Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menghemat Kuota Internet di Tablet Tanpa Jampi-Jampi

Jaman sekarang hidup tanpa smartphone atau tablet udah berasa kayak hidup di hutan. Nggak berlebihan sih, mulai dari mencari informasi sampai kerjaan kantor semua bisa dilakukan lewat gadget.

 

Tablet pun jadi favorit banyak orang. Dengan layarnya yang cenderung lebih besar, aktivitas online tanpa perlu keluarin laptop pun terasa lebih memuaskan.

 

[Baca: Mau Beli Aplikasi Android Tanpa Kartu Kredit? Begini Caranya]

 

Tapi dengan semua kegiatan dunia maya tersebut, kadang kuota internet cepat menguap kayak es batu dipanasin. “Perasaan kuota baru diisi beberapa hari lalu deh, masa udah habis aja?”

 

Cepat habis atau nggaknya kuota internet memang tergantung pemakaian. Kalau ber-YouTube ria berjam-jam setiap hari ya kuota internet bakal cepat kering.

 

Tapi sebenarnya ada cara menghemat kuota internet di tablet yang nggak perlu pake jampi-jampi.  Caranya gampang dan bisa di atur dari tablet kesayanganmu.

 

 

 1. Manfaatkan Fitur Data Saver di Peramban

 

Mencari beragam informasi menarik lewat peramban seperti Google Chrome atau Opera Mini memang kadang bikin lupa waktu. Tapi baik memakai Chrome atau Opera Mini bakal menyedot kuota internet yang cukup besar, apalagi jika laman yang kamu buka disertai gambar atau video.

 

cara menghemat kuota internet di tablet

Manfaatkan fitur data saver biar kuota internet lebih tahan lama

 

 

Untuk Chrome, kamu bisa memanfaatkan fitur Data Saver yang berfungsi untuk mengompresi laman web yang akan kamu buka. Fitur ini bisa menghemat pemakaian data 30 hingga 35 persen. Kamu tinggal membuka tab Settings dan pilih Data Saver.

 

Opera Mini juga menawarkan fitur Data Savings yang dilengkapi dengan Video Boost yang berfungsi untuk mengurangi proses buffering tanpa kehilangan kualitas gambar. Jika sudah terkoneksi dengan wi-fi, Opera Mini bakal mematikan fitur Data Saving secara otomatis.

 

 

2. Facebook Lite

Walaupun cuma sesekali mengecek beranda Facebook, kuota internet yang digelontorkan lumayan besar lho. Apalagi kalau kamu membuka album-album foto kenangan.

 

cara menghemat kuota internet di tablet

Walaupun kecil dan hemat, kamu tetap bisa mengunduh dan mengunggah gambar ke Facebook

 

 

Facebook Lite ini digadang-gadang sebagai cara hemat buat ber-Facebook ria dalam segala kondisi jaringan, dari 2G hingga 4G. Aplikasi ini memungkinkan kompresi data di Facebook yang tergolong besar tanpa menghilangkan kesempatanmu buat stalking laman profil mantan.

 

Ukuran file aplikasinya pun cukup kecil, nggak sampai 1 megabyte. Bandingkan dengan Facebook bawaan tablet yang bisa mencapai 40 megabyte. Facebook Lite bisa diunduh gratis di App Store dan Google Play Store

 

 

3. Batasi Data Latar Belakang

Data Latar Belakang atau Background Data adalah pemakaian data internet pada aplikasi meski sedang nggak digunakan. Banyak orang yang nggak sadar kuota internetnya tersedot karena fitur ini.

 

Seperti pasangan dari California, Amerika William Scott Phillips and Suzanne Schmidt Phillips yang menggugat Apple Rp 68miliar. Gara-garanya, mereka merasa dirugikan karena perusahaan tersebut nggak menjelaskan secara detil perihal borosnya kuota internet yang tersedot gara-gara fitur Wi-Fi Assist.

