Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Buka Usaha Sampingan Itu Gak Cuma Perkara Modal Saja, Tapi 7 Hal Ini

Memulai usaha entah itu sampingan atau full time pasti memerlukan modal. Tapi mengandalkan modal besar saja nggak cukup. Butuh kerja keras dan tekad agar usahamu bisa bertahan di tengah kerasnya persaingan.

 

Membuka usaha itu memang positif. Selain membuka lapangan kerja, kamu bisa menumpahkan kreatifitasmu. Kamu juga bisa belajar mengatur keuangan sekaligus mempergemuk pundi-pundi.

 

Toh saat ini sudah gampang mau buka usaha sampingan. Nggak perlu modal besar buat sewa tempat. Tinggal memanfaatkan teknologi online, kamu sudah siap terjun ke dunia bisnis.

 

Eits, tapi jangan asal main buka usaha aja ya. Ada beberapa langkah biar bisnismu nggak gampang tumbang.

 

Kalau saat ini kamu berencana atau tengah berkutat dengan bisnismu, 7 strategi berikut ini dijamin mangkus buat mendongkrak labamu.

 

[Baca: 5 Ide Bisnis Franchise Terbaik yang Patut Dicoba buat Nambah Pundi-Pundi]

 

1. Tentukan Jenis Usaha

Menentukan jenis bisa dilakukan dengan mudah kok. Nggak usah susah-susah, mulai saja dari hobi, diskusi dengan teman atau keluarga. Bisa juga dengan melihat tren tertentu yang lagi happening. 

 

2. Survei Target Pasar

Kalau sudah mantap dengan satu jenis usaha. Lakukan survei kecil-kecilan soal pangsa pasar.

 

Misalnya saja, siapa sih yang membutuhkan jasa atau barangmu. Kalau bisa masuk ke semua segmen sih bagus ya. Yang jelas, tetapkan dulu sasaran marketmu.

 

buka usaha sampingan

 Survei pasar nggak perlu yang ribet. Bisa dengan ngobrol sama orang-orang dekat

 

 

3. Promosi offline maupun online

Promosi merupakan urat nadi bisnis. Apa jadinya kalau bisnismu nggak dipromosikan? Ya bisa langsung tumbang.

 

Banyak cara kok buat berpromosi. Kalau lewat online, kamu bisa mulai membuat akun sosial media seperti Instagram, Twitter atau Facebook. Gratis lagi!

 

Walaupun promosi online termasuk murah, jangan lupakan juga promosi offline. Contohnya ikut bazaar, bikin poster/flyer, memberikan diskon atau ngasih sampel/gratisan.

 

4. Hitung pemasukan dan pengeluaran

Jangan mentang-mentang bisnismu sukses lantas melupakan arti pembukuan. Mencatat pemasukan dan pengeluaran ini penting untuk mengetahui berapa besar pendapatanmu.

 

Saat ini sudah banyak kok aplikasi pembukuan yang simpel dan nggak ribet. Jadi kamu bisa mengontrol pembukuanmu kapan saja dan di mana saja.

 

5. Pisahkan uang pribadi dan modal

Ini yang kadang sering dilupakan. Jangan pernah mencampurkan uang pribadi dan modal usaha. Bisa fatal akibatnya. Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan membuat rekening terpisah.

 

[Baca: Campurin Uang Pribadi dan Usaha sama Saja Bunuh Masa Depan]

 

6. Utang

Alangkah baiknya kalau modal awal suatu usaha itu berasal dari dana pribadi atau tabunganmu. Seandainya bisnismu gagal berkembang, kamu nggak bakal dikejar-kejar utang.

 

Utang buat mengembangkan usaha memang boleh banget. Tapi paling nggak kamu sudah menguasai seluk beluk bisnismu termasuk cash flow.

 

7. Tetap kreatif dan inovatif

Kalau kamu sudah berhasil meraih hati pasar, jangan lupa untuk terus berinovasi. Ini biar pelanggan setiamu nggak berpindah ke lain hati. Jangan takut bersaing, tetap percaya diri bahwa usahamu memiliki keunggulannya sendiri.

 

buka usaha sampingan

 Tetap buka mata dan pikiran, ide bisa datang dari mana saja

 

 

Membuka usaha sendiri memang nggak gampang. Ada kalanya kamu harus menghadapi keraguan, jatuh dan gagal. Tapi jangan berlarut dalam kesedihan. Ingat kembali komitmen awalmu membuka usaha. Coba lagi dan pelajari kesalahanmu.

 

[Baca: Hindari 6 Hal Ini Biar Usaha Sampingan di Rumah Gak Gampang Bangkrut!]

 

 

 

Image credit:

  • http://2.bp.blogspot.com/-ct1qbp1LvNo/VU5hVMevRnI/AAAAAAAAAHs/T9f5wXZr2Pk/s1600/riset%2Bproduk.jpg
  • http://laruno.com/wp-content/uploads/2014/10/kreatif-3.jpg

Posting Komentar untuk "Buka Usaha Sampingan Itu Gak Cuma Perkara Modal Saja, Tapi 7 Hal Ini"