses

Gak ada uang turun dari langit kayak di film ye, kerja brooo!

 

 

Merry menunjukkan hasil dari kerja keras, kesabaran dan keuletan dalam berbisnis. Siapa tahu aja kamu bisa terinspirasi dari kisah sukses Merry Riana.

 

3. Pembelajaran dari Kesalahan

Kamu tahu gak sih kalau gak ada tuh pebisnis di dunia ini, yang gak pernah melakukan kesalahan. Pebisnis yang sukses adalah pebisnis yang tahu kesalahannya, mau memperbaiki kesalahannya dan selalu belajar dari kesalahan.

 

Cukup sederhana secara teori ya, tapi bukan gak mungkin kok untuk merealisasikan ke-tiga kunci sukes di atas selama kamu punya kemauan.

 

Sekarang tanyakan pada diri kamu sendiri deh, sudah siap menjalankan bisnis atau belum? Apa pun bisnis yang ingin kamu jalankan, selalu mulailah dengan perencanaan yang matang. Setelah itu jalankan dengan kerja keras, keyakinan, keuletan dan kesabaran.

 

[Baca: Buka Bisnis Online vs Offline Mana yang Lebih Bikin Untung]

 

 

pebisnis online yang sukses

Tuh denger apa kata Almarhum Om Bob, jangan takut salah ya!

 

 

Yang gak kalah penting, selalu belajar dari kesalahan-kesalahan yang pernah kamu lakukan. Jangan kalah sebelum berjuang. So, selamat mencoba dan sukses selalu untuk bisnis kamu ya!.

 

 

 

Image Credit:

  • http://danausaha.net/wp-content/uploads/2013/03/laporn-keuangan.jpg
  • https://farihmufti.files.wordpress.com/2012/08/rezeki-tidak-akan-kemana.jpg
  • http://pesisirnews.com/photo/dir042015/pesisirnews_Mau-Sukses–Belajar-Dari-Kesalalahan.jpg

Posting Komentar untuk "Kenali 3 Kunci Penting untuk Menjadi Pebisnis Online yang Sukses"