 

cara menghemat kuota internet di tablet

Data Usage mencatat kemana saja kuota internetmu pergi. Dari situ kamu bisa mengecek aplikasi mana yang membutuhkan data paling besar

 

 

Nah, batasi deh Background Data di tabletmu. Caranya demikian:

 

AndroidiOS 7 ke atasiOS 9
  1. Settings
  2. Data Usage
  3. Restrict Background Data
  1. Settings
  2. General
  3. Background App Refresh
  1. Settings
  2. Mobile Data
  3. Wi-Fi Assist

 

4. Matikan Fitur Auto Download

WhatsApp sudah memiliki fitur bertukar video, audio dan gambar. Bergosip ria di grup WhatsApp pun jadi makin seru.

 

Secara otomatis WhatsApp bakal mengunduh materi yang dikirim dengan adanya fitur media auto download. Kadang nggak semua gambar pengin kita lihat, apalagi saat sedang sibuk dengan kerjaan.

 

cara menghemat kuota internet di tablet

Matikan fitur media auto-download. Lebih baik unduh gambar di WhatsApp secara manual

 

 

Sayang kuota kan, kalo gambar nggak penting tapi udah kadung terunduh? Ujung-ujungnya juga bakal dihapus.

 

Ada baiknya kamu mematikan fitur media auto download agar lebih hemat. Kamu bisa menghidupkan fitur auto download ini ketika tersambung dengan wi-fi.

 

[Baca: Bandingkan Paket Internet HP Terbaik dari XL, Telkomsel, dan IM3]

 

5. Batasi Data YouTube

Saking nggak sabarnya nunggu film baru tayang di bioskop, biasanya kita streaming trailer-nya dulu di YouTube biar nggak penasaran. Streaming di YouTube emang ampuh mengusir kebosanan di mana pun kamu berada, asal ada jaringan.

 

cara menghemat kuota internet di tablet

Video High Definition (HD) memang memanjakan mata, tapi apakah memanjakan kuota internet juga?

 

 

 

Tapi, selain manjur buat membunuh waktu, YouTube juga ampuh menyedot kuota internet. Biar nggak kebobolan, kamu bisa menggunakan fitur Limit Data Usage dari tab Setting di YouTube.

 

6. Pakai Offline Maps

Jakarta itu kota besar, jadi wajar kalau kita masih sering nyasar saat mencari alamat. Nggak heran kalau Google Maps sangat populer. Aplikasi ini sangat membantu tanpa perlu tanya sana-sini.

 

cara menghemat kuota internet di tablet

Cuma peta harta karun aja yang belum dibikin sama Google

 

 

Tapi pemakaian Google Maps ini bakal menyedot kuota yang cukup besar lho. Ada baiknya kita memakai mode offline yang bisa diaktifkan baik di iOS maupun Android.

 

Mode ini memungkinkan kita buat menyimpan informasi peta untuk digunakan secara offline. Jadi udah nggak perlu repot lagi mencari sinyal. Tapi, mode Offline Maps ini nggak berlaku buat fitur Navigasi.

 

 

Dengan bijak memakai kuota internet, pengeluaran bulananmu pun bisa ditekan. Nggak mau kan beli kuota internet berkali-kali dalam satu bulan. Mending uangnya buat bantu nyicil KPR.

 

[Baca: Trik Ambil KPR Walau Masih Ada Cicilan Lain. Iya, Bisa Kok, Tapi…]

 

 

 

Image credit:

  • http://www.windowscentral.com/sites/wpcentral.com/files/styles/larger_wm_brw/public/field/image/2015/07/opera-mini-tile.jpg?itok=ez4tmbUZ
  • http://cdn.ndtv.com/tech/images/gadgets/facebook_lite_screenshot_play_store.jpg
  • http://files.tested.com/photos/2013/11/15/55272-2013-11-15-05.png
  • http://static.commentcamarche.net/ccm.net/pictures/KPJeNBSe-media-auto.png
  • http://static.independent.co.uk/s3fs-public/styles/story_large/public/thumbnails/image/2014/02/06/12/463842675.jpg
  • http://img.talkandroid.com/uploads/2012/06/Google_Maps_Offline.png

Posting Komentar untuk "Cara Menghemat Kuota Internet di Tablet Tanpa Jampi-Jampi"