Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ini Beliau Para Penyandang Disabilitas Di Balik Peradaban Dunia

Jakarta – Masih ada stigma di masyarakat bahwa penyandang disabilitas itu yaitu makhluk lemah yang hanya patut dikasihani. Padahal mereka juga insan yang mempunyai potensi dan apabila menerima kesempatan, sanggup memanfaatkan kemampuannya itu untuk membuatkan diri dan juga lingkungannya. Buktinya, banyak tokoh dunia yang mempunyai peranan sangat penting bagi peradaban insan yang ternyata mempunyai disabilitas. Apabila Anda terkejut dengan fakta ini, berikut daftar tokoh yang tak gila di pendengaran kita yang juga seorang penyandang disabilitas



  1. Thomas Alva Edison.

    Siapa yang sangka bahwa dunia kita ketika ini sanggup tetap jelas benderang di kala malam yaitu jasa dari seorang tunarungu? Thomas Alva Edison, laki-laki berkebangsaan Amerika Serikat ini yaitu tokoh dunia yang populer dengan penemuannya yaitu bola lampu listrik. Selain itu, ia juga yang memperbaiki sistem pada telegraf dan menemukan gramofon, alat putar lagu. Fakta yang jarang dikemukakan yaitu Edison sudah mengalami gangguan pendengar ketika usia kanak-kanak, dan secara teknis menjadi tunarungu ketika usia remaja.

  2. Beethoven

    Kita begitu takjub dengan harmoni musik klasik Ludwig Van Beethoven, seorang tunarungu. Komponis asal Jerman yang membuat Fur Elise ini memang gres menjadi tuli ketika usia dewasa. Akan tetapi yang membuatnya luar biasa yaitu sebagian besar lagu-lagunya yang melegenda malah diciptakan sehabis menjadi tunarungu.

  3. Stephen Hawkins

    Stephen Hawkins yang dinobatkan sebagai insan tercerdas dalam ilmu geofisika di masa ini, bahu-membahu juga yaitu seorang paraplegia. Kondisinya tersebut tidak menghalangi dirinya sebagai seorang ilmuwan dan mengungkap sejarah fenomena alam semesta dalam teori Big Bang meski hanya duduk di atas dingklik roda.

  4. Albert Einstain

    Pria asal Amerika Serikat yang disebut maestro fisika modern semula yaitu seorang Tunagrahita. Karena kegigihan orang tuanya dalam memperlihatkan supervisi dan dukungan, Einstein perlahan-lahan bangun sampai kesudahannya tampil sebagai ilmuwan terpenting dunia modern melampaui prestasi Isaac Newton.

  5. Helen Keller

    Wanita berjulukan lengkap Helen Adams Keller ini lahir dalam keadaan bisu. tuli dan buta tumbuh menjadi anak yang cerdas juga berkat donasi penuh orang bau tanah dan guru pembimbingnya yang luar biasa berjulukan Anne Sullifan. Ia yaitu seorang penulis, pencetus politik, dan juga dosen.

  6. David Blunkett

    Masyarakat Inggris sebagai salah satu bangsa termaju di dunia sangat gembira dan tidak aib mempunyai David Blunkett sebagai Menteri Pendidikan dan Tenaga Kerja bahkan sempat menjadi Mendagri dalam pemerintahan perdana menteri Tony Blair, meski Blunkitt yaitu seorang penyandang tunanetra semenjak lahir dan dari keluarga miskin.

  7. Franklin Delano Roosevelt

    Amerika Serikat sangat gembira dan mengelu-elukan kehebatan Franklin Delano Roosevelt atas prestasinya yang begitu spektakuler menjadi pemimpin sekutu Barat yang sukses menaklukan NAZI Jerman dan Jepang. Presiden ke-32 Amerika Serikat ini mengendalikan para panglima militernya di medan tempur di atas dingklik roda akhir polio yang dialami jauh sebelum menjadi Presiden. Selain itu, presiden yang populer dengan inisial FDR ini juga sukses menangani problem ekonomi Amerika Serikat akhir The Great Depression dan menjadi satu-satunya presiden Amerika Serikat yang menjabat lebih dari 8 tahun.


Dari tujuh orang di atas, tentu sangat ironis apabila penyandang disabilitas masih dilihat sebelah mata. Bayangkan apabila alasannya yaitu keterbatasan yang mereka miliki lantas masyarakat mendiskriminasi dan mencegah mereka untuk berkarya. Mungkin dunia sampai ketika ini tak pernah mengenal bola lampu listrik ciptaan Thomas Alva Edison, atau perang dunia II yang akan dimenangkan oleh Jerman dan Jepang yang dengan kata lain Indonesia akan tetap terjajah. Ada baiknya masyarakat segera intropeksi diri dan membuka mata pendengaran dan hati bahwa tiap insan diciptakan unik, dan berhak untuk membuatkan diri serta berkontribusi bagi lingkungannya. Bagi keluarga yang mempunyai anggota penyandang disabilitas juga tak perlu malu. Dukung mereka semoga sanggup berdaya dan bukan tidak mungkin kelak memperlihatkan sumbangsih luar biasa bagi masyarakat.(DPM)



Sumber gamepelajar.xyz

Posting Komentar untuk "Ini Beliau Para Penyandang Disabilitas Di Balik Peradaban Dunia"