Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jangan Sia-siakan Uang Warisanmu. Begini Cara Memanfaatkan Uang Warisan dengan Bijak

Artikel Ini dipersembahkan oleh Mitra Perencana Keuangan

Kami,Finansialku.com

 

logo finansialku

Dini gak bisa berhenti tersenyum melihat saldo di rekeningnya. Nominalnya sudah berkali-kali lipat dari saldo terakhirnya sebulan lalu. Ciyeee, yang habis dapet uang warisan.

 

Sejuta pemikiran bermain di benak Dini, uang sebanyak itu mau digunakan untuk apa ya. Dini hanyalah sedikit contoh orang-orang di luar sana yang bingung saat terima rezeki nomplok macam uang warisan. Sayang kan kalau uang yang jumlahnya gak main-main itu habis gitu aja.

 

Karena pada kenyataannya banyak orang yang mengalami kegagalan mengelola amanah uang warisan loh. Mereka gagal karena gak memiliki pengetahuan yang cukup di bidang keuangan. Sindrom orang-orang ini biasa disebut ‘Kaya Mendadak’ atau ‘Orang Kaya Baru’ (OKB).

 

Kesalahan yang sering dilakukan OKB biasanya karena terlalu mengikuti hawa nafsu menghabiskan uang warisan untuk foya-foya atau membeli barang-barang yang bersifat konsumtif.

 

[Baca: Apa yang Musti Dipertimbangkan Dalam Jual Beli Rumah Warisan]

 

 

Kamu sendiri gimana? Kalau dapet uang warisan pasti happy bingits dong ya. Nah, jika kamu termasuk yang beruntung menerima uang warisan kayak Dini, ada baiknya kamu berpikir dan mempertimbangkan dengan seksama, akan dimanfaatkan untuk apa uang warisan tersebut.

 

Sebenarnya ada banyak cara untuk membuat uang warisan lebih produktif. Kalau kamu bingung, minta bantuan jasa perencana keuangan dong. Mereka akan membantu mengarahkan sebaiknya apa yang harus dilakukan dengan uang warisan tersebut.

 

Begini cara memanfaatkan uang warisan dengan bijak yang bisa kamu pertimbangkan:

 

 1. Menambah Investasi

cara memanfaatkan uang warisan

Jangan cuma bisa menyimpan perasaan dong bro, simpen duit di investasi juga penting 

 

 

Jika kamu belum memiliki investasi, ini saat yang tepat untuk memilih satu bentuk investasi. Gak perlu yang besar atau ikut-ikutan trend, pilih yang paling sesuai dengan kondisi kamu. Sementara, buat kamu yang sudah memiliki investasi, tambah deh porsi investasimu agar tujuan keuangan dapat segera tercapai.

 

Memperoleh dana lebih dalam jumlah yang cukup besar seperti uang warisan adalah salah satu cara paling tepat untuk meningkatkan investasi. Kamu gak harus mengurangi alokasi dana untuk kebutuhan yang lain.

 

[Baca: Investasi Emas Gak Ada Matinya Pilih Emas Perhiasan atau Batangan Simak Ini Dulu]

 

2. Melunasi Utang Konsumtif

Banyak anggapan yang mengatakan, hidup gak punya utang gak semangat kerja. Tapi kenyataannya orang terjebak dalam utang konsumtif, bukan produktif. Jika selama ini ternyata kamu kesulitan melunasi utang-utang yang bersifat konsumtif, manfaatin deh uang warisan untuk melunasi semuanya.

 

cara memanfaatkan uang warisan

Tenteng sana-sini emang gak pegel tuh numpuk utang biar kekinian, capek deh!

 

Punya utang emang gak salah, tapi jika utang kamu sudah gak sehat dan bikin kamu merana, ya lebih baik segera dilunasi biar hidup lebih tenang.  Dengan demikian kondisi keuangan juga bakal membaik dan kamu bebas dari jebakan utang konsumtif.

 

3. Membeli Aset

Selain itu, kamu juga bisa manfaatin uang warisan untuk membeli aset, apalagi jika aset tersebut adalah yang mampu menghasilkan pendapatan bulanan.

 

Contohnya saja, uang hasil warisan bisa dimanfaatkan untuk membeli rumah kos-kosan, nah jadi dapet pemasukan dari uang kos setiap bulan deh. Apartemen juga pilihan aset yang menguntungkan selama pemilihan lokasinya tepat.

 

[Baca: Apakah Investasi Apartemen Menguntungkan Selamanya Gimana Memprediksikannya]

 

cara memanfaatkan uang warisan

Ongkang-ongkang jadi juragan nunggu anak kos setor uang sewa enak bingits tuh Gan! 

 

 

Gak semua orang bisa beruntung mendapatkan yang namanya uang warisan. Jadi, saat kita yang mendapatkan rezeki nomplok itu, alangkah baiknya jika kita sudah paham uang hasil warisan idealnya dikelola dengan baik.

 

 

Ada banyak cara dan pilihan untuk menghabiskan uang warisan dalam waktu sekejap. Tetapi ada banyak cara untuk membuat uang warisan dapat berkembang dengan pengelolaan yang baik. So, pilih yang mana? Be wise ya!

 

 

 

 

Image Credit:

  •  http://cdn1-a.production.liputan6.static6.com/medias/674202/big/investasi-properti.jpg
  • http://cdn-2.tstatic.net/wartakota/foto/bank/images/20141031tren-gaya-hidup-konsumtif.jpg
  • http://gambar-rumah.com/attachments/malang/2620317d1429681594-rumah-kos-kosan-elit-bukit-dieng-malang-selasar-atas-1024×768.jpg

Posting Komentar untuk "Jangan Sia-siakan Uang Warisanmu. Begini Cara Memanfaatkan Uang Warisan dengan Bijak"